Menu
tips mengatasi writers block
Education Advice

Ini Tips Jitu Mengatasi Writer's Block

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.29

Pernahkah kamu merasakan kebuntuan saat menulis atau merasa tidak bisa melanjutkan dan menyelesaikan tulisanmu. Jika pernah, tahukah kamu istilah dari situasi tersebut? Yup, situasi tersebut biasa dikenal dengan writer’s block. 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, writer’s block adalah suatu keadaan penulis ketika mengalami kebuntuan akan tulisannya, mereka cenderung merasa kehilangan kemampuan menulis yang kemudian membuatnya sulit untuk melanjutkan dan menyelesaikan karya tulisnya.  

Nah, apakah kamu pernah merasakan writer’s block atau sedang merasakan writer’s block? Ikuti tips dari Tom di bawah ini untuk mengatasi writer’s block.  

1. Melakukan freewriting

freewriting writer's block

Tips pertama yaitu melakukan freewriting atau menulis secara bebas. Nah, yang dimaksud bebas di sini adalah kamu bebas menulis apa pun yang sedang kamu pikirkan, kamu tidak perlu memperhatikan aturan-aturan penulisan yang ada. Teknik ini merupakan teknik yang paling ampuh mengatasi writer’s block, karena teknik ini berguna untuk memancing imajinasi kamu, loh.  

Ketika kamu sudah sering melakukan teknik freewriting, tanpa sadar otak kamu akan terbiasa dan membuat kamu mendapatkan inspirasi-inspirasi baru terhadap tulisanmu. 

2. Membaca buku

membaca buku writer's block

Tips selanjutnya adalah membaca buku. Ternyata semakin sering kamu membaca buku, semakin baik juga hasil dari tulisanmu, loh. Hanya dengan membaca buku kamu bisa saja mendapatkan ide-ide menarik untuk tulisanmu. Selain itu dengan membaca buku kamu juga mendapatkan wawasan baru dan bahkan bisa belajar tata cara penulisan yang benar. 

Kamu tidak harus membaca buku-buku materi. Mulai saja dengan membaca buku-buku ringan yang kamu sukai, seperti novel, komik, majalah, dan sebagainya untuk menyegarkan pikiranmu. 

3. Mencari suasana baru

work place
work place writer's block

Nah, suasana sekitar kamu ternyata juga berperan penting dalam kemampuan menulismu. Tanpa kamu sadari, ketika kamu bosan pada suasana sekitarmu kamu akan cenderung kehilangan motivasi menulis. Kamu akan selalu merasa malas hingga tidak bisa menyelesaikan tulisanmu.  

Nah, solusi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi menulis adalah dengan mencari suasana yang baru. Kamu bisa mendapatkan suasana baru dengan pergi ke luar, seperti pergi ke kafe, ke taman, ke perpustakaan, atau tempat-tempat lain yang menurutmu nyaman. Jika kamu memang tidak bisa untuk keluar, ubah saja tatanan meja kerjamu dan buat seakan-akan kamu ada di ruangan baru. 

4. Membuat outline

outline writer's block

Tips keempat adalah membuat outline. Ketika kamu bingung harus menulis apa, buatlah outline atau draft terlebih dahulu secara garis besar topik yang ingin kamu tulis. Dengan teknik ini kamu akan mengetahui apa yang harus kamu tulis selanjutnya. Selain itu, teknik ini juga berperan untuk mengantisipasi writer’s block yang lebih parah. 

Nah, dari outline tersebut barulah kamu mencari materi-materi selanjutnya. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk memudahkan kamu mencari ide-ide untuk penulisanmu.  

5. Beristirahat

istirahat writer's block

Nah, tips yang terakhir adalah beristirahat. Luangkan waktu 1-2 jam untuk beristirahat, boleh tidur terlebih dahulu atau melakukan kegiatan apapun yang kamu sukai tanpa mengingat tulisanmu. Mengapa kamu harus istirahat? karena akan percuma kamu tetap memaksa menulis jika otakmu sedang tidak berjalan dengan baik. Selain kamu semakin bingung melanjutkan tulisanmu, hasil tulisanmu juga tidak akan memuaskan seperti biasanya. Jadi, kamu perlu istirahat sebentar untuk mengantisipasi hal tersebut.

Beristirahat tidak selalu identik dengan tidur, kamu bisa melakukan hal lain yang menyenangkan. Tapi, harap diingat kegiatan lain selain menulis ya! Kamu bisa jalan-jalan, bermain game, melihat sosial media, dan sebagainya.


Itu tadi beberapa tips jitu mengatasi writer's block. Semoga tips dari Tom membantu kamu mengatasi writer's block ya! Nah, kalau kamu suka menulis, yuk upgrade tulisanmu dan coba juga menulis dalam bahasa Inggris.

Kalau belum bisa bahasa Inggris, jangan khawatir, di EF ada program Free Demo Class, loh! di EF kamu akan diajarkan materi writing dalam bahasa Inggris dengan metode pembelajaran yang seru. Selain materi writing, kamu juga akan diajarkan materi-materi bahasa Inggris lain yang juga tidak kalah seru.

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang, sebelum kehabisan! 😉