Menu
materi pembelajaran EF
Listening and Speaking

Intip Materi di Kursus EF Melalui Kartun Spesial Ini!

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.02

Belajar bahasa Inggris bagi sebagian orang memang cukup sulit. Tetapi, apakah kamu sering menayangkan serial kartun di rumahmu? Ternyata kita juga bisa loh belajar bahasa Inggris dengan mudah melalui kartun. Kira-kira bagaimana ya cara mempelajarinya?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, kartun adalah gambar yang dibuat dengan penampilannya yang lucu dan menggemaskan untuk berperan dalam suatu peristiwa yang diceritakan. Biasanya serial kartun memberikan penontonnya pesan moral agar dapat diambil hikmahnya. Oleh karena itu, tidak salah apabila hingga saat ini kartun masih digemari oleh semua khalayak, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Bagi anak-anak yang hobi menonton serial kartun, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang paling efektif. Terutama untuk usia 7-9 tahun, mereka lebih menyukai pembelajaran yang seru dan menyenangkan melalui petualangan dari animasi yang lucu. Apalagi jika animasi tersebut adalah serial kartun berbahasa Inggris sehingga mereka akan terbawa untuk memahami arti dari setiap kosakata yang ada.

Sama halnya dengan kartun di bawah ini yang berjudul Tom Thunder Saves the Universe, kita dapat menyaksikan petualangan seru yang dikemas dengan perpaduan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai takarirnya.

Kartun di bawah ini merupakan salah satu persembahan spesial dari EF yang menceritakan mengenai tokoh-tokoh dari level kursus High Flyers. Di EF, tidak hanya melalui modul yang interaktif dan mudah dipahami, para murid juga diajak untuk ikut serta dalam petualangan para karakter kesayangan mereka.

Berdasarkan serial kartun di atas, kamu bisa mempelajari makna dari kata-kata yang diucapkan oleh Tom dan karakter lainnya. Misalnya saja, yang diambil dari dialog berikut ini:

kartun anak

Tom Thunder mengatakan bahwa ia senang menolong banyak orang: I lifted a bus and saved lots of people.

Seperti Tom Thunder, ketika seseorang membutuhkan bantuan, kita harus dengan ikhlas mengulurkan tangan untuk membantu mereka yang sedang kesulitan! Walau mungkin tidak harus mengangkat bus juga, sih.

kartun anak

Tom berkata lagi: I mean, I'm so brave!

Tom berpikir bahwa ia telah menjadi orang yang berani dan tidak takut menghadapi berbagai rintangan yang ada. Tapi, buktikan dengan perilaku dan bukan hanya melalui kata-kata, ya!

kartun anak

Mungkin kamu sedikit tergelitik dengan ulah Tom yang terlalu percaya diri, misalnya saat ia bilang: Everyone needs my help.

Tapi, Tom mungkin benar-benar serius menolong orang yang membutuhkan bantuan, tidak ada salahnya jika kita menularkan semangat tolong menolong untuk orang lain agar dapat saling membantu!

kartun anak

King Scissors melihat Tom dan berkata: Yes, you found me, but you did not plan for this!

King Scissors sedang memberi gambaran kepada kita agar dapat mengantisipasi sesuatu atau hal-hal yang tidak terduga datang dikemudian hari. Jadi, buat agenda kegiatanmu dengan sungguh-sungguh, ya!

Seperti yang kita tahu, dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris juga harus dilengkapi dengan Grammar yang baik. Pada umumnya, terdapat 16 Tenses yang harus dipahami. Nah sekarang tidak perlu khawatir lagi jika merasa sulit menghafalkannya, karena dari serial kartun ini kita juga bisa mempelajarinya secara otodidak. Bagaimana caranya?

Kartun Tom Thunder Saves the Universe memberikan beberapa bentuk tenses yang dapat dilihat berdasarkan dialog berikut ini:

  • It’s so big! I can shout, and no one can hear me! – present tense

  • He didn’t know that Tom Thunder had arrived - past tense

  • Back on Earth, I lifted a bus and saved lots of people – past tense

  • Does King Scissors collect all the candy for himself? – present tense (auxiliary)

  • Everyone needs my help – present tense

Dari beberapa kosakata dan dialog yang ada pada kartun tersebut, memangnya apa saja sih yang dilakukan oleh Tom Thunder sebagai superheroes? Yuk, intip jawabannya di Bahan Pelajaran yang disediakan oleh EF! (sst, untuk mengetahui jawabannya kamu bisa lihat pada Buku bagian G ya 😉)

Pada modul tersebut, kamu juga bisa bertemu dengan karakter-karakter di kartun di atas. Jadi, kamu bisa belajar bahasa Inggris sekaligus menikmati petualangan mereka!

Selain itu, hanya di EF kita bisa mendapatkan akses eksklusif Grammar Pro® sehingga bisa mempelajari Grammar dengan mudah dimana pun dan kapan pun!

Bagaimana? Tertarik ingin mencoba petualangan seru bersama Tom Thunder dan yang lainnya? DAFTAR SEKARANG juga dan nikmati promo khusus di bulan ini!!

Ben Small Stars
Author
Ben