Menu
grammar game
Grammar and Vocabulary

Grammar Game yang Bikin Belajar Makin Menyenangkan

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.31

Grammar memang bagian yang menantang bagi orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Tapi jangan sampai membuat kamu malas belajar grammar ya EFriends. Bagaimana kalau kita belajar grammar pakai game bahasa Inggris? Lihat yuk ada game apa saja.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hayo, siapa EFriends yang tidak suka belajar grammar? Tahu nggak sih, belajar grammar nggak harus membosankan dan membuat stres, kok. Kamu nggak harus selalu membaca buku dan mengerjakan latihan soal. Sekarang, tutup bukumu dan ajak teman-temanmu memainkan game bahasa Inggris berikut ini.

simon says game

Simon Says

Grammar game yang pertama adalah “Simon Says”. Ini adalah game untuk menantang orang lain untuk bertindak sesuai perintah. Permainan ini bagus untuk melatih pemahaman struktur kalimat untuk instruksi/bentuk imperatif. Cara bermainnya adalah, ada satu orang pemimpin yang meneriakkan perintah. Kalau si pemimpin menyertakan ucapan Simon di awal perintah, para pemain mengikuti perintah. Kalau si pemimpin tidak menyertakan kata Simon, para pemain akan diam.

Misalnya, temanmu bisa meletakkan tangan mereka di atas kepala untuk noun (misalnya chair atau bag), melompat di tempat untuk verb (misalnya sleep atau jump), atau menyentuh ujung hidung untuk adjective (misalnya hot atau funny).

Membuat Kalimat dari Flashcard

Flashcard sangat bagus untuk belajarstruktur kalimat. Kamu dan teman bisa membuat berbagai flashcard yang berisi campuran kata kerja, subjek, huruf kapital, huruf kecil, tanda baca, dan elemen kalimat lainnya. Lalu, kalian bisa membuat kalimat sendiri.

Sistem permainannya bisa bermacam-macam, misalnya berdasarkan kecepatan (pemenangnya adalah yang pertama membentuk kalimat) atau berdasarkan struktur kalimat (pemenangnya adalah orang yang memasukkan elemen terbanyak dalam sebuah kalimat).

Parts of Speech dengan Engklek

Kamu pasti tahu kan apa itu permainan engklek? Di taman bermain atau halaman rumah, kamu bisa menggambar petak-petak engklek lalu melabelinya dengan noun, pronoun, verb, adjective, atau yang lainnya. Untuk memainkannya, sama seperti peraturan main engklek pada umumnya. Tapi, saat kamu mendarat di kotak tertentu, kalian harus menyebutkan sebuah kata dan membuat kalimat dari kata tersebut.

Tebak Kata

Salah satu permainan yang seru nih EFriends. Kamu bisa bermain berpasangan, lalu secara bergantian memeragakan kalimat atau kata tanpa berbicara. Pasanganmu harus bisa menebak elemen grammar yang sedang kamu peragakan, apakah noun atau adjective atau yang lainnya.

Bingo

Yup, bingo juga bisa kamu gunakan untuk belajar grammar. Kamu dan teman-temanmu bisa membuat kotak-kotak berisi beragam kata dari setiap kategori part of speech. Setelah selesai, ada orang yang akan menyebutkan part of speech-nya, dan kalian bisa mencoret kata yang sesuai.

Grammar Detective

Yuk jadi detektif grammar. Kamu bisa meminta gurumu menuliskan beberapa kalimat atau paragraf, lalu berlomba dengan temanmu untuk menemukan kesalahan dari kalimat tersebut. Siapa yang paling teliti dan banyak menemukan kesalahan, dia yang menang!

Tenses Matching Game

Game ini adalah cara yang menyenangkan untuk membantumu dan teman memperkuat pemahaman tentang bentuk present tense dan past tense. Dengan menggunakan kartu dan pena, tulislah bentuk present tense dan past tense dari beberapa kata berbeda. Misalnya cook dan cooked, run dan ran, sleep dan slept. Gunakan pena dengan warna berbeda untuk menulis tenses yang berbeda, sehingga setiap rangkaian kata yang cocok memiliki satu warna dan warna lainnya

Acak kartu dan masukkan ke dalam kotak. Lalu, minta temanmu memilih kartu satu per satu dan membaca setiap kata dengan lantang. Setelah kartu dibacakan, letakkan menghadap ke atas pada permukaan yang keras. Saat kotaknya sudah kosong,, kamu dan temanmu bisa mencocokkan masing-masing kartu dengan kartu lainnya yang benar.

Itu tadi beberapa ide grammar game yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. Ternyata belajar bahasa Inggris bisa seseru itu kan EFriends? Jadi semangat belajar lagi, deh.

Yuk buat belajar bahasa Inggris jadi kegiatan yang seru. Di EF, kamu akan belajar bahasa Inggris dengan cara-cara menyenangkan yang terasa seperti sedang bermain bersama teman dan guru. Tidak cuma belajar di kelas, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris sambil melakukan hobi lewat kegiatan LifeClub.

Jangan lewatkan keseruannya, yuk segera bergabung di program kelas gratis EF bulan ini. Kamu bisa daftar dengan mengisi nomor handphone di form yang tersedia ya. Ayo seru-seruan bersama Tom!