Menu
content creator
News and Lifestyle

Ingin Jadi Content Creator, Ini Tips Wajib untuk Pemula

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.16

Siapa yang tidak kenal dengan profesi content creator? Belakangan profesi ini sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang. Hal ini karena profesi ini tidak terbatas usia dan siapa pun bisa menjadi content creator.

Di tengah popularitasnya yang kian naik, banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi content creator yang hebat. Apakah kamu salah satu diantaranya?

Sebelum terjun menjadi content creator, yuk simak beberapa tips di bawah:

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Sesuaikan konten dengan passion

melukis

Ada berbagai macam jenis content creator yang tersebar di media digital. Mulai dari content creator pada bidang education, entertainment, gaming, dan lain-lain. Jika kamu ingin menjadi content creator pastikan kamu tahu konten apa yang ingin kamu buat.

Apabila kamu kebingungan, kamu bisa sesuaikan konten dengan passion yang kamu miliki. Karena mengerjakan sesuatu yang sesuai passion akan menghasilkan karya yang bagus dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Misalnya, kamu memiliki passion pada bidang gaming, kamu bisa membuat konten tentang review game atau memainkan game-game tertentu. Atau ketika kamu suka hal-hal yang berbau kreatif dan art kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan menggambar atau melukis.

Ada banyak bidang yang bisa kamu eksplor terkait dengan passion yang kamu miliki untuk membuat konten. Tidak ada batasan sehingga kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin sekaligus mengembangkan passionmu.

2. Pilih platfrom atau media sosial untuk berkarya

youtuber

Platform atau wadah untuk berkarya sangat penting kamu pilih agar tetap sesuai dengan konten yang ingin kamu buat. Terdapat banyak sekali media sosial yang bisa kamu pilih, lho!

Jangan lupa, masing-masing media sosial memiliki karakeristiknya masing-masing. Kamu tinggal sesuaikan platform mana yang cocok dan bisa mendukungmu untuk menciptakan karya. Tidak lupa, kamu juga harus mempelajari cara kerja dari platform tersebut dan bagaimana jenis audiensnya.

Sebagai contoh konten yang ingin kamu buat berbasis tulisan, kamu jangan sampai salah memilih media sosial yang berbasis video atau gambar. Untuk itu, sebelum terjun menjadi content creator kamu harus pastikan konten yang kamu buat dan platform yang akan digunakan selaras.

3. Up to date dengan perkembangan terkini

berita terbaru

Sebagai content creator, kamu harus selalu update dengan berbagai perkembangan yang ada. Mulai dari pembicaraan yang sedang ramai dibahas hingga tren terbaru yang ada di media sosial. Kamu tidak boleh kehabisan ide dan bahan untuk membuat konten yang menarik sehingga diperlukan untuk melihat tren yang ada dan mengaplikasikannya pada konten yang kamu buat.

Apabila kamu membuat konten yang terupdate, maka kamu menjadi content creator yang relevan sehingga memudahkan kamu mencari followers. Jika tidak begitu, kamu akan kesulitan untuk beradaptasi dan bersaing dengan para content creator yang lain.

4. Konsisten dalam berkarya

strategi content creator

Bagi kalian pemula yang ingin menjadi content creator, salah satu kunci dari kesuksesan adalah konsisten. Pada kenyataannya, banyak content creator yang kemudian menyerah karena tidak memiliki konsistensi dalam karyanya. Konsisten disini maksutnya fokus terhadap bidang konten yang akan kamu eksplor dan berkomitmen untuk membuat konten secara berkala.

Tips yang bisa dilakukan seperti membuat planning konten apa yang akan dibuat selama satu bulan kedepan sekaligus tentukan jadwal kamu akan posting. Hal ini membuat kamu akan keep on track sehingga tidak perlu khawatir kehabisan konten untuk dibagikan.

Perlu diingat bahwa sesuatu tidak ada yang instan, termasuk menjadi content creator. Jangan menyerah dulu ketika pada awalnya koten belum ramai dan masih sedikit yang melihat. Tetap stick to the plan dan konsisten ketika membuat karya.

Nah, tulisan di atas merupakan sedikit tips yang bisa dilakukan ketika ingin menjadi content creator. Dari beberapa tips di atas dapat dilihat bahwa menjadi content creator tidak hanya sekadar membuat konten tetapi juga perlu memiliki skill tambahan seperti kemampuan riset dan public speaking.

Kamu tidak perlu ragu, karena di EF kamu bisa meningkatkan skill berbahasa Inggris kamu yang pastinya akan membuat kamu semakin keren ketika menjadi content creator. EF memiliki banyak metode seru untuk belajar sehingga kamu tidak perlu takut merasa bosan.

Untuk kamu yang mendaftar di bulan ini, EF sedang memiliki diskon spesial, lho! Kamu juga bisa mendapatkan kelas demo gratis yang bisa kamu jumpai di laman ini. Yuk segera klaim voucher kamu dan bergabung dengan EF!

Ben Small Stars
Author
Ben