Menu
manfaat puisi
Reading and Writing

Kekuatan Puisi untuk Belajar Bahasa dan Mengekspresikan Diri

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.18

Puisi, salah satu karya sastra yang kompleks dan indah. Puisi memang bukan termasuk karya yang populer untuk dibaca, apalagi bagi orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Tapi di balik kompleksitasnya, membaca puisi punya keunggulan tersendiri, lho.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EFriends, apakah kamu tahu kenapa orang-orang yang suka dengan puisi disebut penikmat puisi, bukan pembaca puisi? Ini karena puisi hadir bukan untuk dibaca, tapi dinikmati. Puisi mengandung variasi figure of speech yang membuatnya indah. Berisi makna yang interpretasinya bisa berbeda di setiap orang.

Belajar bahasa Inggris bisa dicapai lewat puisi karena kosa kata, tata bahasa, intonasi, dan irama bisa didapatkan dengan membaca puisi. Saat membaca puisi, kamu akan dihadapkan pada unsur-unsur dasar bahasa tersebut sehingga kamu juga bisa tahu bagaimana menggunakan sebuah kata atau ekspresi dengan berbagai gaya dalam berbagai tujuan, konteks, dan situasi. Selain manfaat dasar tadi, kamu akan merasakan manfaat lainnya saat mulai mempelajari puisi.

sastra puisi

Jembatan untuk mengenal budaya

Belajar bahasa tidak bisa lepas dari belajar budaya. Nah, puisi bisa jadi jurus yang tepat untuk belajar keduanya. Puisi umumnya mengandung cerminan pemikiran dan perasaan si penulis. Dari situ, kamu bisa mengidentifikasi bagaimana lingkungan penulisnya, dan budaya negara tempat penulis berasal.

Memperkaya kosakata

Puisi tersusun dari berbagai vocabulary dan figure of speech. Dengan membaca puisi, kamu bisa mengenal banyak kosakata indah yang jarang kamu temui saat belajar dari buku teks ataupun novel.

Cocok untuk yang mudah terdistraksi

Untuk kamu yang mudah terdistraksi atau tidak suka membaca novel karena terlalu panjang, puisi bisa jadi senjatamu untuk belajar bahasa Inggris. Ini karena puisi umumnya pendek. Kecuali kalau kamu membaca puisi epic ya.

Mendorong untuk berpikir kritis dan kreatif

Seperti yang Tom sampaikan di awal, puisi berisi macam-macam figure of speech. Selain itu, intensitas ritme, kata, dan gaya setiap puisi memungkinkan pembaca mengungkap makna yang lebih mendalam pada konteks puisinya. Untuk memahami isi sebuah puisi, kamu perlu memaknainya. Cara ini akan mengasah kreativitas dan juga kemampuan berpikir kritis.

Meningkatkan kemampuan bercerita

Yup, puisi juga bisa meningkatkan kemampuan storytelling dan speaking. Setelah kamu menganalisis sebuah puisi, kamu bisa tuangkan hasil analisismu menjadi cerita. Bisa dalam bentuk tulisan, atau kamu ceritakan verbal ke orang lain (misalnya ke guru Bahasa Inggrismu.)

Bentuk ekspresi diri

Semakin banyak puisi yang kamu baca, secara otomatis kamu jadi belajar tentang konsep-konsep puisi dan bagaimana cara membuat puisi. Dari situ, kamu bisa berlatih membuat puisimu sendiri untuk mengekspresikan apa yang kamu pikirkan dan rasakan.

Puisi bukan sekedar kata-kata indah di atas kertas. Membaca puisi nggak sesederhana membaca buku yang mana kamu bisa menemukan maknanya hanya dengan membacanya. Saat membaca puisi, kamu perlu memperhatikan dan meluangkan waktumu.

Untuk memahami makna puisi lebih dalam, kamu perlu menganalisis bahasanya. kamu perlu menafsirkan apa yang ingin disampaikan si penyair. Memang tidak mudah dan butuh waktu. Tapi kalau kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh, kamu bisa naik level dalam belajar bahasa.

Supaya kamu bisa meningkatkan level bahasa Inggrismu dan semakin jago dalam memaknai puisi, ayo belajar di EF. Ada kelas gratis yang bisa kamu ikuti untuk merasakan keseruan belajar bersama teman dan EF teacher.

Yuk coba kelas gratis sekarang sebelum kuota bulan ini habis.