Menu
konservasi dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Konservasi dalam Bahasa Inggris beserta Pengertiannya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.03

Pernahkah kamu mengunjungi destinasi wisata berbasis kawasan konservasi di Indonesia? Sebenarnya, apa tujuan dari konservasi sumber daya alam dan pengertiannya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Konservasi adalah sebuah proses pengelolaan sumber daya yang dikelola oleh lembaga konservasi untuk tujuan pemeliharaan dan perlindungan, serta mencegah kerusakan dan kepunahan sumber daya alam.

Latar belakang yang mendorong adanya kawasan konservasi ini adalah isu kerusakan sumber daya akibat interaksi manusia dengan alam yang tidak bertanggung jawab sehingga memberikan dampak pada kehidupan kita.

Apakah kamu pernah membayangkan apa jadinya negara kita tanpa adanya konservasi terhadap sumber daya alam? Oleh karena itu, yuk kita sama-sama mendukung upaya pelestarian melalui konservasi sumber daya alam demi memelihara keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan!

Tentunya hal ini sesuai dengan tujuan dari World Wildlife Conservation Day yang selalu diperingati pada tanggal 4 Desember setiap tahunnya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait pengertian konservasi dalam bahasa Inggris, simak artikel di bawah ini sampai tuntas ya 😉

Konservasi dalam bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, konservasi diterjemahkan sebagai conservation. Menurut National Geoghrapich Headquarters, konservasi didefinisikan sebagai berikut:

Conservation is the act of protecting natural resources for current and future generations.

Konservasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi sumber daya alam yang ada di bumi untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

The Earth’s natural yang dimaksudkan tersebut di antaranya adalah udara (air), mineral (minerals), segala jenis flora (plants), tanah (soil), air (water), dan segala jenis fauna atau satwa liar (wildlife).

Umumnya, conservation memiliki persamaan dengan pelestarian atau preservation karena sama-sama berhubungan dengan perlindungan alam. Perbedaannya adalah, conservation lebih mendukung pemanfaatan alam secara berkelanjutan oleh manusia, sementara preservation lebih kepada perlindungan alam dari manusia.

Negara kita, yaitu Indonesia memiliki kawasan konservasi yang terdiri dari Cagar Alam (nature reserves), Suaka Margasatwa (Wildlife Reserve), dan Taman Nasional (National Parks atau Marine National Parks).

Contoh Kawasan Konservasi di Indonesia

Baluran National Park

Baluran National Park

Karimunjawa National Park

Karimunjawa National Park

Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

komodo national park

Komodo National Park

Janthoi Nature Reserve

Janthoi Nature Reserve

The Thousand Island

The Thousand Island

Di antara contoh kawasan konservasi yang telah disebutkan di atas, apakah kamu pernah mengunjungi salah satunya?

Sambil mendukung upaya konservasi untuk menjaga kelestarian flora dan fauna beserta ekosistemnya, yuk ikutan kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris di EF!

Selain dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan cepat dan mudah, kamu juga bisa berkesempatan mendapat banyak promo dan hadiah menarik saat sudah bergabung di EF. Bagaimana caranya?

Cukup dengan isi nomor telepon kamu di halaman ini, maka kamu sudah melakukan langkah yang tepat untuk menjadi bagian dari EF.

Sebelum kehabisan tempat, yuk ajak temanmu dan daftar sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben