Menu
peralatan dapur
Grammar and Vocabulary

Kosakata Alat-alat Dapur Bahasa Inggris dalam Flash Card

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.25

Dapur merupakan ruangan yang wajib ada di setiap rumah. Dapur dipenuhi dengan serba-serbi peralatan untuk kepentingan memasak dan makan. Dapatkah kamu menyebutkan alat-alat dapur tersebut dalam bahasa Inggris?

Apakah kamu senang menghabiskan waktu di dapur untuk menghasilkan berbagai kreasi makanan? Dapur ialah tempat di mana kita menyulap bahan-bahan mentah atau setengah jadi menjadi makanan siap saji. Tentunya kamu tahu bahwa kegiatan di dapur tidak akan berjalan tanpa adanya peralatan yang mendukung. Alat-alat dapur membantu kita dalam mengolah dan menghidangkan makanan. Tapi, apakah kamu bisa menyebutkan nama-nama alat dapur tersebut dalam bahasa Inggris? Unduh flash card berikut dan simak penjelasan di bawah untuk mengetahuinya!

Download Flash Card Peralatan Dapur πŸ“₯

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Cutting Board

cutting board

Dalam bahasa Indonesia, kamu mengenal cutting board sebagai talenan. Talenan berfungsi sebagai alas saat memotong, mengiris, atau mencincang bahan-bahan masakan, seperti daging, ikan, sayur, dan bumbu.

2. Knife

knife

Knife atau pisau merupakan salah satu alat dapur yang paling familiar bagi semua orang. Di dapur, keberadaan pisau biasanya sepaket dengan talenan. Pisau berperan dalam memotong, mengiris, atau mencincang bahan-bahan masakan ke dalam ukuran yang lebih kecil. Penggunaan alat dapur ini mengharuskanmu untuk berhati-hati. Sedikit saja lalai, tanganmu bisa terluka bila mengenai mata pisau.

3. Plate

plate

Berikutnya, plate atau piring tentu juga bukan alat dapur yang asing bagi kita. Macam-macam benda bisa diletakkan di piring. Namun, yang paling umum ditemui, piring digunakan untuk menyajikan hasil masakan. Bentuknya yang pipih dengan tepi sedikit melengkung dan ukurannya yang lebar menjadikan piring cocok sebagai tempat nasi dan lauk pauk saat hendak dimakan.

4. Bowl

bowl

Kehadiran bowl atau mangkuk di dapur adalah untuk melengkapi kekurangan piring. Mangkuk berbentuk bundar dan cekung dengan permukaan lebih besar ketimbang bagian alasnya. Dengan begitu, mangkuk dapat berfungsi secara maksimal untuk menampung makanan yang berkuah agar tidak mudah tumpah.

5. Spoon

spoon

Siapa yang tidak kenal spoon atau sendok? Sendok membantumu untuk memindahkan makanan dari piring ke mulut. Di samping itu, sendok juga berguna untuk menakar dan mencampur bahan makanan dalam proses memasak.

6. Fork

fork

Fork atau garpu berguna untuk mengambil makanan yang tidak dapat dilakukan dengan sendok. Selain itu, garpu juga dipakai untuk menahan makanan agar lebih mudah saat dipotong.

7. Stove

stove

Berbagai jenis bahan makanan harus diproses terlebih dahulu agar bisa dimakan, baik digoreng, direbus, ataupun dengan cara yang lain. Di sini, stove atau kompor menjadi alat dapur yang memiliki fungsi signifikan. Bahan mentah yang dimasak di atas kompor, setelah beberapa saat akan menjadi makanan matang yang siap disantap.

8. Saucepan

saucepan

Saucepan atau panci akan memudahkan urusanmu di dapur, terutama yang berkaitan dengan merebus. Alat dapur yang satu ini bisa kamu gunakan untuk merebus air, sayur berkuah, hingga daging.

9. Wok

wok

Adapun jika kamu ingin membuat sesuatu yang renyah, wok atau wajan/penggorengan adalah solusinya. Wajan/penggorengan diperlukan untuk menggoreng ikan ataupun daging. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan wajan/penggorengan untuk menumis sayur yang beraneka ragam.

10. Spatula

spatula

Menggoreng atau menumis tidak cukup dengan wajan/penggorengan saja. Kamu juga perlu menyediakan spatula atau sudip bersamaan dengan wajan/penggorengan. Sudip berfungsi untuk membolak-balik bahan yang kamu goreng atau mengaduk bahan yang kamu tumis.

Setelah melihat flash card dan membaca penjelasan di atas, kamu dapat menghafalkan kosakata alat-alat dapur tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mulai menamai peralatan yang ada di dapurmu dengan bahasa Inggris supaya semakin terampil.

Kalau masih belum puas dengan pelajaran di atas, kamu bisa loh belajar lebih banyak lagi di EF. Belum lagi, kami memiliki metode belajar yang menyokong kemampuan bahasa Inggris berkembang dengan pesat. Kamu juga akan dikelilingi oleh guru dan siswa yang membuatmu nyaman dan bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.

Ingin mendaftar? Klik tombol pink yang ada di bagian kiri bawah layar gadgetmu!

Ben Small Stars
Author
Ben