Menu
kata penghubung

Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

grammarkonjungsistructure
2020.05.17

Bahasa Inggris adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari. Bagaimanapun juga, belajar bahasa Inggris tidak hanya berkenaan dengan arti kata dan pembendaharaan kata namun harus juga mempelajari struktur kalimat itu sendiri.

Dalam setiap kalimat di bahasa, terutama bahasa Inggris, ada salah satu jenis unsur yang terbilang mudah untuk dipelajari, tapi akan berakibat fatal bila tidak dipahami secara benar. Unsur tersebut adalah kata penghubung atau conjunction.

Kata penghubung secara umum dapat diartikan sebagai kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Dalam bahasa Inggris, conjunction adalah salah satu unsur kalimat dalam bahasa Inggris yang menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Ada tiga jenis kata penghubung dalam bahasa Inggris, yaitu:

Coordinating Conjunction

Adalah kata penghubung yang menghubungkan kalimat satu dengan yang lainnya yang sederajat. Diantaranya adalah: For, And, Nor, But, Or, Yet, So yang bisa dihafalkan dengan singkatan FANBOYS.

Contoh:

John play music well, but he cannot sing.

You have to go right now, so you will not miss the bus.

Correlative Conjunction

Adalah kata penghubung yang dipakai untuk menghubungkan unsur-unsur kalimat antara kata dengan kata, frase dengan frase, dan klausa dengan klausa. Kata penghubung jenis ini selalu berpasangan. Diantaranya adalah: Not only … But Also, Neither … Nor, Either…Or, Not … But.

Contoh:

Either I take fifteen minutes to walk every day, or join the gym for a month.

My mother is not only good at speaking English, but also speaking Japanese.

Subordinating Conjunction

Adalah kata sambung yang menghubungkan antara anak kalimat dan induk kalimat. Artinya jika tidak menggunakan kata sambung, maka salah satu kalimat akan sukit untuk dimengerti apabila ia berdiri sendiri. Diantaranya adalah: After, Before, Whether, As, How, Then, Where, Although, Since, Though, While, Because, Until, etc.

Contoh:

I will pick you up at 9 o’clock after I finish my job.

The proposal will never be approved until the requirements filled.

Temukan juga cara belajar Grammar dengan mudah dan menyenangkan bersama EF dan materi unik yang dimilikinya. Penasaran? Yuk, isi nomormu pada kolom berikut!

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.