Menu
arti overrated dan underrated
Grammar and Vocabulary

Ini Arti Overrated dan Underrated serta Penggunaannya yang Benar

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.10

Ketika belajar bahasa Inggris, apakah kalian pernah menjumpai jenis kata berupa adjective? Adjective merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris. Fungsi dari adjective yakni memberikan atau menggambarkan deskripsi terhadap sesuatu. Hal ini digunakan supaya kata yang masih umum bisa menjadi lebih spesifik.

Dua kata adjective yang akan kita bahas di bawah sering dijumpai terutama ketika membahas film, buku, atau penyanyi, lho! Nah, kali ini kita akan membahas mengenai arti dan penggunaan kata overrated dan underrated. Kira-kira apa perbedaan dari dua kata tersebut? Jangan sampai terbalik, yuk simak penjelasannya di bawah.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Overrated

Overrated berasal dari dua kata yakni: over dan rated. Apabila dibedah satu persatu, over memiliki arti berlebihan sedangkan rated artinya penilaian. Ketika digabung overrated bermakna ‘dibesar-besarkan’ atau ‘dilebih-lebihkan’.

Sebenarnya kapan penggunaan overrated yang tepat? Jika sesuatu atau seseorang dilebih-lebihkan, dianggap lebih baik, atau lebih penting daripada sebenarnya. Itulah mengapa yang membuat kata overrated seringkali memiliki konotasi yang negatif. Sebab overrated digunakan untuk memberikan keterangan ketika penilaian yang diberikan kurang sesuai dengan kenyataan yang ada. 

Jadi, ketika menjumpai sesuatu atau seseorang mendapat apresiasi atau penilaian lebih dari yang sebenarnya layak, kata yang tepat untuk mendeskripsikan itu adalah dengan menggunakan overrated.

Simak contoh penggunaan overrated di bawah ini:

  • I think he’s overrated as an singer. (Saya pikir, dia terlalu berlebihan sebagai seorang penyanyi)

  • After seeing the award-winning movie, we decided it was overrated. (Setelah melihat film pemenang penghargaan, kami memutuskan itu berlebihan).

Underrated

Jika kamu menebak bahwa underrated adalah lawan dari overrated, jawabannya adalah benar! Apabila overrated berarti dilebih-lebihkan, underrated memiliki makna diremehkan atau disepelekan. Secara lebih lengkap, underrated berarti sesuatu atau seseorang yang belum menerima jasa, pengakuan, atau pujian yang layak.

Nah, konotasi dari underrated seringkali mengarah kepada sesuatu yang lebih positif. Dikarenakan kata underrated merujuk kepada sesuatu atau seseorang yang tidak diberikan pengakuan yang cukup untuk kualitasnya. Penggunaan underrated juga bisa dipakai ketika menganggap sesuatu lebih baik atau lebih penting daripada yang diyakini kebanyakan orang.

Berikut contoh penggunaan underrated dalam kalimat:

  • Many tourists go to Indonesia will only visit Bali or Lombok, they don’t know that Makassar has a lot to offer too. Makassar is underrated in the tourist map. (Banyak wisatawan yang ke Indonesia hanya akan mengunjungi Bali atau Lombok, mereka tidak tahu bahwa Makassar juga memiliki banyak hal yang ditawarkan. Makassar diremehkan dalam peta wisata.)

  • A book that is really good but no one really pays attention to is an example of an underrated book. (Sebuah buku yang sangat bagus tetapi tidak ada yang benar-benar memperhatikan adalah contoh buku yang diremehkan).

Setelah mempelajari arti dan penggunaan overrated dan underrated kalian jangan bingung lagi ketika menjumpai dua kata tersebut. Kamu dapat berlatih untuk menggunakan overrated dan underrated dengan melihat contoh di atas.

Jika kamu ingin belajar berbagai jenis kata lain dalam bahasa Inggris, yuk bergabung dengan EF! Belajar bahasa Inggris akan terasa lebih menyenangkan di EF karena ada banyak metode seru dan unik. Kamu akan mendapat banyak wawasan baru sehingga semakin mahir berbahasa Inggris.

Bagi kamu yang ingin mendaftar ada penawaran khusus di bulan ini, lho! Yuk rasakan sendiri serunya belajar bahasa Inggris di EF.

Sampai bertemu di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben