Menu
Hari Besar Unik yang Harus Kamu Tahu
News and Lifestyle

Hari Besar Unik yang Harus Kamu Tahu

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.31

Tahukah kamu bahwa di dunia ini banyak sekali peristiwa yang bisa dirayakan bersama? Bukan hanya hari raya yang sering dijadikan sebagai hari libur saja loh, ternyata ada juga peringatan unik di berbagai dunia yang harus kamu tahu.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Biasanya kita selalu merayakan hari besar agama dan hari pahlawan yang selalu diperingati secara nasional maupun internasional tiap tahunnya. Seperti perayaan Hari Natal, Maulid Nabi Muhammad SAW, hingga Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tujuan dari adanya hari besar ini bukan sekedar memperingati sebuah peristiwa saja, melainkan terdapat makna dan sejarah di baliknya yang perlu kita tahu.

Sudah penasaran hari besar unik apa saja yang ada di dunia? Let’s check this out!

1. Hari Tidur Sedunia

hari tidur sedunia

Siapa di antara kamu yang senang dengan hari tidur sedunia? Sayangnya hari tidur sedunia ini tidak menjadi tanggal merah ya. Namun, apakah kamu tahu makna sesungguhnya dari hari tidur sedunia?

Hari tidur sedunia diperingati setiap tanggal 18 Maret. Tujuan dari adanya hari besar ini yaitu untuk membantu mereka yang memiliki gangguan atau masalah tidurnya. Oleh karena itu, hari tidur sedunia menjadi penting diperingati agar seluruh dunia tahu tentang pentingnya tidur dan cara agar bisa tidur dengan normal.

2. Hari Melon

Setiap tanggal 12 Agustus, warga Turkmenistan akan selalu memperingati Hari Melon Nasional. Kira-kira, apa maksud dan tujuan perayaan Hari Melon?

Konon pada zaman dahulu, melon yang ada di wilayah Turkmenistan merupakan melon terbaik di dunia. Selain karena buahnya yang manis, melon juga dikenal karena khasiatnya yang bisa dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Berdasarkan hal ini akhirnya melon dijadikan sebagai hari besar dengan mengadakan festival buah melon. Di festival ini, kita juga akan menemukan melon-melon yang diukir dengan sangat indah oleh para peserta.

3. Hari Celana Joging

Apakah kamu gemar menggunakan celana joging atau sweatpants sekedar untuk bersantai di rumah? Ternyata ada loh hari besar untuk memperingati celana joging.

Sejarah yang mendorong peringatan ini yaitu karena sweatpants sempat dipandang sebagai ‘dosa besar’ dalam dunia fashion. Namun pada akhirnya celana joging ini disukai oleh banyak orang karena kenyamanannya sebagai pakaian sehari-hari.

4. Hari Panik

Adanya hari panik bukan berarti cara memperingatinya harus dengan panik juga ya. Ternyata hari panik yang selalu diperingati setiap tanggal 18 Juni ini ditunjukkan untuk orang yang menderita gangguan mental anxiety disorder.

5. Hari Piknik Boneka Beruang

Hari Piknik Boneka Beruang

Hari besar ini berawal dari instrumental John Walter Bratton yang berjudul The Teddy Bear’s Picnic sejak awal abad ke-20. Hingga pada akhirnya sebuah perusahaan memutuskan untuk menjadikan lagu tersebut sebagai hari libur nasional dan merilis berbagai produk mainannya.

6. Hari Tertawa

Jika setiap tanggal 2 Mei kita akan selalu memperingati Hari Pendidikan Nasional, maka kamu harus tahu bahwa di tanggal yang sama ini juga diperingati sebagai Hari Tertawa sedunia.

Sesuai dengan namanya, cara merayakan hari besar ini yaitu dengan membuat seseorang di sekelilingmu merasa bahagia. 

7. Hari Tanpa Diet

Meskipun terdengar cukup unik, hari besar yang selalu diperingati pada tanggal 6 Mei ini bertujuan untuk mengajak kita menerima bentuk tubuh apa adanya.

Cara merayakan hari diet ini yaitu dengan mengimbau kepada teman-teman kita agar tetap menjalankan gaya hidup sehat tanpa harus memandang bahwa tubuh yang sempurna adalah tubuh yang kurus.

8. Hari Berbicara Ala Bajak Laut

Hari Berbicara Ala Bajak Laut

Apakah kamu suka dengan serial kartun SpongeBob SquarePants? Dalam serial itu, kamu akan menemukan sosok bajak laut yang selalu berada di kapalnya. Namun apakah pernah terpikirkan olehmu untuk berbicara bahasa bajak laut?

Sambil menerka-nerka bagaimana berbicara ala bajak laut, kamu bisa mempraktikkannya bersama-sama di tanggal 19 September yang akan selalu diperingati Hari Berbicara Bahasa Bajak Laut Internasional.

Selain 8 hari besar unik yang telah disebutkan di atas, masih banyak loh perayaan unik di berbagai dunia lainnya.

Sambil menelisik hari besar unik lainnya, gabung di kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris EF yuk! Bagaimana caranya? Mudah banget. Tinggal klik tombol pink di bawah ini dan klaim voucher-mu sekarang. Buruan, kesempatan ini terbatas!

Yuk, jadi pintar bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben