Menu
kegiatan anak di bulan ramadhab
News and Lifestyle

Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak yang Bikin Waktu Cepat Berlalu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.14

Marhaban ya Ramadhan! Selamat menjalankan ibadah puasa bagi EFparents dan EFriends yang menjalankan. Buat anak-anak, menunggu waktu berbuka terasa sangat lama. Supaya tidak bosan, Tom punya rekomendasi kegiatan kreatif di bulan Ramadhan untuk anak-anak. Ayo lihat!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apakah anak-anak kamu sudah mulai belajar berpuasa? Yuk ciptakan suasana Ramadhan yang menyenangkan untuk si kecil dengan beberapa kegiatan kreatif ini. Tidak cuma membantu mereka memahami pentingnya bulan suci Ramadhan, tapi juga menanamkan nilai-nilai positif untuk kehidupan mereka.

dekorasi ramadhan

Membuat Dekorasi Ramadhan dan Lebaran

Buat suasana Ramadhan semakin terasa di rumah dengan ornament-ornamen Ramadhan yang ceria. Kamu dan si kecil bisa membuat dekorasi seperti lampion, hiasan dinding, atau kaligrafi. Lewat kegiatan kreatif ini, mereka akan ikut merayakan kegembiraan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri.

Membuat Takjil Bersama

Momen ini bisa sekaligus mengajarkan anak untuk bersabar, menjadikan momen berbuka sebagai momen yang dinanti. Kamu dan si kecil bisa bekerja sama membuat menu berbuka yang mudah. Tom juga punya rekomendasi menu berbuka puasa selama satu bulan, lho.

Cek: Ide Menu Berbuka Puasa Selama 30 Hari

Merangkai Parcel Lebaran

Suasana Ramadhan dan lebaran kurang lengkap kalau tidak saling berkirim parcel. Untuk kamu yang suka berkirim hantaran saat menuju lebaran, kamu bisa melibatkan anak-anak dalam aktivitas ini. Mulai dari memilih kemasan parcel, membuat dekorasi sampai membuat kartu ucapan lebaran, kamu bisa mengajarkan anak-anak tentang indahnya berbagi.

Bermain Game Bertema Ramadhan

Momen Ramadhan harusnya menjadi momen untuk memperdalam ilmu agama. Kamu bisa ajak anak bermain game yang berhubungan dengan Islam dan Ramadhan. Misalnya flashcard untuk menghafal nama nabi, atau kuis hafalan surah pendek. Jangan lupa untuk memberi hadiah kecil saat mereka bisa menyelesaikan permainannya ya.

Scavenger Hunt Charity

Anak-anak mana yang tidak suka berpetualang memecahkan misteri? Scavenger hunt bisa jadi permainan ngabuburit yang sempurna! Kamu juga bisa mengajarkan anak-anak tentang bersedekah lewat permainan ini. Caranya, kamu perlu menyiapkan berbagai misi yang harus diselesaikan anak-anak. Di setiap misi yang berhasil diselesaikan, mereka akan mendapat poin atau uang yang bisa digunakan untuk bersedekah. Saat mereka berhasil menyelesaikan semua misi, beri hadiah tambahan untuk mereka nikmati.

Mendorong kreativitas anak-anak sekaligus menumbuhkan kecintaan untuk belajar tentang Islam adalah inti dari kegiatan di atas. Jadi, pastikan setiap aktivitas berkontribusi pada pertumbuhan spiritual anak dan hubungannya dengan keimanan mereka. Kamu juga bisa menjadikan beberapa aktivitas di atas sebagai tradisi di rumah. Seru kan?

Oh iya, ada satu lagi kegiatan seru yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa yaitu dengan ikut kelas gratis dari EF. Anak-anak akan belajar bahasa Inggris lewat kegiatan seru dan praktikal bersama teman baru dan dibimbing oleh pengajar profesional di EF. Sstt, kamu juga bisa mendapat promo spesial kalau mendaftar kursus di bulan ini, lho!

Yuk daftarkan si kecil sekarang dan nikmati promonya.