Menu
Kenalan dengan Penemu Televisi, Kompas, dan Telepon yuk!
News and Lifestyle

Kenalan dengan Penemu Televisi, Kompas, dan Telepon yuk!

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.13

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap menonton tayangan acara di stasiun televisi favorit. Apakah kamu pernah berpikir, bagaimana para artis yang melakukan shuting di suatu tempat bisa kita tonton di mana saja dengan menggunakan teknologi yang bernama televisi?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Semakin berkembangnya peradaban manusia selalu diiringi oleh kemajuan teknologi yang canggih. Salah satu manfaat dari adanya teknologi yaitu kemudahan yang kita dapatkan dalam memperoleh informasi jarak jauh.

Coba bayangkan apabila tidak ada televisi atau telepon, kira-kira apakah informasi jarak jauh bisa kita dapatkan dengan cepat seperti sekarang ini? Tentu jika kita putar balik waktu sebelum Nipkow, Graham Bell, hingga William Thomson menemukan inovasi yang saat ini sudah berkembang, bagaimana ya kehidupan manusia pada masa itu?

Sambil belajar sejarah tentang penemuan teknologi, yuk kita kenalan dengan penemu televisi, kompas dan telepon di bawah ini!

Penemu televisi: John Logie Baird

Penemu televisi John Logie Baird

Apakah kamu mengenal John Logie Baird? Atau bahkan pernah mendengar namanya sekilas namun tidak tahu siapa dia? Supaya kamu tidak penasaran lagi, kini waktunya kita kenalan dengan John Logie Baird!

Apabila saat ini kamu sedang berpikir keras tentang siapa penemu dari televisi yang memudahkan kita dalam memperoleh informasi melalui media massa, maka jawabannya adalah John Logie Baird.

John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888 sebagai anak desa yang hidup dalam keterbatasan. Meskipun begitu, John memiliki prinsip hidup yang tidak kenal kata menyerah sehingga membawanya untuk bangkit dari segala keterbatasan yang ada.

Hingga pada tahun 1925, John berhasil mendemonstrasikan televisi di Royal Institut London. Namun perjalanannya masih belum usai, terdapat banyak rintangan yang harus ia lalui seperti sistem baru televisi yang telah mengalahkan sistemnya pada tahun 1933.  

Mengatasi hal tersebut, John tetap berusaha dan kembali menunjukkan pemancaran gambar bayangan bergerak menggunakan cakram pemindai beresolusi 30 baris pada tahun 1925-1926. Kemudian pada tahun 1927 John menemukan sistem rekaman video pertama yang disebut sebagai “Phonovision”.

Pada tahun 1946, John pun akhirnya menutup usia di Bexhill-on-Sea, Inggris. Meskipun inovasi televisi yang ditemukan oleh John tidak canggih seperti sekarang, Ia tetap berhasil menjadi seorang pionir dalam perkembangan televisi.

Penemu kompas: William Thomson

Penemu kompas William Thomson

Mempelajari sejarah ilmuan terkemuka merupakan hal yang wajib kita tahu agar lebih menghargai inovasi yang mendorong perkembangan teknologi hingga sekarang ini. Salah satu penemu yang perlu kita pelajari yaitu William Thomson. Siapakah dia?

William Thomson adalah penemu Kompas yang lahir di Irlandia pada 26 Juni tahun 1824. William merupakan anak dari James Thomson yang merupakan Profesor Matematika di Universitas Glasgow dan penulis kitab pelajaran matematika.

Mengikuti jejak ayahnya, ketika William kuliah di Universitas Glasgow dan Universitas Cambridge, ia mempelajari karya dari seorang ilmuan yang membahas tentang matematika dan hubungannya dengan listrik dan magnetisme. Untuk mendukung perjalanannya memahami teori-teori tersebut, William juga mempelajari ilmu tentang kimia dan fisika berdasarkan teori Michael Faraday hingga menjadikannya sebagai profesor ilmu fisika di Universitas Glasgow.

Selama hidupnya, William Thomson kerap mendapatkan hak paten atas penemuan-penemuannya. Salah satunya adalah Kompas kapal jenis baru. Penemuan tersebut akhirnya menjadikan Kompas dapat diterima oleh seluruh dunia hingga berkembang menjadi semakin modern dan canggih.

Penemu telepon: Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell

Ketika duduk di bangku sekolah, kita sudah dikenalkan oleh penemu-penemu yang telah menciptakan teknologi guna memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Alexander Graham Bell.

Graham Bell merupakan seorang ilmuan yang lahir di Skotlandia pada tahun 1847 dan dikenal sebagai penemu telepon di tahun 1876. Sejak kecil, Graham Bell dididik oleh ibunya dengan menanamkan rasa keingintahuan yang tinggi hingga berbakat dalam memecahkan suatu masalah.

Pada awalnya, Graham Bell mencoba untuk menyempurnakan telegraf harmonik yang memungkinkan dapat mengirim banyak pesan dan suara manusia melalui kabel pada saat yang bersamaan. Temuan tersebut akhirnya mendorong Graham Bell untuk menciptakan perubahan besar tentang cara berkomunikasi antar manusia melalui telepon.

Dalam mempelajari ilmuan-ilmuan yang telah mengembangkan teknologi, dapat kita lihat bahwa perkembangan teknologi tidak pernah berhenti sampai saat itu.

Berdasarkan hal ini, apakah kamu tertarik menjadi seorang ilmuan seperti John, William, dan Graham Bell yang mampu mengubah dunia melalui teknologi? Jika iya, maka kamu harus belajar lebih giat untuk menciptakan inovasi tersebut.

Sambil memikirkan inovasi apa yang dapat kamu ciptakan, tidak ada salahnya jika memulainya dengan ikut belajar bersama di kelas demo GRATIS bahasa Inggris EF.

Selain itu, banyak sekali promo keren yang dapat kamu temukan hanya dengan mengisikan nomor telepon pada formulir di halaman ini. Jika kamu tidak ingin sendirian, kamu juga bisa loh ajak teman-teman untuk bergabung di EF.

Semakin banyak teman yang kamu ajak maka semakin besar peluang untuk kamu mendapatkan hadiah spesial dari EF. Sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga, yuk!

Ben Small Stars
Author
Ben