Menu
bahasa asing
Education Advice

Kapan Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris? Cek Studinya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.08.21

Menjadi bilingual adalah hal yang normal. Terutama menguasai Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Pertanyaannya, kapan anak bisa mulai belajar bahasa asing? Berapa usia yang ideal? Baca uraian di bawah ini ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pertanyaan-pertanyaan tadi sering sekali diajukan oleh orang tua saat buah hati mulai bisa berbicara. Bagaimana tidak? Di era sekarang, menjadi bilingual, mampu menguasai minimal satu bahasa asing sudah menjadi keharusan.

Mampu menguasai bahasa Inggris akan membantu anak mendapat sumber informasi lebih banyak, membuka dunia pengetahuan yang lebih lebar.

Lalu, apa ya kata para ahli tentang mengajarkan bahasa Inggris, atau bahasa kedua secara umum ke anak?

Lebih awal lebih baik

permainan belajar bahasa asing

Dalam Journal of English Education and Society (JESS), ditegaskan bahwa penguasaan bahasa kedua harus dimulai sedini mungkin. Dibutuhkan pendekatan holistik dimana bahasa kedua perlu dilibatkan dalam keseharian anak. Lewat cara yang sama seperti bagaimana mereka belajar bahasa ibunya.

Kenapa begitu ya EFriends? Hal ini karena di awal-awal tahun kehidupan seorang anak, otaknya dipersiapkan untuk belajar bahasa secara alami. Tidak ada teori grammar dan struktur. Anak-anak hanya mendengakan dan meniru apa yang terjadi di sekitar mereka.

Inilah alasan kenapa anak-anak yang belajar bahasa asing sejak dini bisa punya aksen yang natural dan kosa kata yang lebih beragam.

Baca juga: Teori Pemerolehan Bahasa, Bagaimana Cara Anak Belajar Bahasa?

Belajar bahasa asing sejak usia 3 tahun

belajar sejak dini

Berdasarkan studi dari Harvard University tentang perkembangan anak, usia 18-36 bulan merupakan usia kritis dimana anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa mereka dengan cepat.

EFriends tahu tidak? Bahasa memainkan peran penting dalam membantu anak-anak mengidentifikasi pikiran dan tindakan mereka, serta memahami dan mengikuti aturan yang semakin kompleks. Krusial sekali, kan?

Dalam ilmu perkembangan anak dikenal istilah kemampuan fungsi eksekutif (executive function) dan kemampuan pengaturan diri (self-regulation). Kemamapuan ini tumbuh pesat di usia 3-5 tahun.

Nah, kedua kemampuan ini berkaitan dengan tiga fungsi utama otak: memori kerja (working memory), fleksibilitas mental (mental flexibility), dan pengendalian diri (self-control). Maka dari itu anak-anak di usia ini sudah mulai bisa memahami aturan dan struktur, Jadi, aktivitas yang dilakukan harus bisa disesuaikan dengan kemampuan setiap anak ya EFriends

Itu tadi beberapa penelitian yang menjelaskan usia ideal anak untuk belajar bahasa asing. Setelah membacanya, kamu mungkin jadi bertanya-tanya, apakah terlambat kalau baru mulai mengajarkan anak bahasa Inggris di atas usia tersebut?

Tentu saja tidak, ya! Tidak ada kata terlambat untuk belajar kok, EFriends!

EF punya program kursus yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak-anak. Mulai dari usia 3 tahun sampai 18 tahun, Dengan metode pengajaran di EF yang unik, tidak hanya mengasah kemampuan berbahasa Inggris, tapi juga softskill yang dibutuhkan anak untuk jadi No. 1.

Penasaran dengan keseruan kelas EF? Yuk daftarkan buah hati, adik dan saudara ikut program Free Demo Class EF. Cukup daftarkan nomor handphone, kamu sudah bisa ikut kelas gratis! Mudah kan? Ayo daftar sekarang!