Menu
jenis tes toefl
Education Advice
2020.05.02

Kalian pasti sudah tidak asing dengan TOEFL. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas AS atau universitas negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan sebagai syarat untuk masuk ke universitas yang diinginkan. Ujian atau Tes TOEFL diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah jenjang S1, S2, atau S3. Biasanya hasil tes TOEFL digunakan sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa. Ada beberapa bagian dalam tes TOEFL yang masing-masing harus diikuti calon mahasiswa antara lain:

• Reading

Pada bagian ini mahasiswa harus menjawab pertanyaan tentang ide-ide utama, detail, kesimpulan, informasi penting, kalimat penyisipan, kosakata, tujuan retoris dan ide-ide secara keseluruhan berkaitan dengan bacaan yang sudah diberikan.

• Listening

Test-taker akan membuat pertanyaan kepada mahasiswa ketika mahasiswa mendengarkan bahan listening yang sudah diberikan. Setiap percakapan dikaitkan dengan lima pertanyaan. Pertanyaan dimaksudkan untuk mengukur kemampuan untuk memahami ide-ide utama, detail penting, implikasi, hubungan antara ide-ide, organisasi informasi, tujuan pembicara dan sikap speaker.

• Speaking

Mahasiswa diberikan suatu topik yang nantinya akan ada pertanyaan seputar topik tersebut dan harus dijawab menggunakan bahasa Inggris. Lalu tes berikutnya yaitu menyampaikan ide-ide atau pendapat sesuai dengan topik yang dibahas.

• Writing

Bagian ini berguna mengukur kemampuan dalam menulis menggunakan bahasa Inggris dengan tenses yang baik. Ada dua bagian dalam tes writing: integrasi dan independen. Dalam tes integrasi, mahasiswa harus menuliskan satu ringkasan yang sudah dibahas oleh penguji. Sedangkan untuk tes independen, mahasiswa harus menulis esai yang menyatakan pendapat atau pilihan mereka ditambah dengan penjelasannya.

Sekarang ini banyak kursus-kursus bahasa Inggris yang menawarkan tes TOEFL. Salah satunya adalah English First (EF). EF merupakan tempat kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik. Bagi kalian yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ataupun ikut tes TOEFL bisa langsung daftar di EF.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku