Menu
basic grammar
Grammar and Vocabulary

Ini Aturan Dasar Untuk Grammar yang Wajib Kamu Ketahui

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.10.03

Doctor atau doctors? Kamu masih bingung dalam menerapkan grammar? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Kali ini Tom akan menjelaskan mengenai aturan dasar grammar yang wajib kamu ketahui, agar kamu tidak kebingungan lagi dalam menerapkannya. Kira-kira aturan apa saja yang ada di dalam grammar? Simak selengkapnya di sini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kamu tidak perlu bingung memikirkan betapa sulitnya mempelajari grammar. Dengan mempelajari struktur grammar dasar ini, level Bahasa Inggrismu akan meningkat lho!

Aturan dasar grammar adalah pedoman yang digunakan untuk mengatur bagaimana kata-kata dan kalimat disusun dalam bahasa Inggris. Berikut aturan dasar untuk grammar yang harus diketahui:

Aturan Dasar Grammar

grammar

Subjek dan Predikat

Aturan pertama yang perlu kamu pahami adalah konsep subjek dan predikat dalam sebuah kalimat. Subjek adalah siapa atau apa yang melakukan tindakan, sedangkan predikat adalah apa yang subjek lakukan. Berikut contohnya:

"She (Subject) sings (Predicate) beautifully. "
Dia bernyanyi dengan indah.

Tenses (Waktu)

Bahasa Inggris memiliki beberapa tenses yang digunakan untuk mengindikasikan waktu tindakan. Berikut beberapa contohnya:

  • Present Simple
    Present Simple adalah bentuk tenses dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk berbicara tentang kebiasaan atau hal-hal yang terjadi secara teratur atau berulang. Ini seperti berbicara tentang rutinitas yang kamu lakukan sehari-hari.
    "I eat lunch at 12 o'clock. "
    Aku makan siang jam 12 siang.

  • Past Simple
    Past simple adalah bentuk waktu dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menceritakan tindakan atau peristiwa yang terjadi di masa lampau atau yang sudah selesai
    "He watched a movie last night."
    Dia menonton film semalam.

  • Future Simple
    Future Simple adalah waktu dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk berbicara tentang tindakan atau peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Di bawah ini adalah contoh kalimatnya:
    "They will visit us next week."
    Mereka akan mengunjungi kita minggu depan.

Pronouns (Kata Ganti)

Pronouns digunakan untuk menggantikan kata benda dalam kalimat. Pronouns terdiri dari I, You, They, We, He, She, It, They & Them. Berikut adalah contohnya:

"He is my brother. He is very tall. "
Dia adalah saudara saya. Dia sangat tinggi.

Adjectives (Kata Sifat)

Adjectives digunakan untuk memberikan deskripsi atau informasi tambahan tentang kata benda. Berikut merupakan contohnya:

"It's a beautiful day. "
Ini adalah hari yang indah.

"The red car is fast. "
Mobil merah itu cepat.

Adverbs (Kata Keterangan)

Adverbs digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang kata kerja, kata sifat, atau adverbia lainnya dalam sebuah kalimat. Contoh:

"She sings beautifully."
Dia menyanyi dengan indah.

"He runs very quickly."
Dia berlari sangat cepat.

Bagaimana mudahkan memahami aturan dasar grammar? Yuk mulai untuk memahami aturan dasar grammar ini, dan kamu akan merasa lebih percaya diri dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Jangan takut untuk berlatih, karena semakin sering kamu menggunakan bahasa Inggris, semakin baik kemampuanmu.

Masih binggung dalam menentukan grammar yang benar dalam kalimat? Jika iya, kamu bisa bergabung menjadi EF student. Di sini kamu akan belajar bahasa inggris bersama guru-guru profesional dengan metode belajar yang pastinya gak bikin kamu bosen di kelas. Yuk, belajar dengan EF supaya level bahasa Inggrismu meningkat. Caranya hanya dengan mengisi form yang ada di laman ini dan dapatkan Free Demo Class. Buruan, kuota di tiap center terbatas lho!

Tom tunggu kamu di kelas ya!