Menu
game edukatif
Education Advice

Bermain dan Belajar dengan Kegiatan Edukatif untuk Anak SD

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.28

Bulan November diperingati sebagai Hari Anak Internasional dan Hari Pelajar Internasional. Kamu bisa mengisi bulan ini dengan menjalankan berbagai aktivitas seru yang tentunya tetap edukatif. Mau tahu apa saja kegiatan edukatif seru yang bisa dilakukan?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bermain, semua anak pasti semangat kalau mendengar kata ini. Di sisi lain, orang tua tidak suka kalau anak-anak terlalu banyak bermain dan lupa belajar. Lalu apa yang harus dilakukan? EFparents bisa mengajak anak-anak bermain sambil belajar! Selain bagus untuk mengurangi screen time, cara ini bisa mempererat ikatan orang tua dan anak.

Setiap tahapan usia anak punya cara penanganan yang berbeda-beda ya EFparents. Di artikel kali ini, Tom akan memberikan rekomendasi kegiatan dan game edukatif yang cocok dilakukan bersama anak usia 7-13 tahun, atau masa-masa sekolah dasar.

Eksperimen Sains

eksperimen sains

Anak-anak dengan rasa keingintahuan mereka yang tinggi pasti akan suka kegiatan ini. Mereka bisa belajar langsung perubahan reaksi kimia atau fisika dari benda-benda yang biasa mereka jumpai sehari-hari. EFparents tidak perlu bingung, banyak eksperimen sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah seperti:

  • eksperimen perubahan suhu menggunakan air dan pewarna makanan,

  • ekperimen listrik statis menggunakan balon,

  • eksperimen gunung meletus dengan soda kue, sabun cuci piring dan cuka.

  • eksperimen berat jenis menggunakan air, garam dan telur.

Mencari Harta Karun (Treasure Hunt)

eksperimen sains

Tumbuhkan jiwa petualangan dan kemampuan pemecahan masalah si kecil lewat permainan ini. Kamu bisa siapkan berbagai rintangan dan kuis yang harus diselesaikan untuk bisa menemukan harta karun. Siap buat akhir pekan jadi lebih seru?

Berkeliling Dunia

eksperimen sains

Menghafal nama-nama negara dalam bahasa Inggris dan benderanya bisa jadi lebih menyenangkan dengan cara ini. Yang perlu kamu siapkan adalah peta dunia berukuran besar dan bendera negara untuk ditempelkan ke peta.

Membuat Prakarya

eksperimen sains

Kesenian tidak selalu tentang menggambar atau menyanyi. Kamu dan si kecil bisa membuat prakarya seperti hiasan dinding, ornamen meja, dan lain-lain. Beberapa ide prakaya yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • membuat bangun datar dan bangun ruang menggunakan kawat dan sedotan

  • membuat origami hewan

  • mengenal percampuran warna menggunakan cat

  • membuat hiasan dari tas spunbond bekas

Selain kegiatan-kegiatan di atas yang bisa dilakukan di rumah, kamu juga bisa ajak si kecil belajar di luar seperti pergi menontin film ke bioskop, mengenal hewan di kebun binatang atau taman safari, menyelesaikan teka-teki di escape room, ikut kelas memasak, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya. Kamu bisa temukan di sekitarmu ya!

Oh iya, kamu juga bisa sekaligus menyisipkan bahasa Inggris pada kegiatan-kegiatan tersebut. It’s like killing two birds with a stone!

Tahukah kamu kalau berbagai kegiatan yang Tom sebutkan di atas bisa diikuti semua EFstudents lewat kegiatan ekstrakurikuler EF LifeClub? Yup, kursus di EF tidak cuma belajar bahasa Inggris di kelas, tapi juga ada banyak kegiatan edukatif yang bisa diikuti seluruh siswa sesuai minatnya.

Yuk bebaskan anak-anak mengeksplor minat dan bakatnya sambil belajar bahasa Inggris bersama guru-guru terbaik EF. Kamu bisa coba daftarkan si kecil di kelas gratis EF. Cukup daftarkan nomor handphonemu lalu datang ke EF center terdekat sesuai jadwal kelas yang sudah ditentukan.

Klaim kursimu sekarang ya sebelum kehabisan!