Menu
bahasa yang terancam punah

Ini Dia Beberapa Bahasa yang Terancam Punah di Dunia

trend and lifestylebahasa asing
2020.08.06

Tahukah kamu ada lebih dari 7,000 bahasa di dunia ini? Tetapi UNESCO memprediksi terdapat lebih dari setengah bahasa yang ada akan punah pada akhir abad ini. Bagaimana sebuah bahasa bisa punah dan apa saja bahasanya?

Bahasa ternyata juga memiliki resiko terancam punah. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktornya adalah karena sejumlah besar bahasa hanya memiliki bentuk lisan dan tidak ada tata cara penulisan yang benar.

Jika tidak ada bentuk tertulis atau hilang sebelum ahli bahasa memiliki kesempatan untuk campur tangan, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk melestarikan sebuah bahasa. Apalagi jika pengguna bahasa tersebut mulai menyusut.

Lantas, bahasa apa saja yang terancam punah di dunia? Ini dia beberapa listnya!

1. Resigaro

bahasa peru salah satu bahasa yang terancam punah

Resigaro merupakan salah satu bahasa yang digunakan di Peru. Pada tahun 2016, Rosa Andrade Ocagane, perempuan terakhir yang menggunakan bahasa ini meninggal di usia yang ke-67. Satu-satunya orang yang masih menggunakan bahasa ini adalah saudaranya sendiri yaitu Pablo.

Hanya dengan satu orang yang menggunakan bahasa ini, maka Resigaro termasuk ke dalam bahasa yang terancam punah di dunia.

2. Ngan'gikurunggurr

Bahasa Ngan'gikurunggurr terancam punah

Berdasarkan hasil sensus tahun 2016, ditemukan 26 penutur bahasa pribumi Australia yaitu Ngan'gikurunggurr yang masih hidup. Bahasa ini berindikasi terancam punah dalam waktu dekat. Namun para peniliti percaya mungkin masih ada sebanyak 200 penurut bahasa tersebut yang tersisa.

Selain itu, juga ditemukannya beberapa penilitian yang dilakukan pada bahasa Australia ini. Hal ini memberikan sedikit harapan kepada para peniliti untuk bisa menyelidiki lagi bahasa Ngan'gikurunggurr.

3. Alawa

Bahasa Alawa terancam punah

Selanjutnya bahasa yang terancam punah adalah bahasa dari Aborigin Australia yaitu Alawa atau juga dikenal sebagai Galawa dan Waliburu. Pada tahun 1994, terdapat sekitar 18 orang yang masih menggunkan bahasa ini. Namun jumlah penutur terus menurun hingga menjadi 4 orang di tahun 2016.

Para peniliti merasa sangat mungkin kalau 4 penutur bahasa Alawa adalah orang terakhir yang menggunakannya dan dalam beberapa tahun ke depan akan punah.

4. Ainu

bahasa ainu terancam punah

Bahasa berikutnya yang terancam punah datang dari benua Asia yaitu Jepang. Bahasa Ainu tercatat memiliki kurang dari 15 penutur yang tersisa sehingga digolongkan sebagai bahasa yang sangat terancam punah.

Namun, ada sedikit harapan bagi bahasa Ainu karena terdapat upaya untuk menghidupkan kembali bahasa ini. Semoga belum terlambat ya untuk melestarikannya kepada generasi mendatang.

5. Dumi

bahasa dumi terancam punah

Pada tahun 2007, Salah satu bahasa yang digunakan di Nepal, yaitu Dumi dilaporkan hanya memiliki 200 penutur asli. Dan sangat disayangkan, 200 orang tersebut rata-rata adalah orang tua yang tidak meneruskannya pada anak-anak mereka.

Sehingga bisa dipastikan, lambat laun bahasa Dumi akan hilang karena tidak dilestarikan. Sayang sekali ya kalau bahasa ini hilang begitu saja.

6. Jedek

Bahasa jedek terancam punah

Berikutnya bahasa yang terancam punah datang dari negara tetangga kita yaitu Malaysia. Bahasa Jedek membuat beberapa ahli bahasa tidak tahu bahwa bahasa Malaysia ini ada sampai tahun 2019. Bahasa ini terdeteksi ketika peneliti dari Swedia menyadari beberapa penduduk lokal di desa Semenanjung Malaya menggunakan kosakata, tata bahasa, dan suara yang unik.

Para peniliti memperkirakan bahwa bahasa Jedek hanya memiliki 280 pembicara saja. Dalam beberapa tahun ke depan jika tidak dilestarikan, maka penutur bahasa ini akan menyusut.

7. Dunser

bahasa dunser terancam punah

Apakah kamu tahu Bahasa Dunser? Ternyata bahasa ini berasal dari salah satu desa di Papua, Indonesia. Tersisa tiga penutur asli pada tahun 2011 yang dua diantaranya merupakan orang dewasa berusia 60-an dan 70-an.

Dahulu, bahasa Dunser digunakan dalam acara-acara khusus seperti lamaran dan pernikahan di Papua. Tetapi karena tidak dilestarikan, bahasa ini masuk kegolongan bahasa yang terancam punah.

Itu dia beberapa bahasa yang terancam punah di dunia. Bagaimana? cukup mengejutkan bukan? Kamu bisa membaca artikel menarik lainnya di News and Lifestyle section.

Selain itu, kamu juga bisa loh belajar bahasa Inggris dengan mudah hanya dari rumah. Penasaran? Segera isi nomormu pada kolom di bawah ini dan dapatkan berbagai penawaran menarik dari EF!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.