Menu
pudding brownies
News and Lifestyle

Kenalan dengan Sticky Toffee Pudding, Dessert Unik Khas Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.25

Dessert atau makanan pencuci mulut adalah bagian yang paling difavoritkan. Hal ini karena rasa manis yang diciptakan dessert selalu bikin nagih. Salah satu hidangan dessert yang patut kamu coba, yaitu sticky toffee pudding, makanan khas dari Inggris. Tapi, apa itu sticky toffee pudding? Yuk, simak penjelasan Tom di sini.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kali ini, kita akan menjelajahi dunia kuliner Inggris yang kaya akan cita rasa. Sambutlah sticky toffee pudding, sejenis dessert yang tak hanya lezat, tapi juga memanjakan lidah dengan sensasi manis yang tak terlupakan. Segera ambil tempat dudukmu dan siap-siap untuk tergoda dengan kelezatan penuh rasa dari negeri ini!

Apa Itu Sticky Toffee Pudding?

apa itu stp

Sticky toffee pudding pertama kali muncul di tahun 1970-an di sebuah restoran di Inggris. Meski tergolong sebagai hidangan modern, rasanya klasik dan segera menjadi favorit banyak orang. Sejak saat itu, sticky toffee pudding menjadi sajian wajib di menu-menu tradisional Inggris.

Sticky toffee pudding adalah sejenis puding yang terbuat dari kue yang lembut dengan campuran kurma yang memberikan kelembutan dan rasa manis khas. Ditambah dengan saus toffee yang kental dan lezat, membuatnya menjadi hidangan pencuci mulut yang penuh kenikmatan.

Bahan Utama Sticky Toffee Pudding

membuat brownies pudding

Buah kurma menjadi bintang utama dalam Sticky Toffee Pudding. Mereka memberikan rasa manis alami dan kelembutan pada kue. Kemudian ada terigu, gula, yang menjadi bahan dasar kue ini akan menciptakan tekstur kue yang lembut dan moist.

Tak lupa, bahan tambahan seperti, telur, vanilla, dan baking powder memberikan dimensi rasa yang lebih kaya. Terakhir, tak lengkap rasanya tanpa saus toffee yang kental dan lezat. Saus ini terbuat dari gula merah, krim kental, mentega dan garam yang akan memberikan cita rasa karamel yang menyatu sempurna dengan puding.

Setelah mengetahui bahan-bahan sticky toffee pudding, saatnya beralih ke cara membuatnya. Berikut ini adalah cara membuat sticky toffee pudding:

Persiapkan Kue Puding

  • Rendam kurma dalam air mendidih dan soda kue. Setelah itu, haluskan hingga menjadi pasta.

  • Kocok mentega dan gula hingga lembut. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok.

  • Campurkan tepung terigu dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan.

  • Akhirnya, tambahkan pasta kurma ke dalam adonan. Aduk rata.

Panggang Kue

  • Tuang adonan ke dalam loyang, lalu panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya hingga matang.

Sajikan dengan Saus Toffee

  • Masak semua bahan saus toffee dalam panci dengan api kecil hingga mengental.

  • Potong kue puding menjadi potongan-potongan kecil dan tuangkan saus toffee hangat di atasnya.

Cara Menikmati Sticky Toffee Pudding

menikmati stp

Kamu bisa menikmati sticky toffee pudding dengan berbagai cara yang kreatif dan nikmat. Berikut beberapa ide untuk menikmati sticky toffee pudding dengan lebih spesial:

  • Pertama, kamu bisa menyajikan sticky toffee pudding dengan es krim vanilla atau krim lembut. Kontras antara kehangatan Sticky Toffee Pudding dan kelembutan es krim akan menciptakan paduan rasa yang luar biasa.

  • Kamu juga bisa menikmati Sticky Toffee Pudding dengan secangkir teh, kopi, atau cokelat panas. Kombinasi antara kehangatan minuman dan kelezatan Sticky Toffee Pudding akan membuat momen makanmu semakin nyaman.

  • Cobalah untuk menaburi Sticky Toffee Pudding dengan kacang panggang atau almond cincang untuk memberikan teksur yang renyah. Ini akan menambah dimensi baru pada hidangan ini.

  • Terakhir, padukan Sticky Toffee Pudding dengan keju mascarpone yang lembut. Kombinasi antara kekentalan keju dan kelembutan Sticky Toffee Pudding akan menciptakan harmoni rasa yang luar biasa.

Bagaimana, apakah kamu sudah mulai merasa lapar? Jangan ragu untuk mencoba membuat Sticky Toffee Pudding di rumah atau mencarinya di restoran Inggris terdekat. Rasakan sensasi lembutnya kue yang dipadu dengan kelezatan saus toffee.

Kalau kamu mau meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk ikut les bahasa Inggris di EF. Kamu akan belajar bahasa Inggris lewat metode yang menyenangkan. Pastinya akan dipandu dengan guru yang profesional!

Penasaran? Yuk coba kelas gratis untuk melihat keseruan kelas EF!