Menu
permainan
News and Lifestyle

Ini Dia Permainan yang Buat Kamu Makin Cerdas Berbahasa Inggris!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.23

Kamu suka bermain? Sudah berapa banyak permainan yang kamu mainkan? Pasti seru ya? Kali ini Tom mau kasih rekomendasi permainan yang seru banget! Pas buat menambah kosakata bahasa Inggrismu loh.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Siapa yang tidak semangat membahas mengenai permainan? Semua orang, tanpa terkecuali pasti pernah memainkan suatu permainan apa pun. Hayo, siapa di sini yang pernah bermain tukar peran? Atau petak umpet? Wah banyak ya pastinya. Yang jelas, permainan dibuat untuk menyenangkan semua orang dan bisa menjadi salah satu media untuk belajar loh.

Kalau belajar di kelas kamu sering bosan dan ngantuk, kamu bisa memainkan permainan ini agar lebih menyenangkan dan lebih mudah kamu hafal. Ada permainan apa saja ya?

Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Simon Says

simon-says

Permainan yang satu ini melatih pendengaran dan sangat mudah untuk dimainkan. Tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun bisa memainkannya. Caranya adalah temukan seseorang yang berperan menjadi Simon, kemudian Simon berdiri menghadap teman main lainnya.

Lalu, ia akan memberi perintah tertentu. Nah, yang tidak mengikuti perintah Simon, Ia akan gugur dan keluar dari permainan. Teruskan permainan tersebut hingga tersisa satu pemain dan pemain tersebut akan menjadi Simon di ronde selanjutnya.

2. Who Am I

who-am-i

Kamu pernah mendengar permainan ini? Tom yakin pasti pernah. Permainan ini mengharuskan kamu untuk memiliki banyak kosakata dan bertindak cepat. Biasanya, permainan ini diberi batasan waktu. Caranya adalah seseorang menempelkan jawaban pada dahinya, bisa mengenai orang terkenal, benda, sayuran, dan lain sebagainya.

Pemain yang memiliki jawaban di dahinya akan menebak dan hanya bisa mengatakan ya atau tidak. Sedangkan, pemain yang lain memberi “clue” mengenai jawaban tersebut. Tentu pemain ini harus memiliki banyak kosakata. Eits, tapi “clue” yang diberikan tidak boleh sama dengan jawaban ya.

3. Observe & Remember

observe

Kalau permainan ini melibatkan kemampuan analisa. Yup, kamu harus mengamati sekaligus mengingat sesuatu dalam bahasa yang diinginkan. Contohnya adalah bahasa Inggris. Cara memainkannya juga tak kalah mudah. Gurumu akan menaruh beberapa jenis benda di atas meja.

Kemudian, kamu akan menghafal benda tersebut satu per satu dalam bahasa Inggris dengan waktu yang dibatasi. Setelah itu, kamu harus menyebutkan atau menuliskan benda – benda tersebut untuk memiliki score. Seru bukan?

4. Undercover

undercover

Kamu tahu permainan Werewolf? Dalam permainan Werewolf, setiap peserta harus menebak peran teman lainnya. Permainan ini bisa dimainkan secara online atau offline. Terdapat tiga peran, yaitu Civilian, Undercover, dan Mr. White.

Cara memainkannya adalah dengan moderator yang memberi kata untuk para pemain. Kemudian, para pemain mendeskripsikan kata tersebut. Perlu diingat, kata yang kamu dapat, tidak boleh diinfokan ke pemain lain ya. Kata tersebut bisa benar, bisa juga menyerupai yang benar (Undercover), bisa juga tidak memiliki kata (Mr. White). Pemain akan saling menuduh satu sama lain dan berusaha untuk megeluarkan Undercover serta Mr. White agar menang.

Satu hal yang membuat permainan ini sulit adalah undercover tidak tahu bahwa ia adalah Undercover dan Mr. White harus pura-pura tahu kata tersebut tanpa orang lain curiga terhadapnya. Orang dewasa banyak loh yang memainkan ini. Saking serunya!

5. Blindfold Games

blindfold

Kamu pernah melihat seseorang yang sedang berulang tahun dengan mata ditutup dan mencari hadiah? Nah, konsep dari permainan blindfold ini kurang lebih mirip. Cara memainkannya, instruktur menutup mata pemain, kemudian pemain tersebut harus memegang dan mendeskripsikan benda tersebut. Kamu harus mengikuti arahan dan permainan yang diberikan sampai berhasil.

6. Anagram Games

anagram

Kamu pernah menonton atau membaca serial detektif? Sherlock Holmes atau Conan misalnya. Kalau iya, pasti kamu sudah tak asing dengan cara kedua detektif tersebut bermain kata. Yup, anagram adalah permainan kata, di mana huruf dalam kata tersebut akan diacak dan disesuaikan dengan kata yang tepat. Misalnya kata “I am a weakish speller” menjadi “William Shakespeare”.

Terlihat mudah, tapi kamu harus teliti. Biasanya anagram ini muncul dalam berbagai novel dan film. Kesannya pasti misterius dan ketika kita berhasil menemukan kata yang tepat, wah pasti lega sekali dan bangga.


Jadi, bagaimana? Kamu sudah mainkan yang mana ni? Semua permainan tersebut seru dan membuat kebersamaan semakin erat loh. Bermain sambil belajar pasti selalu seru. Kamu ingin bermain sambil belajar bahasa Inggris? Nah, pas banget nih. Yuk, ikut Kelas Gratis EF!

Kamu akan belajar dengan native dan guru yang berpengalaman di bidangnya loh. Sudah pasti dengan materi yang menyenangkan! Isi no hpmu pada kolom yang tertera di bawah ini dan nantikan berbagai promo menarik lainnya! Tom tunggu di kelas okay?😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 23-02-2023