Menu
Istilah teknik memasak dalam bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

Istilah-Istilah Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.08

Untuk kamu yang tertarik dalam kegiatan memasak, ternyata ada banyak teknik berbeda yang digunakan untuk mengolah bahan makanan, lho! Pastinya tiap teknik digunakan untuk keperluan yang berbeda dan memiliki hasil yang berbeda pula. Kira-kira, apa kamu tahu bahasa Inggris teknik memasak dalam bahasa Inggris?

Memasak bisa menjadi kegiatan yang sangat mengasyikan. Mulai dari menyiapkan bahan makanan, meracik bumbu, mengolahan bahan, hingga menyajikan makanan untuk siap dimakan. Bahkan ketika memasak kita bisa bereksperimen untuk menghasilkan menu makanan yang lezat. Apalagi ketika orang lain menyukai masakan kita, rasanya pasti menyenangkan!

Nah, berikut merupakan istilah-istilah teknik memasak dalam bahasa Inggris yang umum digunakan:

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Slicing

memotong bahasa inggris

Slicing berasal dari kata dasar slice yang berarti iris. Mengiris adalah istilah dalam memasak yang berarti memotong dengan bentuk potongan yang tipis dan seragam. Apakah kamu tahu bahwa slicing merupakan istilah umum dalam memasak? Hampir setiap buah atau sayuran bisa diiris, begitu juga dengan bahan lain seperti keju dan roti.

2. Chopping

mengiris bahasa inggris

Selain kata slice, chop juga berarti memotong. Namun, arti kata chop lebih spesifik yang berarti memotong sebuah obyek menjadi potongan kecil atau besar dan bentuk yang tidak teratur.

3. Boiling

merebus bahasa inggris

Boiling atau merebus adalah teknik memasak makanan dengan menggunakan zat cair yang telah dipanaskan. Secara umum air paling sering digunakan untuk merebus bahan makanan. Namun, apakah tahukah kamu bahwa susu dan santan juga bisa digunakan dalam teknik boiling, lho!

4. Steaming

mengukus bahasa inggris

Apabila boiling artinya merebus, steaming disebut sebagai istilah mengukus. Tidak seperti merebus, ketika melakukan steaming makanan terpisah dari air dan hanya bersentuhan langsung dengan alat kukus. Cara bekerja steaming cukup unik yakni menciptakan panas dari air mendidih yang kemudian uap tersebut akan membawa panas ke makanan.

5. Deep Frying

menggoreng bahasa inggris

Apakah kamu suka makan kentang goreng? Nah, kentang goreng biasa dimasak dengan teknik deep frying atau menggoreng dengan minyak yang banyak. Apabila memasak makanan menggunakan teknik deep fry, kamu harus memastikan bahwa makanan  terendam sepenuhnya di dalam minyak.

6. Sautéing

menumis bahasa inggris

Teknik memasak yang satu ini datangnya dari kata dalam bahasa Perancis yang berarti menumis. Apabila metode deep frying diatas menggunakan banyak minyak, sautéing menggunakan hanya sedikit minyak atau lemak dengan api yang relatif tinggi.

7. Pan-Searing

memanggang singkat bahasa inggris

Berkenalan dengan teknik masak selanjutnya yakni searing atau yang lebih sering disebut sebagai pan-searing. Teknik pan-searing mengandalkan suhu yang tinggi untuk menambah tekstur lezat di makanan yang dimasak. Protein seperti daging, unggas, atau ikan paling cocok dimasak dengan menggunakan pan-searing.

8. Roasting

memanggang bahasa inggris

Secara umum, arti dari roasting adalah memanggang. Namun, teknik roasting digunakan dengan cara api tidak terkena secara langsung ke bahan makanan. Maka dari itu, proses roasting biasanya memakan waktu lebih lama untuk matang.

9. Grilling

membakar daging bahasa inggris

Meski memiliki arti yang sama dengan roasting yakni memanggang, kira-kira apa perbedaannya dengan teknik grilling? Pada teknik grilling makanan biasanya diletakan pada panggangan di atas api atau bara api hingga matang. Proses grilling lebih cepat daripada roasing karena intensitas api yang tinggi.

10. Baking

panggang bahasa inggris

Nah, ternyata selain roasting dan grilling teknik baking juga berarti memanggang, lho! Teknik baking biasanya menggunakan oven kompor atau oven listrik untuk mematang makanan. Metode ini umum digunakan untuk mengolah bahan pangan seperti roti, cookies, atau pastry.

Setelah membaca penjelasan di atas, teknik memasak apa yang menurut kalian paling menarik? Memasak bisa menjadi kegiatan yang seru, karena kalian bisa mencoba berbagai resep dari berbagai negara. Untuk kalian yang tertarik pada kegiatan memasak, coba bisa dimulai dari membantu orang tua kalian di dapur.

Selain istilah teknik memasak di atas, masih banyak lagi teknik memasak yang bisa kalian jelajahi. Tidak perlu bingung, karena di EF akan membantu kalian menelusuri berbagai istilah dalam Bahasa Inggris dengan metode yang unik dan seru pastinya.

EF memiliki promo spesial di bulan ini untuk kamu yang mau bergabung, lho! Yuk, belajar Bahasa Inggris seru bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben