Menu
Kartun sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris
Education Advice

Kartun sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris

parenting tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.10.21

Anak Anda sering menonton kartun di TV atau YouTube? Daripada memarahinya karena terlalu sering menonton, Anda bisa loh menjadikan aktivitas menonton kartun menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Gimana caranya?

Salah satu manfaat dari keberadaan kartun adalah sebagai sarana belajar bahasa yang efektif. Jadi jika anak Anda senang menonton tayangan kartun berbahasa Inggris, ini justru merupakan kesempatan emas baginya untuk belajar bahasa Inggris. Mengapa bisa demikian? Yuk simak penjelasannya!

Beli Kursus, Bisa Gratis Kursus?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF dengan potongan harga khusus* dan kesempatan mendapatkan program gratis*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kartun Bantu Anak Serap Bahasa Inggris Secara Alami

Anak-anak adalah pembelajar yang cepat, terutama bila mereka belajar karena rasa keingintahuan mereka sendiri, bukan mendapat paksaan dari orang lain. Hal ini juga berlaku saat mereka mempelajari suatu bahasa asing. Seorang ahli linguistik bernama Stephen Krashen juga menyatakan bahwa pembelajaran bahasa baru akan lebih efektif diserap anak jika dilakukan secara alami atau seolah-olah mereka tidak sedang belajar secara khusus.

menonton kartun bersama-sama

Kartun berbahasa Inggris adalah media yang tepat untuk ini. Anak-anak akan sangat mudah merasa tertarik dengan kartun karena tampilan visualnya yang menarik. Sehingga, tanpa disuruh pun mereka akan dengan senang hati menontonnya. Kemudian, bahasa Inggris yang digunakan dalam kartun adalah bahasa Inggris yang simpel dan memang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Selama mereka menontonnya, tanpa disadari mereka pun menjadi terbiasa mendengar dan menyerap kata-kata dalam bahasa Inggris itu secara alami.

Kartun Tingkatkan Berbagai Skill Bahasa Inggris Anak

Ketika sudah senang dan terbiasa mendengar kata-kata berbahasa Inggris, yang dapat terjadi berikutnya adalah anak-anak termotivasi untuk memahami apa yang dikatakan oleh para karakter kesayangan mereka. Dengan begitu, kemampuan bahasa Inggris anak dalam berbagai aspek menjadi terasah. Mulai dari listening, speaking, dan juga menambah kosakata mereka.

kartun kesukaan anak-anak

Untuk listening tentunya mereka menjadi terbiasa mendengarkan orang berbicara bahasa Inggris berikut cara pengucapan suatu kata dengan benar. Kemudian, mereka juga menjadi mengetahui banyak kosakata baru serta konteks penggunaannya dalam berkomunikasi. Dengan visual yang jelas, konteks penggunaan sebuah kata dan kalimat menjadi bisa dipahami secara mudah. Kemampuan speaking bahasa Inggris anak pun bisa terasah saat mereka terdorong untuk berbicara dan bertingkah laku seperti karakter favorit mereka.

Tips untuk Orang Tua

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran penting untuk mendukung kegiatan belajar anak Anda, termasuk saat mereka menonton kartun. Terdapat beberapa tips untuk Anda untuk mengoptimalkan kartun sebagai sarana belajar bahasa Inggris anak, seperti:

  1. Memilihkan tontonan kartun yang cocok untuk anak Anda

  2. Ikut menonton bersama anak sehingga Anda juga bisa ikut tahu jalan cerita dan karakter-karakter di kartun tersebut

  3. Setelah menonton, bangun interaksi dengan anak dengan menanyakan hal-hal seputar kartun yang baru saja ditonton

Jika ingin lebih efektif lagi, Anda juga dapat mendaftarkannya ke EF, kursus bahasa Inggris yang memang menggunakan kartun sebagai sarana pembelajaran. Sehingga, selain visual yang menarik, kartunnya juga dirancang khusus agar sesuai dengan pelajaran bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Anak pun bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan anak Anda karena sampai tanggal 23 Oktober, Anda berkesempatan untuk mendapatkan voucher khusus yang bisa didapatkan dengan menemukannya di halaman ini.

Selamat belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben