Menu
logo ef
News and Lifestyle

Kenali EF Lebih Dalam: Perjalanan Kami Menyusuri Waktu

2020.12.09

Saat mendengar nama “EF”, kira-kira apa yang terlintas di pikiran Anda? Di EF, kami menganggap semua staf, guru, orang tua serta murid sebagai bagian dari kami. Kini, kami mengundang Anda menjadi saksi untuk momen bersejarah baru di EF Kids and Teens!

Setelah hadir untuk masyarakat Indonesia selama lebih dari 30 tahun, EF Kids and Teens dikenal sebagai lembaga pendidikan bahasa Inggris terdepan yang telah menemani banyak putra-putri Indonesia menggapai cita-cita mereka. Di EF, kami tidak hanya sekedar ‘mendidik’ mereka untuk menguasai bahasa Inggris, tapi kami juga berkomitmen untuk membuat siswa-siswi kami untuk menjadi pribadi kreatif yang dapat memajukan bangsa.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Karenanya, kami menggambarkan semangat tersebut melalui sebuah logo baru di EF Kids and Teens. Logo ini merupakan sebuah representasi dari perjalanan EF selama puluhan tahun dalam bidang pendidikan. Logo ini kami persembahkan untuk Anda—yang telah hadir untuk turut menumbuhkan EF Kids and Teens sebagai sebuah brand.

Pergantian logo baru ini tentunya tidak lepas dari kerja keras staf kami yang tidak kenal lelah untuk menghadirkan produk terbaik bagi EF Kids and Teens. Pada saat ini, kami mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam seorang sosok yang telah mendedikasikan dirinya selama puluhan tahun di EF.

Yuk, simak wawancara berikut ini!

musa sunandar
Wawancara dengan Musa Sunandar
Head of Graphic Design
EF Kids and Teens Indonesia

Q: Selamat siang! Terima kasih atas kesempatannya untuk interview hari ini! Bisa perkenalkan diri Anda sebelumnya dan berapa tahun Anda telah bekerja di EF?

Selamat siang! Perkenalkan, saya Musa Sunandar. Saya bekerja sebagai Head of Graphic Design di EF Central Indonesia. Saya sudah bekerja bersama EF sejak tahun 2008. Jadi, kurang lebih baru 12 tahun saja di EF 😉

Q: Selama 12 tahun bekerja di EF, tentunya Anda sudah mengalami beberapa kali pergantian logo, menurut Anda, apa logo yang menimbulkan kesan paling kuat bagi Anda—dan tentunya bagi EF sebagai sebuah brand?

Selama saya bekerja di EF, mungkin saya sudah mengalami sekitar 3 sampai 4 kali perubahan logo. Jika berbicara mengenai hal tersebut, maka yang paling berkesan bagi saya adalah logo baru ini

Logo yang kami punya dahulu mungkin terkesan terlalu kaku untuk sebuah logo perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan anak dan remaja; dan logo baru ini mungkin adalah logo terbaik yang pernah kami punya dibanding dengan yang sebelumnya. Beruntung melihat tim kreatif Global EF memutuskan untuk tetap menggunakan original logo EF yang diciptakan oleh Paul Rand (yang menurut saya pribadi tidak terkekang oleh waktu dan sangat ikonik) serta dipadukan dengan elemen grafis blok warna dan wajah yang tersenyum.

Saya merasa, logo ini akan membawa dampak yang sangat baik terhadap EF Kids and Teens sebagai sebuah brand.

Logo EF dari Waktu ke Waktu

Q: Logo baru di EF memiliki lebih banyak warna dibanding pendahulunya dan membawa sebuah identitas yang baru. Kira-kira, apa yang memacu EF Kids and Teens untuk membuat logo yang terlihat berbeda dibanding pendahulu2nya ini?

Logo baru ini jauh lebih menarik dengan elemen blok warna yang terkesan playful dan mewakili produk EF yang memang untuk usia anak dan remaja. Jika Anda lihat, logo baru ini terlihat lebih modern, dinamis dan menyenangkan; dan lebih menggambarkan tentang wajah EF Kids and Teens yang ingin kami perlihatkan ke pada dunia.

Belajar Bahasa Inggris bersama EF Kids & Teens berarti belajar kata per kata, kalimat per kalimat – blok per blok, dan membangun tower of knowledge (menara pengetahuan). Konsep ini yang ditawarkan dalam brand identity EF kids & Teens yang baru. Blok-blok berwarna dalam logo baru ini lah yang akan mewakilkan semangat kami di EF Kids and Teens.

Q: Apa hal paling menantang yang Anda temui saat mengalami transisi logo dari waktu ke waktu?

A: Untuk setiap pergantian logo baru awalnya pasti agak merepotkan. Bagi saya hal ini seperti perasaan yang bercampur, antara sangat antusias dan repot karena harus mengganti semua elemen desain. Elemen ini dimulai dari hal kecil seperti kartu nama, kop surat, amplop, hingga signage di center-center dan banyak lagi.

Tapi, pada akhir perjalanan, saya juga selalu merasa lega karena telah “menyegarkan” brand EF Kids and Teens. Hal ini saya rasakan terutama pada logo baru ini. Seperti yang Anda dapat lihat, logo ini memiliki kombinasi blok warna dan wajah tersenyum—sangat menyegarkan bila dipandang.

Q: Terakhir, apa pengaruh pada dunia pendidikan yang dapat Anda lihat setelah EF Kids and Teens memakai identitas barunya dengan logo ini?

A: Secara tersirat logo ini melambangkan bahwa EF adalah produk yang cukup kuat di Indonesia untuk tampil tanpa harus menuliskan jenis produk (kursus bahasa Inggris untuk anak dan remaja) di dalam elemen desainnya, seperti mengikuti jejak brand-brand terkenal lainnya. Hal ini membuat logo EF terasa lebih menyegarkan, bersih dan kuat dengan mengandalkan visual daripada kata-kata.

Identitas brand baru ini juga diharapkan bisa membangkitkan hasrat anak Indonesia untuk belajar bahasa, namun juga tanpa meninggalkan hal yang menyenangkan atau bermain.

"Belajar bahasa adalah hal menyenangkan!" merupakan hal yang ingin disampaikan melalui brand baru ini—hal ini sejalan dengan metode pembelajaran yang dapat ditemui di EF. Di EF, tidak hanya menguasai bahasa Inggris, kami ingin anak-anak kami juga menumbuhkan rasa cinta pada belajar yang tentunya akan membangun mereka menjadi pribadi yang cemerlang.

Terima kasih atas kesempatannya untuk wawancara hari ini! Kami sangat senang telah mengetahui lebih dalam mengenai sejarah logo-logo di EF dan perjalanannya dalam menyusuri waktu. Sampai bertemu di lain kesempatan!