Menu
Menulis Puisi Bahasa Inggris
Reading and Writing

Langkah Mudah Menulis Puisi dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.03.15

Puisi atau poem adalah karya sastra yang identik dengan keindahan kata-kata dan makna di dalamnya. Oleh karena itu, menulis puisi tidaklah sembarang menulis. Lalu, bagaimana cara untuk membuatnya dalam bahasa Inggris?

Sebentar lagi kita akan memperingati World Poetry Day atau Hari Puisi Internasional, yakni pada tanggal 21 Maret mendatang. Puisi merupakan sarana untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui tuturan bahasa yang tidak biasa. Pasalnya, puisi terdiri dari pilihan kata yang puitis dengan makna mendalam tertentu yang hendak disampaikan. Tidak hanya dianggap sebagai seni, puisi juga merupakan bagian dari sejarah peradaban dan budaya manusia yang patut diapresiasi.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk memiliki kemampuan menulis puisi berbahasa Inggris, tidak mungkin dilakukan dalam waktu sekejap. Kamu perlu terus-menerus mengasah kreativitas agar bisa menghasilkan karya yang keren. Berikut Ben bagikan langkah-langkah menulis puisi dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Cermati baik-baik, ya!

Perbanyak Referensi

referensi puisi bahasa inggris

Menulis puisi menuntutmu akan penguasaan diksi. Diksi sendiri adalah pilihan kata yang selaras dalam puisi. Sebagaimana yang kamu tahu bahwasanya salah satu ciri khas dari puisi adalah unsur estetika yang terletak pada kata-katanya. Jadi, bahasa yang dipakai cukup berbeda dengan bahasa sehari-hari. Oleh karena itu, kamu harus memperkaya diksi dengan memperbanyak referensi.

Kamu bisa mencari referensi melalui dua macam cara, yaitu membaca puisi dan mendengar pembacaan puisi. Ada banyak sekali sumber yang dapat kamu gunakan untuk membaca puisi, mulai dari buku antologi puisi, internet, hingga platform media sosial. Sementara itu, untuk mendengar pembacaan puisi, kamu bisa mengikuti event atau acara yang menampilkan hal tersebut, atau mengakses sumber yang tersedia di internet dan media sosial.

Pilihlah karya-karya dari penulis favoritmu atau genre yang sesuai dengan minatmu sehingga kamu selalu merasa antusias dalam menambah referensi diksi. Semakin banyak diksi yang kamu punya, maka akan jadi semakin berwarna pula puisi yang kamu buat.

Bergabung dengan Komunitas

bergabung dalam komunitas puisi

Memiliki teman dengan arah dan tujuan yang sama berperan penting untuk membuatmu terus maju dalam melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam hal menulis puisi berbahasa Inggris. Dengan bergabung pada komunitas peminat puisi, kamu akan menemukan orang-orang yang gemar puisi. Di situ, kamu bisa bertukar pikiran dengan mereka, atau meminta pendapat dan masukan kepada orang yang lebih cakap. Bahkan, kamu juga dapat belajar dari mereka perihal tips dan trik menulis puisi dalam bahasa Inggris, dan sebagainya.

Tulis Inspirasi secara Langsung

Inspirasi menulis puisi bahasa inggris

Inspirasi terkadang muncul secara tiba-tiba atau di waktu yang tidak terduga. Jika tidak kunjung dituliskan, inspirasi tersebut juga mudah hilang begitu saja. Maka dari itu, usahakan untuk langsung menuliskan apa yang ada di kepalamu setiap kali memperoleh inspirasi untuk menulis puisi dalam bahasa Inggris.

Tidak masalah jika kamu tidak bisa seketika itu juga menyelesaikan puisimu. Jika terasa sudah buntu, berhentilah hingga pikiranmu fresh kembali dan siap melahirkan ide-ide baru nan menarik lainnya untuk melengkapi draf yang telah dibuat. Pada waktu tersebut, kamu juga perlu mengoreksi kembali apa yang telah kamu tuliskan sebelumnya. Dengan begitu, kamu dapat memperbaikinya apabila dirasa ada yang ganjil.

Mulai dengan Tema yang Kamu Sukai

cara menulis puisi bahasa inggris

Bagi seorang 🔖 pemula, sah-sah saja untuk membatasi lingkup tulisannya pada apa yang disukai saja. Yup, mulailah dengan tema-tema kesukaanmu sehingga menulis puisi dalam bahasa Inggris tidak terkesan berat atau sulit. Misalnya, kalau kamu seorang traveller yang suka jalan-jalan, kamu bisa menuliskan tentang pantai, gunung, atau tempat lainnya yang pernah dikunjungi dengan bahasa yang puitis. Lewat hal ini, menciptakan puisi jadi lebih menyenangkan. Beda halnya bila kamu mesti menuliskan sesuatu yang tidak membuat kita tertarik. Kamu akan merasa terpaksa dan hasil yang didapat tidak memuaskan.

Selain berdasarkan dari pengalaman atau hal-hal yang ada di sekelilingmu, mencoba writing prompt dari internet juga tidak ada salahnya. Kamu bisa memilah tema yang sesuai dengan keinginan. Dari situ, kamu bisa menuangkan ide-ide brilian ke dalam kata-kata yang indah sehingga menghasilkan puisi yang tidak hanya berkualitas tetapi juga dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sekali lagi, selamat Hari Puisi Internasional 2021! Selamat mencoba langkah-langkah di atas untuk membuat puisi dalam bahasa Inggris! Semoga bisa menelurkan karya sesuai dengan harapan!

Eitsss, untuk kamu yang ingin mahir berbahasa Inggris, EF adalah jawabannya! Perpaduan guru yang profesional dan metode yang unik akan membuatmu semakin mencintai bahasa Inggris sehingga kemampuanmu meningkat dengan pesat.

Pssst, ada penawaran khusus untuk kamu yang mendaftar di bulan Maret, loh! Ada promo seru berupa diskon kursus spesial, ditambah dengan bonus kelas GRATIS* jika kamu mengisi formulir pada voucher di halaman ini.

Pastikan dirimu tidak melewatkan kesempatan ini!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben