Menu
even though
Grammar and Vocabulary

Kapan Penggunaan Even Though, Even If, Even When

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.21

Dalam percakapan Bahasa Inggris seringkali kita mendengar kata-kata seperti even though, even if, and even when. Memang kata-kata tersebut terlihat mirip, namun apakah semuanya memiliki arti dan makna yang sama? Nah, kali ini Tom akan mengajak kamu mempelajari hal tersebut. Yuk simak artikel ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam Bahasa Inggris selalu ada kata yang mirip satu sama lain namun memiliki makna yang berbeda. Penggunaannya juga dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Kata “even” pada even though, even if dan even when adalah kata sambung (conjunction) yang memiliki makna untuk menekankan sesuatu yang terjadi pada situasi berbeda dari yang diharapkan. 

Konjungsi tersebut merupakan kata interchangeable atau tidak dapat digantikan. Agar EFriends tidak bingung, Tom akan menjelaskan kapan penggunaan even though, even if dan even when.  

Even though

Kata even though ini memiliki arti “meskipun” yang kegunaannya adalah untuk membandingkan dua hal yang berbeda.

Biasanya konjungsi ini digunakan dalam kalimat dimana ada dua hal yang berbeda atau mungkin saling bertentangan. Berikut adalah contohnya:

  • Even though he never finished collage, he runs a successful PR Company.

  • The alarm woke me up, even though it wasn't very loud.

  • Even though I was late, my teacher wasn't angry.

Pada contoh kalimat di atas “even though” menunjukkan perbedaan antara apa yang diharapkan terjadi dan apa yang sebenarnya terjadi. 

Even if

Selanjutnya even if memiliki arti bahkan jika” digunakan untuk menjelaskan kejadian yang tidak diharapkan namun mungkin terjadi.

Termasuk kata hubung berlawanan sebagai penghubung antar kata. Konjungsi ini memiliki makna pengandaian terhadap sesuatu yang terjadi.Berikut adalah contohnya:

  • They will go to university even if it rains tomorrow.

  • He will still drive to the gym even if it snows tomorrow.

  • Even if we run, we’ll be late.

Kalimat diatas menunjukan adanya pengandaian yang terjadi pada kegiatan yang akan dilakukan walaupun belum terjadi.

Even when

Penggunaan kata konjungsi yang terakhir adalah even when. Even when ini memiliki arti “walaupun saat” menjelaskan mengenai hal realistis yang terjadi pada saat itu juga atau hal yang sudah terjadi. Berikut adalah contohnya:

  • Even when he studied hard, he still lazy

  • Even when I talk slowly, they don't understand.

  • There is no believing a liar, even when he speaks the truth.

Kata "even when" dalam sebuah kalimat diatas, yang menunjukkan bahwa sesuatu yang realistis sedang dikatakan.

Apakah kamu sudah mengerti penggunaan konjungsi even though, even if, dan even when? Jika sudah kamu bisa langsung mempraktekkannya untuk memperlancar Bahasa Inggrismu. Semakin lancar deh ngomong Inggris! 

Kalau kamu masih kebingungan, jangan khawatir ya EFriends! Kamu masih bisa konsultasi dan bertanya kepada guru-guru yang sudah ahli di EF loh!

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai penggunaan kalimat dalam Bahasa Inggris kamu bisa bergabung dengan EF. Temukan berbagai macam cara belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan bersama EF dan materi unik yang dimilikinya. Penasaran? Yuk, segera daftar!