Menu
sepak bola
Grammar and Vocabulary

Istilah-istilah Dunia Sepak Bola dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.05

Jika kamu suka menyaksikan sepak bola, pasti sering mendengarkan istilah-istilah dalam sepak bola yang berbahasa Inggris. Istilah dalam sepak bola biasanya digunakan untuk menjelaskan beberapa hal, seperti peraturan, teknik bermain, atau peran seorang pemain di dalam lapangan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sepak bola adalah olahraga yang begitu banyak digemari di seluruh dunia. Pertandingan sepak bola  biasanya dibuat dalam sistem kompetisi yang selalu diadakan setiap setahun, dua tahun, atau empat tahun sekali. Kompetisi sepak bola bisa mempertemukan dua tim dari antar negara atau klub dari suatu negara.

Ketika mendengar istilah dalam bahasa Inggris, sering kali kita tidak memahami arti yang sebenarnya. Nah, di dalam pembahasan kali ini kamu akan membaca istilah-istilah dalam sepak bola dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Jadi, simak penjelasannya baik baik ya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kick Off

Istilah yang satu ini sering digunakan untuk menandakan dimulainya suatu pertandingan sepak bola. Kick off sendiri berarti tendangan pertama yang secara simbolis bermakna pertandingan sudah dimulai. Dalam sebuah pertandingan, tendangan kick off dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada awal babak pertama dan awal babak kedua.

Throw In

Throw In adalah upaya salah satu pemain untuk melempar bola kembali ke dalam lapangan. Ini dilakukan ketika bola melewati garis samping lapangan, sehingga untuk melanjutkan kembali pertandingan harus dilakukan throw in atau lemparan ke dalam.

Foul

Foul adalah istilah aturan sepak bola yang berarti pelanggaran. Foul biasanya akan dinyatakan terjadi oleh wasit ketika seorang pemain menjatuhkan lawannya dengan berbahaya atau bola mengenai tangan. Jika bola mengenai tangan, ada istilah foul khusus untuk menyebut pelanggaran ini yaitu handsball.

Free Kick dan Penalty Kick

Free kick dalam bahasa Indonesia berarti tendangan bebas. Free kick merupakan tendangan di luar kotak penalti yang diberikan wasit kepada sebuah tim karena salah satu pemainnya dilanggar oleh lawan. Sedangkan penalty kick adalah tendangan yang diambil dari titik pas di dalam kotak gawang jika di dalamnya terjadi pelanggaran.

Corner Kick

Jika kamu melihat bendera di sudut-sudut lapangan, itu adalah titik di mana corner kick dilakukan. Corner kick atau tendangan sudut terjadi ketika bola keluar lapangan melalui garis di samping kanan kiri gawang.

Half Time

Jika babak pertama selesai, istilah half time sering digunakan untuk menandakan adanya jeda sebelum memasuki babak kedua. Half time biasanya berlangsung selama 15 menit dan dimanfaatkan untuk istirahat bagi para pemain.

Injury Time

Nah, istilah satu ini berarti tambahan waktu di penghujung babak. Injury time biasanya diberikan wasit di setiap penghujung babak sebagai untuk mengganti waktu yang terbuang jika bola keluar lapangan atau terjadi pelanggaran.

Extra Time

Extra time juga merupakan tambahan waktu seperti halnya injury time. Perbedaannya, extra time lebih dimaknai sebagai perpanjangan waktu akibat skor antara dua tim seri di waktu normal (90 menit). Extra time juga dimainkan dalam 2 babak, di mana setiap babaknya berjalan selama 15 menit.

Offside

Offiside adalah suatu keadaan dimana posisi pemain lebih dekat kearah gawang lawan dibandingkan bola.

Substitution

Substitution adalah istilah yang digunakan jika terjadi pergantian pemain. Dalam kompetisi resmi, jumlah pergantian pemain biasanya dibatasi hingga 3 kali untuk masing-masing tim. Sementara di pertandingan persahabatan, substitution bisa terjadi lebih dari 3 kali bahkan tidak terbatas.

Itu dia istilah-istilah dalam sepak bola yang sering digunakan. Itu semua hanyalah sebagian kecil dari sekian banyaknya istilah dalam sepak bola. Selain dari yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi istilah sepak bola dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi, kamu bisa bergabung dengan EF loh! Kamu akan mempelajari bahasa Inggris sekaligus menambah pengetahuan baru yang menarik, mengenai kosa kata dan istilah yang sering kamu jumpai.

Bagaiamana tertarik untuk bergabung? Kebetulan sekali, di bulan ini ada promo khusus yang menantimu. Kamu juga bisa mengikuti kelas Gratis dengan cara klik tombol pink di bawah ini. Jadi jangan sampai terlewat ya!

Sampai jumpa di EF!

Ben Small Stars
Author
Ben