Menu
Istilah Ala Media Sosial Kekinian yang Harus Kamu Tahu
Grammar and Vocabulary

Istilah Ala Media Sosial Kekinian yang Harus Kamu Tahu

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.14

Sekarang ini, pengguna media sosial sudah semakin aktif di berbagai platform favoritnya. Tidak heran bila kita melihat banyak sekali pengguna yang antusias mengambil momen tertentu untuk dibagikan ke media sosial mereka dan menggunakan istilah-istilah 'kekinian'. Kira-kira apa saja yang kerap digunakan?

Salah satu fungsi dari media sosial adalah interaksi yang terjadi di dalamnya. Interaksi tersebut tidak hanya berasal dari satu negara saja, melainkan seluruh orang di bumi ini akan terhubung melalui media sosial.

Hal ini mendorong terciptanya istilah-istilah asing yang digunakan dalam media sosial dan umumnya berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini kerap digunakan sebagai bahasa gaul yang umum dipakai oleh kita.

Harap diingat bahwa penggunaan kata-kata di bawah ini hanya untuk situasi tidak formal, ya! Jangan menggunakan istilah berikut saat kamu sedang mencoba untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tetaplah menggunakan bahasa yang sopan ketika kamu sedang berbicara dengan seseorang!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

LOL

Istilah ini memang sudah biasa digunakan. Bagaimana tidak? Hal ini sudah menjadi budaya pengguna sosial yang sedang tertawa menyaksikan atau mendengarkan sebuah fenomena yang menurutnya sangat lucu dan menggemaskan, sehingga diartikan sebagai laugh out loud.

CMIWW

Ketika sedang mengomentari sesuatu atau memberikan pendapatnya terhadap suatu hal, biasanya dia akan menggunakan istilah CMIWW di akhir kalimat. Istilah ini berarti correct me if I'm wrong. Jika kamu melihat atau mendengar dia mengatakan istilah ini, jangan sungkan untuk memberikan tanggapanmu juga ya…

Spill The Tea

arti spill the tea

Pengguna Twitter pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa gaul ini. Biasanya orang akan menggunakannya dengan maksud untuk mengetahui gosip atau informasi terbaru apa saja yang sedang diperbincangkan saat itu.

Salty

"This trouble makes me salty."

Secara harafiah, salty mungkin dapat diartikan "terlalu asin". Namun istilah ini sekarang cenderung mengarah saat seseorang sedang merasa geram atau kesal karena suatu hal.

PAP

Sering sekali banyak yang meminta untuk PAP atau post a pict sebagai bukti dari pembicaraan tersebut. Misalnya ketika ada yang bilang ‘"Picture, or didn't happen.’ maka kamu perlu melampirkan foto atau PAP sebagai bukti agar orang-orang sependapat dengan pernyataanmu.

Edgy

Jika diartikan dari bahasa Inggris, istilah atau bahasa gaul ini berarti tegang dan biasa dilontarkan kepada orang yang selalu ingin terlihat berbeda, terutama dalam hal fashion.

Namun, mereka yang disebut edgy biasanya ingin mengikuti tren tapi terkesan norak.

Triggered

Apakah kamu pernah mendengar kalimat yang bisa membuatmu terbawa suasana? Situasi ini disebut sebagai triggered. Umumnya mereka yang ketriggered ini menanggapi unggahan yang tidak sesuai dengan apa yang ia yakini.

KK

Istilah ini merupakan akronim dari ‘Okay’ atau ‘I get (what you mean).' Apakah kamu salah satunya yang menggunakan bahasa gaul ini?

Role Player (RP)

Istilah ini juga sering sekali digunakan oleh mereka yang memiliki peran lain di media sosial. Kadang kala, mereka akan RP sebagai idola, atau hal lainnya yang tidak sesuai dengan kehidupan nyata atau in real life.

Itulah istilah media sosial yang paling kekinian saat ini. Apakah kamu sering menggunakan dan mendengarkan istilah-istilah di atas sebagai referensi bahasa gaul? Kamu dapat menggunakan referensi di atas untuk memahami apa yang dikatakan orang lain, namun harap diingat untuk menggunakan bahasa Inggris yang baik dan sesuai kaidah, ya.

Karena istilah-istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris, akan lebih baik jika kamu mengetahui maknanya juga dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kebanyakan istilah tersebut memiliki kiasan.

Oleh karena itu, yuk gabung di kelas demo GRATIS EF untuk belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional. Ingat, kelas demo ini GRATIS loh!

Jadi, tunggu apalagi? DAFTAR SEKARANG sebelum kehabisan tempat! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben