Menu
sains
News and Lifestyle

Hari Internasional Perempuan dalam Sains, Berperan Penting dalam Sejarah Dunia!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.11

Apakah kamu tahu hari ini hari apa? Bukan hanya hari sabtu, tanggal 11 februari adalah hari internasional perempuan dalam sains loh! Kamu sudah tahu belum nih?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tak hanya laki-laki yang memiliki peran penting dalam dunia sains dan teknologi, banyak perempuan tangguh yang bisa membuktikan eksistensinya dalam mencapai mimpinya menjadi seorang ilmuwan! Kamu pernah dengar nama Marie Curie, Rosalind Franklin, dan Dr. Grace Murray Hopper? Mereka adalah beberapa perempuan luar biasa yang bisa mengubah dunia loh!

Siapa saja ilmuwan perempuan yang memiliki kontribusi pada dunia? Yuk simak artikel ini!

1. Florence Parpart

kulkas

Di mana tempat kamu menaruh makanan dan minuman agar bertahan lama? Pasti di kulkas bukan? Hayo, siapa ya yang menemukan inovasi ini? Yup, dia adalah Florence Parpart! Pada tahun 1914, Florence berhasil menemukan inovasi kulkas elektrik, di mana saat itu masyarakat membutuhkan alat untuk mengawetkan sesuatu. Selain kulkas, Florence juga mematenkan sapu pembersih jalanan.

2. Ada Lovelace

komputer

Kalau perempuan yang satu ini kamu sudah tahu belum nih? Ia adalah matematikawan dari Inggris yang berhasil menemukan komputer mekanika pertama, termasuk penggunaan algoritma pertama yang dimasukkan ke dalam sistem mesin. Ia diberi julukan “The Enchantress of Numbers” Wah keren sekali ya?

3. Marie Van Brittan Brown

cctv

CCTV biasanya dijadikan alat bukti yang kuat untuk mengetahui sebuah kebenaran. CCTV ini bisa ditempatkan di berbagai sudut. Misalnya di teras rumah, gunanya untuk mengetahui siapa saja yang datang. Kamu pernah dengar kasus kriminal di mana polisi mengecek CCTV di tempat kejadian agar mengetahui siapa pelaku kejahatan? Nah, saking pentingnya CCTV, sebagian orang pasti akan memasangnya, baik di rumah, di tempat umum, dan di mana pun.

Di balik penemuan CCTV, Marie lah yang menemukannya. Berawal dari keresahan Marie terhadap polisi akan lingkungan sekitarnya, ia dan suaminya menciptakan sistem keamanan untuk memantau kediaman mereka. Kamu pasang CCTV ga nih di rumah?

4. Dr. Grace Murray Hopper

kompilator

Tak hanya Ada Lovelace, dalam dunia matematika, ada seorang ilmuwan yang bernama Dr. Grace Hopper. Ia adalah salah satu pemogram komputer dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa program komputer. Selain menjadi seorang ilmuwan, Dr. Grace juga berprofesi sebagai Admiral Angkatan Laut Amerika Serikat. Pangkat tersebut setara dengan pangkat tertinggi kedua. Keren sekali!

5. Marie Curie

radiologi

Perempuan yang satu ini juga tak kalah hebatnya. Ia berhasil mendapatkan penghargaan Nobel dua kali dalam bidang radiologi. Ia adalah lulusan Universitas Sorbonne, Prancis dengan jurusan fisika dan matematika. Marie adalah seorang perempuan yang sangat berdedukasi untuk penemuan dunia. Misalnya, hasil dari hadiah nobel ia gunakan untuk melanjutkan penelitian. Selain itu, Marie adalah perempuan pertama yang meraih hadiah Nobel.

6. Rosalind Franklin

dna

Kamu pernah dengar apa itu DNA? DNA merupakan singkatan dari deoxyribonucleic acid. Apakah kamu tahu? Bahwa Rosalind Franklin sudah menjadi ilmuwan di usianya yang masih sangat belia, yaitu usia 15 tahun. Ia berhasil lulus ujian masuk Universitas Cambridge. Selain memiliki karya yang berfokus pada masalah perang, ia juga berhasil menemukan struktur DNA.

7. Adi Utarini

nyamuk

Tak mau kalah dari negara lain, Indonesia juga memiliki ilmuwan berpengaruh di dunia loh! Yup, ia adalah Adi Utarini. Ia memiliki peran dalam dunia kesehatan dengan meneliti cara pengurangan Demam Berdarah Dengue (DBD). Namanya masuk ke dalam Times 100, yaitu 100 orang paling berpengaruh di dunia. Ia memiliki kesempatan untuk memimpin penelitian dalam penggunaan nyamuk ber-Wolbachia untuk mengurangi penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk penyebab DBD.

8. Korri Elvanita

hati

Kamu tahu penyakit kanker hati? Nah, Korri Elvanita adalah perempuan dibalik pendeteksi dini kanker hati melalui metode gen. Ia juga berasal dari Indonesia dan berhasil meraih gelar Doctor of Philosophy di Universitas Sydney. Alasan dasar Korri menciptakan pendeteksi ini adalah karena 30 juta orang di Indonesia terjangkit hepatitis dan terlambat didiagnosa. Selain itu, Korri mendapat banyak prestasi seperti Westmead Research Foundation Top-Up Grant.

9. Katherine Johnson

nasa

Merupakan seorang matematikawan berkebangsaan Afrika-Amerika, Katherine memiliki peran yang besar dalam perjalanan luar angkasa NASA. Ia menyelesaikan studinya di usia 18 tahun dengan gelar summa cum laude dari Universitas West Virginia of State. Ia terlibat dalam proyek Apollo 11, di mana ia berhasil mengirimkan kalkulasi matematika untuk astronot agar kembali ke bumi. Dengan prestasinya dalam dunia matematika, ia berhasil mendapat berbagai penghargaan, seperti Mathematician of the Year pada tahun 1997 dan juga Presidential Medal of Freedom pada 2015.

10. Helen Adams Keller

penulis

Tidak spesifik dalam dunia sains, namun perempuan yang satu ini adalah contoh perempuan tangguh yang juga patut kamu tiru. Ia adalah Helen Keller, seorang penulis, aktivis politik, sekaligus seorang dosen. Namun, tahukah kamu? Helen memiliki keadaan unik, yaitu tidak bisa melihat dan mendengar. Di balik situasinya, ia berhasil meraih 2 piala Oscar dari kisah hidupnya. Bahkan ia mendapat penghargaan sebagai Presidential Medal of Freedom dan The Lions Humanatarian Awards. Bukunya yang terkenal berjudul “The Story of My Life” dan “The World I Live In” yang berhasil diterjemahkan ke dalam 50 bahasa.


Itu dia 10 ilmuwan perempuan berpengaruh di dunia! Ada banyak perempuan lainnya yang juga memiliki peran penting di berbagai bidang. Di balik kehebatannya, mereka juga memiliki berbagai latar belakang dengan keterbatasan yang mampu membuat mereka tetap belajar hingga akhirnya membuahkan karya yang luar biasa dan bisa kamu nikmati saat ini.

Kamu juga memiliki kesempatan untuk sama seperti para ilmuwan hebat di atas loh! Salah satu cara agar kamu bisa menembus pasar dunia adalah bisa berbahasa Inggris, karena bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Nah, kamu mau meningkatkan skill bahasa Inggrismu? Yuk coba Kelas EF! Gratis! Selain dibimbing oleh guru berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan belajar materi yang menyenangkan loh. Ayo daftarkan dirimu segera! Tom tunggu di kelas ya 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 11-02-2023