Menu
radio
News and Lifestyle

Hari Radio Sedunia! Yuk Kenalan dengan Penemu Radio

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.13

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 13 Februari diperingati sebagai World Radio Day atau Hari Radio Sedunia? Untuk merayakannya, ayo kita belajar tentang penemu radio dan sejarah Hari Radio Sedunia.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Masihkah kamu mendengarkan siaran radio? Biasanya siaran radio didengarkan di dalam mobil saat sedang dalam perjalanan. Di masa sekarang, popularitas radio memang sudah berkurang. Radio sudah tergeser oleh aplikasi streaming musik dan video. Meskipun radio tetap berusaha eksis dengan menambahkan platform-nya menjadi radio streaming atau radio online. Jauh sebelum ada internet dan televisi, radio adalah media komunikasi dan informasi yang punya peran sangat penting.

Marconi, Penemu Radio Pengubah Dunia

Sejarah radio diawali oleh Guglielmo Marconi, beliau merupakan bapak penemu radio. Pada awal penemuannya di tahun 1890-an, Marconi mencoba mengirimkan pesan berupa kode Morse lewat gelombang radio. Radio pada masa itu masih disebut sebagai telegraf nirkabel karena radio mengirimkan pesan melalui gelombang radio, bukan melalui kabel seperti telegraf.

Sejak saat itu, radio terus berkembang. Awal tahun 1920-an tercatat sebagai titik balik sejarah radio. Di tahun tersebut, radio mulai menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Radio mulai dikomersialkan, dan ratusan stasiun radio di Eropa menyiarkan berita, drama, sampai musik. Tidak hanya berperan sebagai sarana hiburan masyarakat, radio pada saat itu juga berperan penting dalam Perang Dunia I dan II sebagai alat komunikasi dan penyebaran informasi.

Sejak tahun 1920-an, radio terus berkembang di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia terutama ketika masa-masa setelah Kemerdekaan RI dengan hadirnya Radio Republik Indonesia (RRI). Kini, radio tradisional memang sudah ketinggalan zaman dan tidak digunakan. Tapi sebaliknya, radio zaman sekarang berkembang lewat cara yang berbeda. Radio kini menggunakan rradio berbasis satelit dan stasiun radio berbasis internet sehingga dapat diakses dimanapun.

Di Indonesia sendiri ada banyak saluran radio yang bisa kamu dengarkan baik skala lokal maupun nasional, baik itu saluran radio fm atau radio am. Setiap saluran radio punya gaya siaran dan target pendengar masing-masing mulai dari anak muda sampai orang tua.

Kalau kamu, saluran radio apa yang sering kamu dengarkan dan ingin merekomendasikannya ke orang lain? Yuk bagikan rekomendasi saluran radio favoritmu dan dapatkan kesempatan memperoleh merchandise eksklusif dari EF (terbatas hanya untuk 30 orang yang beruntung saja ya).

radio terbaik

Saluran radio apa yang terbaik di kotamu? Ayo bagikan pengalamanmu mendengarkan radio!

Cerita yuk!

Peringatan Hari Radio Sedunia

Perayaan Hari Radio Sedunia ini berawal dari United Nations Radio yang didirikan pada 13 Februari 1946. Hari Radio Sedunia diproklamirkan pada Konferensi Umum UNESCO pada tahun 2011, mengikuti proposal awal dari Spanyol. Sejak itu, setiap tahun, tanggal 13 Februari diperingati sebagai Hari Radio Sedunia.

Kenapa harus membuat perayaan khusus untuk radio? Hal ini karena radio adalah media yang murah dan populer, yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil. Radio terus mengudara ketika media lain tidak berfungsi, baik untuk komunikasi darurat atau setelah bencana alam. Radio juga merupakan media yang mampu beradaptasi dengan perkembangan.

Tujuan Hari Radio Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya radio dan mendorong para pembuat keputusan untuk menggunakannya untuk menyediakan akses informasi, dan untuk meningkatkan kerjasama internasional di antara para penyiar.

Bagaimana topik kali ini? Menarik kan? Kamu jadi tahu tentang sejarah radio, penemu radio dan latar belakang kenapa ada peringatan Hari Radio Sedunia.

Oh iya, kamu juga bisa membuka wawasan lebih luas kalau kamu bisa berbahasa Inggris, loh!

Kalau kamu mau jago berbahasa Inggris, kamu bisa ikut kursus di EF. Kamu akan belajar bersama guru-guru yang seru dan ahli, jadi kamu tidak akan bosan. Kamu juga bisa coba ikut kelas gratis hanya dengan mendaftarkan nomor handphone kamu!

Mudah kan cara mendaftarnya? Sampai jumpa di kelas ya!