Menu
istilah bulan puasa dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Istilah di Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris

vocabulary
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.16

Umat Muslim di seluruh belahan dunia menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan setiap tahunnya. Perlu kamu ketahui, istilah-istilah di bulan puasa juga ada di dalam bahasa Inggris loh. Apabila kalian penasaran, yuk kita simak beberapa istilah di bulan puasa dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Selain beribadah di bulan Ramadan, kita harus tetap semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Salah satu aktivitas yang perlu kita lakukan contohnya seperti belajar berbahasa Inggris. Mempelajari bahasa Inggris dapat kamu tingkatkan dengan mengetahui beberapa istilah dan kosakata dari setiap peristiwa yang ada di keseharian kamu.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa istilah di bulan puasa dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui, agar kamu tetap semangat menjalani aktivitas di bulan Ramadan ini. Berikut penjelasan dan beberapa contohnya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Fasting

Di bulan Ramadhan, istilah fasting paling sering digunakan. Fasting sendiri berarti puasa, yaitu ibadah menahan rasa lapar dan haus. Ibadah ini dilakukan dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Contoh kalimat:

- Tomorrow is the first day of fasting. (Besok adalah hari pertama puasa.)

- Fasting is an obligation to all muslims in every Ramadan. (Puasa adalah kewajiban bagi setiap muslim di setiap Ramadhan.)

Fast Break/Iftar

Setelah matahari terbenam, kita diharuskan berbuka puasa. Di dalam bahasa inggris, istilah yang benar ternyata bukan Breakfasting loh. Penyebutan yang benar adalah fast break. Istilah lain yang juga bisa diartikan berbuka puasa adalah iftar.

Contoh kalimat:

- It’s an hour before iftar. Let’s buy some food then. (Saat ini satu jam sebelum berbuka puasa. Ayo kita beli makanan)

- I think we should do a fast breaking together tomorrow. (Aku pikir kita harus buka puasa bersama besok.)

Prayer

Selain berpuasa, umat muslim juga diwajibkan menunaikan sholat. Tidak hanya bulan Ramadhan, sholat adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap hari. Dalam Bahasa Inggris, istilah sholat bisa disebut dengan prayer.

- Don’t forget to do your prayer. (Jangan lupa untuk sholat.)

- I am going to do a prayer first before eating. (Aku mau sholat dulu sebelum makan.)

Suhoor

Sebelum memulai puasa, umat muslim dianjurkan untuk sahur atau mengonsumsi makanan pada dini hari sebelum waktu subuh. Dalam Bahasa Inggris istilah sahur dikenal dengan Suhoor.

- Wake up! It is time for suhoor, you have to eat something. (Bangun! Ini waktunya sahur, kamu harus makan sesuatu.)

- Suhoor is important to give us energy while fasting. (Sahur itu penting untuk memberi kita tenaga ketika berpuasa.)

Taraweeh

Nah, kalau ibadah yang satu ini identik dengan Ramadhan. Sholat Tarawih merupakan ibadah setelah sholat isya di setiap bulan puasa. Dalam Bahasa Inggris, Sholat Tarawih disebut juga dengan Taraweeh.

- Come on, we have to go to the mosque for Taraweeh. (Ayo, kita harus pergi ke masjid untuk Sholat Tarawih.)

- I will finish my homework after Taraweeh. (Aku akan menyelesaikan PR setelah Sholat Tarawih.)

Itulah tadi penjelasan tentang istilah-istilah di Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahuinya, kamu bisa mempraktikkan kata-kata ini kepada teman atau saudaramu untuk lebih melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Supaya kamu semakin mahir dalam mengenal istilah-istilah dalam Bahasa Inggris, kamu bisa loh belajar bersama EF. EF mempunyai metode yang lebih menyenangkan untuk kamu agar lebih cepat lancar berbahasa Inggris. Belajar di EF dapat membuat kamu mendapatkan pengalaman belajar yang sangat berharga. Jadi jangan kamu lewatkan kesempatan berharga ini ya!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben