Menu
jenis dan sejarah emoji
News and Lifestyle

Kenalan dengan Jenis-Jenis Emoji dan Sejarahnya

2021.07.19

Siapa yang tidak kenal dengan emoji? Bisa dibilang emoji adalah bahasa universal yang kita gunakan sehari-hari terutama di dunia maya. Apakah ketika bertukar pesan kalian menggunakan emoji juga? Jika iya, emoji apa yang paling sering kalian gunakan?

Hampir semua orang yang sering chatting online pasti sudah familiar dengan berbagai bentuk emoji. Adanya emoji pastinya membuat chat semakin seru dan berwarna. Ternyata emoji sudah ditemukan sejak lama, lho. Yuk kita berkenalan dengan sejarah dan jenis-jenis emoji!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sejarah Lahirnya Emoji

Sebelum terbentuknya emoji, internet kenal dengan yang disebut emoticon seperti bentuk :-) yang menandakan senyuman atau :-( yang menandakan perasaan sedih. Bentuk-bentuk emoticon semacam itu telah beredar di percakapan dalam berbagai ruang obrolan di internet.

Emoji pertama kali dibuat oleh Shigetaka Kurita pada tahun 1999. Pada awalnya, Kurita ingin merancang antarmuka yang menarik untuk menyampaikan informasi dengan cara yang sederhana dan ringkas: misalnya, ikon untuk menunjukkan prakiraan cuaca daripada mengeja "berawan".

Seiring berjalannya waktu, emoji semakin berkembang dan berevolusi mengikuti zaman. Sekarang kita dengan mudah menjumpai berbagai jenis emoji yang tersebar di dunia digital. Bentuk emoji pun mulai bermacam-macam yang bisa disesuaikan dengan pesan yang akan disampaikan.

Jenis-Jenis Emoji

Jika kamu sering menggunakan emoji pasti kamu sudah tidak asing dengan berbagai bentuk emoji di bawah ini. Ternyata masing-masing emoji memiliki arti dan kegunaan masing-masing, lho. Yuk kita lihat berbagai jenis emoji yang sering kita gunakan sehari-hari.

Emoji Bahagia

Dari sekian banyak jenis emoji, bentuk ini paling umum digunakan. Dinamakan grinning face untuk menunjukkan kesenangan atau keceriaan.

Emoji Tersenyum

Digunakan untuk mengungkapkan kebahagiaan sejati dan hangat, perasaan positif.

Emoji Tersenyum dengan Keringat

Dimaksudkan untuk menggambarkan kegugupan atau ketidaknyamanan. Bisa juga digunakan seolah-olah mengatakan "Whew!" dan menyeka keringat di dahi.

Emoji Tersenyum dengan Kacatama Hitam

Sering digunakan sebagai penanda sesuatu yang keren (cool). Serta pengungkapan sikap percaya diri, riang atau bahwa ada sesuatu yang sangat baik.

Emoji Malaikat

Malaikat sering identik dengan kebahagiaan. Maka dari itu, penggunaan emoji ini biasanya memberikan kesan sesuatu yang baik atau melakukan perbuatan baik.

Emoji Menangis

Air mata pada emoji ini seringkali sebagai tanda untuk menyampaikan kesedihan atau perasaan yang sedang sedih sehingga menangis.

Emoji Marah

Menyampaikan ekspersi kemarahan dan kesal. Bisa juga digunakan untuk mewakili seseorang yang bertindak keras atau jahat.

Nah, di atas merupakan beberapa contoh emoji yang sering kamu temukan sehari-hari. Dari penjelasan emoji di atas, apakah kamu sudah menggunakannya dengan benar sesuai artinya? Sebenarnya tidak ada "aturan" terkait penggunaan emoji tetapi agar percakapan lebih mengasyikan emoji yang digunakan juga harus sesuai konteksnya.

Setelah mengetahui sejarah dan berbagai jenis emoji, sekarang kamu bisa membuat percakapan dengan temanmu lebih seru lagi! Selain penggunaan emoji, belajar bahasa Inggris juga akan membantumu lebih asyik saat melakukan chatting, lho!

Di EF, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan berbagai materi menarik yang pastinya seru dan menyenangkan juga. Jangan khawatir, guru-guru di EF profesional sehingga akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu menjadi lebih mahir.

Yuk segera bergabung bersama EF!