Menu
hari kucing sedunia
News and Lifestyle

Hari Kucing Sedunia, Ini Fakta Seru tentang Kucing

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.04

Tahukah kamu pada tanggal berapakah diperingati sebagai hari kucing sedunia atau International cat day? Yap, hari kucing sedunia atau International cat day diperingati setiap tanggal 8 Agustus, setiap tahunnya, loh. Untuk kamu yang suka sekali dengan kucing sepertinya kamu harus tahu tanggal penting ini ya. 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk memperingati hari kucing sedunia, Tom akan memberikan kamu Fakta-fakta unik dan seru tentang kucing. Simak terus artikel ini sampai habis ya!

Let’s check this out! 

Fakta seru tentang kucing!

mengucapkan lelah dalam bahasa Inggris

1. Kucing menghabiskan 70% waktunya untuk tertidur.

Ternyata setiap kucing menghabiskan 70% waktunya untuk tertidur, loh.  Waktu tidur kucing dalam sehari kurang lebih 13-16 jam, bahkan terkadang untuk sebagian kucing bisa tertidur sampai 20 jam dalam sehari. Ternyata tidur merupakan cara mereka untuk menyimpan energinya.

2. Kucing dapat memutar telinga hingga 180°.

Tahukah kamu fakta yang satu ini? Ternyata benar loh, kalau telinga kucing dapat memutar hingga 180°. Hal tersebut dikarenakan kucing memiliki 32 jaringan otot pada telinga yang dapat mengendalikan telinganya untuk bergerak hingga 180°.  

3. Kucing dapat merasakan emosi manusia.

Ternyata setiap kucing dapat merasakan emosi pada diri manusia khususnya pemiliknya, loh. Dari emosi sedih, senang, takut, dan sebagainya, binatang berbulu itu bisa merasakannya. Sebagai contoh, jika kamu sedih kucing akan ikut merasakan kesedihan tersebut, mereka akan berperilaku seperti ingin menghiburmu atau bahkan seperti sedang melindungimu.

4. Kucing memiliki kemampuan Nightvision.

Kamu pasti sudah pernah mendengar bahwa kucing dapat melihat dalam keadaan gelap, kan? Nah, kemampuan itu dinamakan kemampuan nightvision. Kucing secara sadar mampu melihat dengan baik dalam keadaan tidak ada cahaya sama sekali. Sangat menarik ya.

fakta unik kucing

5. Kumis kucing merupakan alat navigasi.

Nah, selain kemampuan nightvision, kucing juga menggunakan kumisnya untuk menjadi alat navigasi saat di area-area yang minim cahaya atau bahkan tidak ada cahaya sama sekali.

6. Kucing dapat berkeringat.

Wah, tidak hanya manusia, ternyata kucing juga bisa berkeringat, loh. Kucing memiliki kelenjar keringat pada bagian bawah bantalan kakinya. Nah, hal ini yang menyebabkan kucing hanya mengeluarkan keringat melalui cakarnya saja. Coba kamu perhatikan jika suhu di ruangan sedang panas kamu akan melihat cakar kucing yang basah karena keringatnya.

7. Mampu melompat sejauh 5 kali panjang tubuhnya.

Kucing rata-rata dapat melompat sejauh 5 kali panjang tubuhnya, tetapi tidak semua kucing dapat melompat sejauh itu. Hal ini tetap dipengaruhi oleh proporsi badan kucing itu sendiri. Semakin gemuk kucing semakin susah kucing tersebut untuk melompat jauh.

8. Kucing bisa bermimpi saat tidur.

Jika kamu melihat kucing menggerakkan mulutnya atau melakukan hal-hal aneh lain saat tidur, tandanya kucing tersebut sedang mengigau. Ternyata mirip sekali ya seperti manusia, binatang berbulu yang satu ini juga ternyata bisa bermimpi ketika tertidur. Kira-kira apa ya yang dimimpikan oleh kucing ketika tidur?

international cat day

9. Kucing dapat berlari dengan sangat cepat.

Pernahkah kamu melihat kucing berlari? Kucing biasanya akan berlari ketika sedang merasa terancam atau sedan mengejar musuhnya. Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata kucing dapat berlari dengan sangat cepat. Kecepatan rata-rata kucing saat berlari bisa mencapai 30 mph atau setara dengan mengendarai motor dengan kecepatan 48km/jam.

10. Kucing tidak bisa merasakan manis.

Ternyata, faktanya kucing tidak bisa merasakan manis, loh. Kucing sebenarnya memiliki sel perasa yang dapat merasakan rasa manis, tapi sel tersebut tidak bekerja dengan baik pada tubuh kucing. Hal tersebut yang menyebabkan kucing tidak bisa merasakan makanan atau minuman manis. 


Bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui fakta-fakta seru dan menarik tentang kucing seperti yang disebutkan Tom di atas? Ternyata banyak fakta tentang kucing yang mengejutkan ya. Setelah ini kamu mau fakta unik apalagi? Kalau kamu ingin mencari fakta-fakta unik tentang sesuatu, jangan lupa simak EF Blog terus. 

Nah, kalau kamu mau belajar bahasa Inggris, kamu dapat bergabung dengan Free Demo Class EF, loh! Guru-guru yang mengajar merupakan guru yang profesional dan memiliki metode mengajar yang sangat seru, loh.  

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang juga, sebelum kehabisan!😉