Menu
manfaat cokelat
News and Lifestyle

Kenali Jenis Coklat dan Negara Penghasil Coklat Terenak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.20

Makanan favorit banyak orang yang asalnya dari biji dan bisa diolah jadi bermacam dessert, apa lagi kalau bukan cokelat? Kamu suka cokelat? Hari ini Tom mau mengajak kalian mengenal jenis-jenis cokelat dan menjelajah negara penghasil cokelat terenak.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu kalau cara membuat cokelat cukup kompleks dan perlu waktu lama? Cokelat berasal dari biji buah kakao yang difermentasi, dikeringkan, dipanggang, digiling lalu diproses lagi sampai bisa menjadi makanan lezat yang biasa kamu konsumsi.

Cokelat banyak digunakan dalam olahan makanan penutup seperti permen, es krim, kue, puding dan cokelat panas. Jika diminta menjelaskan rasa cokelat, pasti kamu akan bilang manis, kan? Padahal, cokelat sebenarnya punya rasa yang pahit, loh! Rasa manis yang kamu rasakan itu adalah cokelat yang sudah diberi tambahan gula dan susu.

Secara umum, terdapat tiga jenis cokelat yaitu pure cocoa, dark chocolate dan milk chocolate. Pure cocoa adalah cokelat murni yang belum dicampur bahan apapun. Dark chocolate merupakan hasil campuran cokelat murni dan sedikit gula. Yang terakhir adalah milk chocolate yang merupakan campuran antara cokelat murni, gula dan susu.

Fakta cokelat:

White chocolate atau cokelat putih bukan termasuk jenis cokelat. Ini karena white chocolate tidak memiliki kandungan biji kakao. White chocolate terbuat dari campuran gula, susu, dan cocoa butter atau lemak kakao.

Negara Penghasil Cokelat Terenak

Kalau cokelat adalah makanan favoritmu, kamu wajib tahu negara-negara ini. Mereka terkenal sebagai negara penghasil cokelat terenak di dunia. Yuk kita jelajah satu per satu!

Swiss

hot chocolate

Negara yang terkenal dengan pegunungan dan udara dingin ini juga populer sebagai negara penghasil cokelat terenak, loh! Kamu pasti sudah familiar dengan merk cokelat asal Swiss seperti Ovomaltine, Toblerone dan Lindt, kan? Meskipun bukan penghasil kakao, tapi Swiss punya cara untuk mengolah cokelat yang lezat.

Saking terkenalnya dengan cokelat, Swiss punya beberapa destinasi wisata yang berbau cokelat. Beberapa destinasi yang wajib dikunjungi yaitu Swiss Chocolate Adventure, Lindt Home Of Chocolate, Maison Cailler, House of Läderach dan Maestrani's Chocolarium. Di tempat-tempat itu, pengunjung bisa belajar sejarah dan proses pembuatan cokelat. Yang paling ditunggu tentunya kesempatan mencoba macam-macam jenis cokelat! Seru, ya?

Belgia

cokelat belgia

Belgia merupakan surga cokelat berkualitas tinggi di dunia. Salah satu merk coklat premium asal Belgia yang mendunia tidak lain adalah Godiva. Tradisi pembuatan cokelat Belgia sudah ada sejak abad ke-17. Pada masa itu, cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Kamu tahu tidak kalau olahan cokelat praline dan truffle ditemukan di Belgia? Kalau kamu berkunjung ke kota Brussels, kamu akan menemukan banyak toko cokelat yang menawarkan pengalaman membuat kreasi cokelat praline sendiri. Selain membuat praline sendiri, kamu juga bisa mengunjungi museum cokelat yang ada di Belgia seperti Choco-Story dan Museum Of Cocoa And Chocolate yang ada di Brussels.

Italia

ferrero rocher

Italia? Mungkin kamu tidak sadar kalau Italia termasuk negara penghasil cokelat terenak. Tapi, bagaimana kalau Tom menyebutkan merk-merk seperti Ferrero, Kinder, dan Nutella? Ya, merk-merk coklat terenak itu berasal dari Italia,

Kalau kamu berkunjung ke Italia, kamu akan menemukan cokelat unik yang dikenal sebagai gianduiotto atau gianduiotti. Cokelat unik ini bisa dibilang merupakan kreasi paling awal dari kombinasi hazelnut dan cokelat. Selain mencicipi cokelat gianduiotto, kamu juga bisa menghadiri festival cokelat EuroChocolate di kota Perugia.

Indonesia

cokelat terbaik

Ya! Negara berikutnya adalah Indonesia. Kalau ketiga negara sebelumnya hanya memproduksi cokelat namun tidak membudidayakan tanaman kakao, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar. Di tahun 2020, Indonesia berada di peringkat ke-3 produksi kakao dengan 659.776 ribu ton.

Kekayaan alam Indonesia membuat variasi rasa cokelat yang diproduksi lebih beragam. Ada cokelat yang ditambah buah-buahan kering dan rempah-rempah lokal. Tahukah kamu apa saja merk cokelat asal Indonesia?

Itu tadi 4 negara penghasil cokelat terenak di dunia. Kalau kamu mau berkunjung ke 3 negara Eropa di atas, kamu bisa mulai melatih kemampuan bahasa Inggrismu nih agar bisa fasih saat akan membeli cokelat.

Kamu bisa latihan dan belajar bahasa Inggris di EF, loh! Mumpung ada program Free Demo Class, jadi kamu bisa coba ikut kelas tanpa harus membayar. Di kelas gratis, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang 100% sama seperti kelas normal. Ayo belajar bersama guru-guru yang ahli dan juga native speaker dengan metode yang menyenangkan.

Ayo daftarkan dirimu sekarang!