Menu
gaya belajar
Education Advice

Ingin Anak Belajar Efektif? Ketahui Gaya Belajar yang Cocok

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.03.28

Kalau anak Anda sering terlihat bosan belajar, jangan buru-buru ditegur. Bisa jadi mereka punya gaya belajar yang berbeda. Cari tahu macam-macam gaya belajar untuk belajar efektif, yuk!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Setiap orang punya gaya belajar dan cara belajar yang unik, loh! Jadi, tidak bisa disama ratakan. Secara teknis, gaya belajar mengacu pada preferensi seseorang dalam menerima, memproses, dan memahami informasi. Gaya belajar dan cara belajar seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti faktor kognitif, emosional, lingkungan, dan bahkan pengalaman sebelumnya. Nah kali ini kita akan belajar mengetahui apa itu gaya belajar?

Gaya Belajar Model VARK

Secara umum, ada 4 gaya belajar yang dikenal luas yang dinamakan VARK model. Apa itu gaya belajar model VARK? Adalah Model ini terdiri dari visual learning, auditory learning, reading/writing learning, dan kinesthetic learning. Apakah kamu sudah tahu apa saja maksudnya? Simak penjelasan beserta contoh cara belajar berikut ya!

Gaya belajar visual

mind map

Orang yang punya gaya belajar visual akan lebih mudah menyerap informasi lewat gambar, grafik, diagram dan lain-lain. Tapi yang perlu dipahami yaitu cara belajar mereka bukan lewat foto atau video. Belajar efektif versi tipe ini adalah dengan menunjukkan hubungan antar ide yang berbeda lewat gambaran pola dan bentuk. Misalnya lewat diagram alir atau mind map.

Gaya belajar auditori

gaya belajar auditori

Anak Anda belajar dengan berbicara lantang atau mendengarkan rekaman? Kalau iya, berarti ia punya gaya belajar auditori. Tipe auditori sangat suka belajar dengan mendengarkan atau berbicara. Karena bagi mereka, mengucapkan sesuatu dengan lantang membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik. Anda bisa membantu mereka belajar lewat diskusi atau menjelaskan secara langsung.

Gaya belajar membaca/menulis

gaya belajar visual

Orang yang punya gaya belajar membaca atau menulis akan bisa belajar efektif ketika diberi materi untuk dibaca dan dirangkum. Bagi mereka, teks jauh lebih jelas daripada harus melihat gambar. Cara belajar yang bisa dicoba untuk tipe ini adalah, menulis esai, menjelaskan diagram dalam bentuk teks, atau merangkum sebuah bab dalam buku.

Gaya belajar kinestetik

gaya belajar kinestetik

Learning by doing, itulah yang paling tepat menggambarkan orang dengan gaya belajar ini. Mereka akan jauh lebih cepat memahami sesuatu ketika dibiarkan terjun langsung untuk mencoba sesuatu. Cara belajar terbaik untuk menyajikan informasi baru pada tipe ini yaitu lewat praktik, eksperimen, atau simulasi.

Gaya Belajar Lainnya

Itu tadi empat gaya belajar yang dikenal luas dan dijadikan panduan seluruh institusi pendidikan. Selain keempat gaya belajar tadi, ada beberapa gaya belajar lagi yang sedikit kurang umum tapi tidak ada salahnya untuk dipahami juga.

Gaya belajar logis/analitis

Seperti namanya, orang tipe ini bergantung pada logika dan keterampilan analitis untuk memahami subjek tertentu. Orang yang punya gaya belajar logis ini mencari koneksi, penyebab, pola, dan hasil. Anda dapat membantu dengan mengajukan pertanyaan yang merangsang mereka untuk mengaktifkan keterampilan pemecahan masalah dan penalaran.

Gaya belajar sosial

Orang dengan gaya belajar sosial menyukai aktivitas yang melibatkan interaksi dengan teman sebaya. Anda bisa mendukungnya dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam kelompok atau ikut kursus bersama teman sebaya.

Gaya belajar soliter

Berlawanan dengan sosialis, individu yang punya gaya belajar soliter lebih menyukai belajar sendiri tanpa berinteraksi dengan orang lain. Cara belajar tipe ini adalah dengan memberikan tugas atau pertanyaan untuk mengenal diri mereka dan mengasah kemampuan pemecahan masalah.

Gaya belajar naturalis

Orang dengan gaya belajar naturalis sangat menyukai berada di alam. Lingkungan yang ideal bagi mereka adalah di luar ruangan, mengeksplor alam yang tenang dan santai. Belajar efektif bagi tipe ini bisa dengan belajar di luar ruangan, mengikuti kelas alam, atau mengunjungi taman dan kebun binatang.

Sudah paham, kan? Dengan memahami macam-macam gaya belajar, Anda bisa menciptakan lingkungan belajar efektif dalam kehidupan sehari-hari di rumah yang bisa membantu anak-anak belajar dengan maksimal. Perlu diingat kalau gaya belajar kebanyakan orang adalah kombinasi dari seluruh gaya belajar di atas. Namun seringnya, mereka punya gaya belajar yang dominan.

Di EF, anak-anak akan belajar Bahasa Inggris dengan sistem belajar yang unik ala EF. Mereka akan belajar bersama guru-guru profesional dengan metode yang mengkombinasikan gaya belajar di atas.

Ingin tahu bagaimana proses belajar Bahasa Inggris di EF? Daftarkan anak Anda di program kelas gratis EF sekarang! cukup daftarkan nomor handphone sudah bisa ikut kelas gratis di EF Center di kota Anda.