Menu
nama daging dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Istilah Nama Daging dalam Bahasa Inggris, Jangan Tertukar Ya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.15

Kalau selama ini yang kamu tahu bahasa Inggrisnya daging adalah meat, kamu tidak salah EFriends. Secara umum, daging dalam bahasa Inggris memang disebut meat. Tapi, bagaimana dengan penyebutan daging ayam atau ikan? Tom akan jelaskan di sini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Siapa EFriends yang suka ikut mama belanja ke supermarket? Kalau kamu perhatikan, di setiap supermarket pasti ada etalase yang memajang berbagai jenis daging. Mulai dari daging merah, daging ayam, sampai ikan yang masih hidup. Hari ini, ayo mengenal berbagai nama daging dalam bahasa Inggris.

jenis daging di supermarket

Perbedaan Flesh dan Meat

Kalau kamu cek di kamus bahasa Inggris-Indonesia atau di Google Translate, bahasa Inggrisnya daging pasti ada dua pilihan yaitu flesh dan meat. Kamu harus hati-hati ya, karena makna kedua kata tersebut berbeda. Flesh adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jaringan lunak atau daging secara umum. Misalnya human flesh, dan tiger flesh. Meat adalah istilah untuk menyebutkan jaringan lunak atau daging yang khusus untuk dikonsumsi.

Nama-nama Daging dalam Bahasa Inggris

Setelah kamu tahu perbedaan flesh dan meat, saatnya kita membedah lebih dalam istilah-istilah daging yang dijual di supermarket. Secara umum, daging dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu daging merah, daging unggas dan hasil laut.

Daging Merah = Red Meat

Seperti namanya, daging merah adalah kelompok untuk semua daging yang saat mentah berwarna merah. Istilah bahasa Inggris untuk menyebut daging merah adalah red meat atau lean meat. Yang termasuk dalam daging merah adalah

Daging sapi = Beef

Daging kambing = Lamb

Daging babi = Pork

Daging Unggas = Poultry

Berikutnya adalah daging unggas, atau yang dalam bahasa Inggris disebut poultry. Poultry juga bisa digunakan untuk menyebut hasil telur, tidak cuma daging saja. Yang temasuk dalam kategori poultry adalah:

Daging ayam = Chicken meat

Daging bebek = Duck meat

Daging kalkun = Turkey

Hasil laut = Seafood

Setelah mengenal jenis-jenis daging darat, waktunya kita pindah ke air nih EFriends. Seluruh daging yang berasal dari hewan laut disebut seafood. Seafood sendiri dibagi dua golongan lagi, yaitu ikan (fish) dan hewan bercangkang (shellfish). Beberapa contoh seafood yaitu:

Kepiting = Crab

Lobster = Lobster

Udang = Shrimp (American English) / Prawn (British English)

Cumi-cumi = Squid

Tiram = Oyster

Kerang = Clam

Ikan nila = Tilapia

Jeroan = Offal

Bagian ini tidak boleh terlewat, EFriends. Meskipun tidak semua orang suka dan mengonsumsinya, bagian organ dalam atau jeroan hewan juga harus kamu ketahui. Dalam bahasa Inggris, organ dalam atau jeroan disebut offal, variety meats, pluck atau organ meats. Biasanya, jeroan yang dimakan adalah jeroan sapi, ayam, dan babi. Beberapa jenis jeroan yang umum dikonsumsi masyarakat antara lain:

Babat = Tripe

Otak = Brain

Lidah = Tongue

Usus = Intestine

Hati = Liver

Paru-paru = Lungs

EFriends, sekarang kamu sudah belajar mengenal nama-nama daging dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu bisa praktikkan lewat percakapan langsung di supermarket atau lewat bermain peran bersama teman.

Kalau kamu mau lebih lancar ngobrol dalam bahasa Inggris, yuk daftar kursus di EF! Ada penawaran menarik untuk kursus pertamamu, lho.

Kalau masih ragu, kamu juga bisa coba ikut kelas gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF di Indonesia. Kamu hanya perlu mendaftakan nomor HP di form yang tersedia. Mudah kan?

Siap jadi jago bahasa Inggris?