Menu
nilai toefl toeic ielts efset
Education Advice

Kenali Skala Nilai TOEFL, IELTS, TOEIC, dan EFSET, yuk!

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.01.11

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, kamu tahu kan bahwa sertifikat tes TOEFL, IELTS, TOEIC, umumnya dibutuhkan sebagai syarat melengkapi dokumen yang harus dikumpulkan? Lalu, berapa sih sebenarnya standar nilai TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebagai ukuran menguji kemampuan bahasa Inggris, tes TOEFL, IELTS, TOEIC, dan EFSET kerap digunakan dalam melengkapi persyaratan masuk untuk studi di dalam negeri maupun ke luar negeri, melamar pekerjaan, pendaftaran beasiswa, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan sertifikat yang didapatkan dari tes tersebut sudah sesuai dengan standar Internasional.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah belajar banyak hal tentang materi bahasa Inggris. Nah, sekarang waktunya untuk kamu buktikan dalam uji kemampuan bahasa Inggris melalui tes TOEFL, IELTS, TOEIC, maupun EFSET. Apa yang membedakannya? Yuk kita kenali jenis dan skala nilai dari keempatnya!

TOEFL

skala nilai toefl

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah uji kemampuan bahasa Inggris yang paling sering digunakan oleh instansi pendidikan sebagai syarat masuk. Terdapat tiga jenis tes TOEFL berdasarkan metode tesnya, di antaranya yaitu TOEFL PBT, TOEFL ITP, dan TOEFL iBT.

  • PBT (Paper-Based Test)

Jenis tes TOEFL ini berbasis kertas yang terdiri dari tiga sesi, yaitu Listening Comprehension, Structure, dan Written Expression and reading Comprehension. Dalam mengerjakan tes TOEFL PBT ini sekiranya akan membutuhkan waktu hingga empat jam dengan skala nilai 310-677.

  • ITP (Institutional Testing Program)

Sama seperti TOEFL PBT, tes ITP memiliki tiga sesi yang terdiri dari Listening Comprehension, Structure and Writing Expresion, dan Reading Comprehension. Terdapat dua level dalam mengerjakannya, yaitu level 1 dengan skala nilai 310-677 yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam, dan level 2 dengan skala nilai 200-500 yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dalam pengerjaannya.

  • iBT (Internet-Based Test)

Tes ini terdiri dari empat sesi, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setidaknya kamu perlu mengumpulkan skor terbaik dengan skala nilai 0-120 dalam waktu pengejaan selama 4 jam.

IELTS

skala nilai ielts

Berbeda dengan TOEFL, tes IELTS lebih dikenal akan tingkat kesulitannya. Meskipun begitu, tes ini wajib kamu lakukan agar lolos dalam seleksi masuk ke perguruan tinggi di luar negeri maupun sebagai syarat untuk membangun karier di luar negeri. Untuk itu, kamu bisa memilih salah satu dari dua jenis tes IELTS seperti Academic Training maupun General Training.

Terdapat empat sesi tes IELTS yang dimulai dari listening, reading, writing, dan speaking. Skor yang harus kamu raih dalam tes ini setidaknya 6,5-7 dengan skala nilai 0-9.

TOEIC

skala nilai toeic

Test of English for International Communication (TOEIC) adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris dan digunakan bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Tes ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana mereka dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan orang lain di lingkup global. Skala nilai yang harus didapatkan dari tes TOEIC setidaknya 5-495 untuk bagian listening, dan 5-495 untuk bagian reading dengan total skala 10-990.

EF SET

skala nilai efset

EF Standard English Test (EF SET) adalah tes kemampuan bahasa Inggris gratis yang bisa dilakukan secara Online. EF SET telah didesain khusus untuk memenuhi standar teknis tinggi yang setara dengan tes bahasa Inggris lainnya seperti TOEFL dan IELTS.

Dalam mengerjakan EF SET, kita hanya memerlukan waktu sekitar 50 menit untuk mendapatkan skor dengan tingkatan dari A1 (beginner) hingga C2 (proficient) dengan skala nilai 1-100.

Jika saat ini kamu masih ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebelum melakukan tes uji kemampuan bahasa Inggris, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya ialah dengan mengikuti kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris yang tertera pada formulir di halaman ini.  

Yuk, kita belajar bahasa Inggris bersama untuk mendapatkan skor nilai terbaik pada tes kemampuan bahasa Inggris di atas! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben