Menu
spelling bee
Education Advice

Ingin Ikut Lomba Spelling Bee, Ini Lho Bocoran Penilaiannya

Ben Small Stars
Author
Ben
2023.05.04

Kamu suka ikut lomba spelling bee atau ingin mencoba kompetisi tersebut? Sebelum kamu terjun untuk ikut lomba, Ben mau kasih sedikit bocoran lho apa saja yang akan dinilai juri. Apa itu?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kompetisi mengeja atau dikenal sebagai spelling bee adalah salah satu cabang kompetisi bahasa yang mengutamakan kemampuan mengeja yang baik.

Selain latihan yang cukup dan teratur, ternyata ada beberapa kriteria penilaian yang penting untuk diperhatikan lho.

Apa saja sih? Yuk cek di sini ya friends.

Mendengarkan dengan Seksama

Dalam kompetisi mengeja, salah satu kriteria penilaian yang bisa membantu kamu mendapat skor terbaik adalah mendengarkan dengan seksama. Jadi, siapkan telingamu baik-baik ya!

Mendengarkan kosakata yang diberikan juri secara seksama, kamu akan mudah untuk mengeja kata yang diberikan tanpa adanya kesalahan eja. Hal ini karenakan juri akan menilaimu dari pengejaan huruf dari kosakata yang diberikan.

Mengulang Kata Sebelum dan Sesudah Mengeja

Selain mendengarkan dengan seksama, alangkah baiknya kalau kamu mengulang kembali kata yang diberikan oleh juri baik sebelum dan sesudah mengeja. Dengan kamu mengulang kembali kata tersebut, juri akan menilai bahwa kamu memahami dan mendengarkan dengan seksama kosakata yang diberikan, dan tentunya ini bisa jadi nilai plus lho.

Memperhatikan Juri dan Bersuara Lantang

Suka grogi? Jangan sampai ya friends. Karena, salah satu penilaian plus dari juri dalam kompetisi ini adalah ketenangan di atas panggung.

Maksudnya apa? Kamu akan dituntut untuk memperhatikan juri ketika sedang mengeja, dan mengeluarkan suara yang lantang.

Jangan sampai ketakutan membuatmu malah jadi minder sehingga mengeluarkan suara yang kecil ya friends.

Baca juga: Suka Grogi? 5 Teknik Untuk Menghilangkan Demam Panggung

Bertanya Kepada Juri

Siapa bilang dalam kompetisi mengeja tidak boleh bertanya. Boleh banget, kok! Tapi tentu ada batasannya ketika kamu bertanya. Kamu hanya boleh bertanya mengenai asal usul kosakata, definisi kosakata, pengucapan alternatif, dan contoh kalimat.

Tetapi alangkah baiknya kalau kamu sudah familiar dengan kosakata yang diberikan agar tidak perlu banyak bertanya. Karena semakin sedikit pertanyaan yang ditanyakan akan lebih baik.

Sudah tahu kan apa saja yang perlu kamu perhatikan agar bisa menang spelling bee? Tentu selain penilaian di atas, kamu juga wajib perhatikan aturan umum yang diberikan juri ya.

Yang paling penting, kalau kamu mau memenangkan kommpetisi spelling bee, kamu harus banyak berlatih.

Kabar baiknya, kamu bisa mencoba melatih kemampuan mengeja bersama teman-teman dan guru yang handal di kelas-kelas EF lho. Menarik kan?

Jadi, latih kemampuan spelling kamu dan Bahasa Inggris sekaligus dengan bergabung di EF. Menariknya, kamu bisa mencoba kelas ini secara gratis di program kelas gratis EF.

Sampai bertemu di kompetisi ya friends!

Ben Small Stars
Author
Ben