Menu
thesaurus
Reading and Writing

Jalan-Jalan di Dunia Kata: Mengenal Thesaurus

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.08.11

Siapa yang memiliki hobi menulis? Kali ini, Tom akan ajak EFriends berbincang tentang sesuatu yang akan bermanfaat untuk kamu sebagai seorang penulis, pelajar, atau siapa pun yang sering bermain-main dengan kata-kata. Ya, kita akan mengenal lebih dekat tentang thesaurus!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Thesaurus mungkin akan menjadi sahabat bagi kamu yang suka menulis. Jika kamu pernah mengalami momen dimana otakmu seperti "kosong" dan tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk menyatakan ide atau perasaanmu, maka thesaurus adalah jawabannya! Thesaurus adalah kumpulan kata-kata sinonim, artinya kata-kata dengan makna yang mirip atau serupa dengan kata yang di cari. Jadi, jika kamu tidak ingin terus-menerus menggunakan kata yang sama dalam tulisan, thesaurus adalah alat yang sangat berguna untuk menemukan variasi kata yang lebih menarik. Ingatlah  thesaurus bukanlah kamus. Kamus memberikan definisi kata, sedangkan thesaurus memberikan daftar kata dengan makna serupa (sinonim). Jadi, ketika kamu kebingungan mencari kata yang pas untuk menggambarkan sesuatu, thesaurus akan membantu dengan memberikan alternatif kata-kata yang bisa digunakan.

Manfaat Menggunakan Thesaurus

dictionary thesaurus

Masih ragu dalam menggunakan thesaurus? Kalau iya, berikut adalah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu mulai menggunakan thesaurus dalam menulis atau berbicara:

  • Memperkaya kosakata: thesaurus membantu dalam menemukan kata-kata baru yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Hal ini akan membantu kamu untuk menulis sekaligus berbicara, sehingga membuat komunikasi lebih menarik dan informatif.

  • Pilihan kata yang tepat: thesaurus menyediakan berbagai alternatif kata dengan nuansa makna yang berbeda. Dengan menggunakan kata yang tepat, kamu dapat menyampaikan isi pikiran dan perasaan secara lebih spesifik dan efektif.

  • Hindari pengulangan kata: Dalam menulis, terkadang kita cenderung menggunakan kata yang sama berulang-ulang. thesaurus membantu kamu menemukan kata-kata sinonim yang berfungsi sebagai variasi yang menarik.

  • Penggunaan bahasa yang lebih kreatif: Dengan mengeksplorasi thesaurus, kita dapat menemukan cara baru untuk menyampaikan pesan atau ide yang seringkali lebih kreatif dan berwarna.

  • Meningkatkan pemahaman bahasa: Menggunakan thesaurus memungkinkan kamu untuk memahami lebih baik hubungan antara kata-kata dalam bahasa dan bagaimana sinonim atau antonim berhubungan dalam konteks yang berbeda.

Cara Menggunakan Thesaurus

apa itu thesaurus

Thesaurus dapat ditemukan dalam bentuk cetak maupun digital. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan thesaurus:

  • Cari dalam kamus thesaurus: Buku thesaurus berbentuk kamus tersedia di toko buku. Cari kata yang ingin kamu ganti dan temukan daftar sinonim yang relevan.

  • Gunakan thesaurus online: Ada banyak situs web dan aplikasi yang menyediakan thesaurus online. Cukup ketikkan kata yang ingin  di ganti, dan kamu akan mendapatkan daftar sinonim atau kadang-kadang antonim.

  • Mencari di mesin pencari: Saat mencari sinonim, kamu juga bisa menambahkan "sinonim" diikuti dengan kata yang ingin digantikan pada mesin pencari, seperti Google. Kamu akan mendapatkan hasil yang relevan dari berbagai sumber thesaurus online.

Tujuan utama dari thesaurus adalah membantu kamu memperluas kosakata dan memberikan alternatif kata-kata yang lebih tepat dalam situasi tertentu pada suatu tulisan atau perkataan. Dengan begitu, kamu dapat menghindari repetisi dan mengekspresikan ide dengan lebih mudah.

Pastikan kata-kata yang kamu pilih tetap sesuai dengan konteks kalimat dan tidak mengubah makna keseluruhan tulisan. thesaurus juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis kita karena kita akan terbiasa dengan berbagai pilihan kata-kata yang lebih beragam. Oh ya, jangan lupa, thesaurus juga dapat membantu kamu saat ingin menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah yang meminta kamu untuk menggali kata-kata lebih banyak. Jadi, thesaurus bukan hanya berguna untuk penulis, tetapi juga bagi para pelajar! Jadi, ayo manfaatkan thesaurus dengan bijak dan buatlah tulisan-tulisanmu lebih menarik! Selamat menulis, ya!

Di EF, selain belajar Bahasa Inggris kamu juga akan mempelajari banyak hal yang akan memberikanmu pengalaman dan pengetahuan yang mengesankan. Tentu saja banyak tips-tips yang akan sangat berguna bagi kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Kamu juga akan ditemani dengan guru-guru yang profesional. Pasti seru dan dapat banyak pengalaman dan tips tak terlupakan! Yuk, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu menjadi EF Student! Kesempatan terbatas!

Tom tunggu di kelas ya!