Menu
bermain lego
Reading and Writing

Kata Imbuhan dalam Bahasa Inggris: Affix

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.27

Ketika EFriends mendalami bahasa Inggris, salah satu konsep penting yang perlu kamu pahami adalah imbuhan. Kamu pasti pernah mendengar tentang imbuhan dalam pelajaran bahasa Indonesia, kan? Ternyata, konsep ini juga berlaku dalam bahasa Inggris, lho! Jadi, ayo kita pelajari lebih dalam tentang imbuhan dalam bahasa Inggris: affix, prefix, suffix, dan infix.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pertama-tama, apakah EFriends pernah mendengar kata disagree, handsfull, dan happiness? Ketiga kata ini memiki imbuhan yang diletakkan di awal, tengah, dan akhir pada kata aslinya lho! Imbuhan awal, tengah dan akhir ini disebut affix dalam bahasa Inggris. Lalu bagaimana bentuk dari affix?

macam kegiatan motorik anak

Apa Itu Affix?

Affix adalah elemen yang bisa ditambahkan ke akar kata (root word), baik di awal (prefix) maupun di akhir (suffix). Dengan menambahkan affix, kita bisa membentuk kata baru atau mengubah makna kata asli. EFriends, affix adalah induk dari prefix, suffix, dan infix, dan tidak bisa berdiri sendiri sebagai kata.

Prefix

Pertama adalah prefix. Prefix merupakan imbuhan yang ditempatkan di awal kata asli. Dengan menambahkan prefix, EFriends bisa memberikan makna yang berbeda pada kata tersebut. Misalnya, "un-" untuk menunjukkan negasi, atau "pre-" untuk mengindikasikan sesuatu yang terjadi sebelumnya.

Contoh penggunaan prefix:

  • "Antiseptic" (anti- + septic)

  • "Autopilot" (auto- + pilot)

Ingat EFriends, saat menambahkan prefix, ejaan kata dasarnya tidak boleh diubah.

Suffix

Imbuhan selanjutnya adalah suffix. Imbuhan ini yang ditempatkan di akhir sebuah kata untuk membentuk kata baru atau mengubah makna atau fungsi kata dasar tersebut. EFriends, imbuhan ini merupakan bagian penting dalam proses pembentukan kata dalam bahasa lho.

Dalam bahasa Inggris, suffix dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • Membentuk kata benda (noun): Contohnya, dengan menambahkan suffix "-tion" pada kata dasar "operate," kita membentuk kata benda "operation."

  • Membentuk kata sifat (adjective): Misalnya, dengan menambahkan suffix "-ful" pada kata dasar "care," kita membentuk kata sifat "careful."

  • Membentuk kata keterangan (adverb): Contoh, dengan menambahkan suffix "-ly" pada kata dasar "quick," kita membentuk kata keterangan "quickly."

  • Membentuk kata kerja (verb): Seperti menambahkan suffix "-ize" pada kata dasar "modern," membentuk kata kerja "modernize."

  • Selain itu, suffix juga bisa digunakan untuk menunjukkan hubungan gramatikal seperti bentuk jamak (plural), bentuk kepemilikan (possessive), bentuk waktu (tense), dan lain sebagainya.

Infix

Terakhir, infix termasuk jenis imbuhan yang ditempatkan di tengah atau disisipkan pada kata dasar. Ini adalah imbuhan yang jarang digunakan dalam bahasa Inggris. Pada bahasa Inggris, infix sering kali hanya terlihat pada bentuk jamak beberapa kata tertentu.

Sebagai contoh, EFriends bisa melihat penggunaan infix dalam kata "cupful" yang bila diubah menjadi bentuk jamaknya menjadi "cupsful". Di sini, infix yang digunakan adalah "s" yang disisipkan di tengah kata "cupful" untuk membentuk bentuk jamaknya. Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan infix dalam bahasa Inggris sangat terbatas dan lebih sering ditemui dalam kasus-kasus tertentu seperti contoh di atas.

Nah, bagaimana sampai sini sudah paham belum mengenai pengertian dan macam bentuk dari affixes khususnya prefix, suffix dan infix? Imbuhan adalah bagian penting dari pembentukan kata dalam bahasa Inggris. Dengan mengerti tentang affix, prefix, infix, dan suffix, kita dapat memahami struktur kata dengan lebih baik.

Kalau masih bingung, tenang aja, kamu bisa belajar secara intensif bersama guru EF yang profesional. Yuk belajar di EF, kamu juga bisa mencoba kelas gratisnya lho. Jangan ragu untuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu ya!