Menu
generasi milenial, alfa, boomer

Generasi Milenial, Alfa, Boomer, Kamu Masuk yang Mana?

trend and lifestyle
2020.06.10
ben icon

Akhir-akhir ini, mungkin kamu pernah melihat orang-orang di dunia maya yang menyebut diri mereka atau orang lain dengan sebutan milenial, boomer, alpha, atau bahkan generasi Z. Namun, apa sih sebenarnya arti dari istilah-istilah tersebut?

Generasi sendiri adalah sekelompok orang yang lahir sekitar waktu yang sama dan dibesarkan di tempat yang sama. Orang-orang dalam "kelompok kelahiran" ini menunjukkan karakteristik, preferensi, dan nilai moral yang serupa karena dibesarkan dalam zaman yang sama dalam perjalanan hidup mereka.

Penyebutan ini menjadi populer karena biasanya suatu kelompok usia merepresentasikan satu generasi yang memiliki pola berpikir dan kecenderungan gaya hidup yang mirip. Apa saja sih generasi-generasi yang sampai sekarang masih ada?

Yuk, simak pada daftar berikut! Kira-kira, kamu masuk yang mana ya?

1. Traditionalists or Silent Generation

silent generation

Kebanyakan orang yang berasal dari generasi ini lahir pada masa 'Depresi Hebat'. Pada masa itu, kebanyakan orang yang merupakan bagian dari silent generation lahir pada tahun 1925 hingga 1945. Orang tua dari generasi ini kebanyakan berasal dari Lost Generation (Generasi yang ada pada saat perang dunia I).

Generasi ini tumbuh dengan sebuah anggapan bahwa kehidupan yang mereka miliki di masa depan akan sulit untuk dijalani. Pada era ini, hadiah Natal biasanya hanya berupa hal sederhana seperti buah Jeruk atau makanan lengkap.

Generasi ini juga disebut sebagai Silent Generation karena sebagai kelompok mereka tidak berani untuk menyuarakan pendapat atau suara mereka akan suatu hal. Generasi ini merasa bahwa menyuarakan suara atau pendapat adalah hal yang berbahaya bagi diri mereka sendiri.

2. Baby Boomers

Baby boomers

Baby Boomers adalah sebutan bagi orang-orang yang lahir pada tahun 1946 hingga 1964. Generasi ini sering dikaitkan sebagai generasi dengan hak istimewa, karena banyak yang tumbuh selama periode peningkatan kemakmuran--sebagian karena subsidi pemerintah pasca-perang yang meluas dalam perumahan dan pendidikan.

Sebagai sebuah kelompok, Generasi Baby Boomer dikatakan lebih kaya, lebih aktif dan lebih bugar secara fisik daripada generasi sebelumnya dan merupakan generasi pertama yang tumbuh dengan anggapan bahwa dunia akan membaik seiring berjalannya waktu.

Mereka juga merupakan generasi yang mencapai tingkat pendapatan tertinggi di tempat kerja dan dapat menikmati manfaat dari makanan berlimpah, pakaian, program pensiun, dan bahkan produk "krisis paruh baya". Namun, generasi ini juga sering dikritik karena peningkatan konsumerisme yang dianggap berlebihan.

3. Generation X

Istilah Generation X diberikan pada orang-orang yang lahir pada awal tahun 1960an hingga awal tahun 1980an, banyak orang juga setuju bahwa tahun 1965 hingga tahun 1980 merupakan tahun yang tepat bagi generasi ini.

Pada masa pergeseran nilai-nilai sosial, Generation X kebanyakan masih berusia anak-anak dan disebut sebagai "generasi kunci". Pada generasi ini, terjadi berkurangnya pengawasan orang dewasa pada anak-anak dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan juga meningkatnya tingkat perceraian dan peningkatan partisipasi wanita dalam angkatan kerja.

Pada tahun 1990-an mereka kadang-kadang disebut sebagai generasi pemalas, sinis dan tidak puas. Beberapa pengaruh budaya pada pemuda Gen X adalah genre musik grunge,hip hop, dan film independen.

Namun, berlawanan dengan anggapan generasi sebelumnya pada generasi X, penelitian memperkirakan bahwa kebanyakan generasi X akan menghabiskan masa tua mereka sebagai orang yang aktif, bahagia, dan mencapai keseimbangan kerja-kehidupan.

4. Generation Y atau Millennials

Millenials mungkin merupakan salah satu istilah yang paling sering kamu dengar. Generasi ini terdiri dari orang-orang yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996. Generasi Millenial kadang-kadang disebut sebagai "echo boomers" karena adanya lonjakan besar dalam tingkat kelahiran pada 1980-an dan 1990-an, dan juga karena millennials seringkali merupakan anak-anak dari baby boomers.

Karakteristik millennials berbeda-beda untuk setiap wilayah dan juga individu, dan kelompok ini mengalami berbagai kondisi sosial dan ekonomi, tetapi mereka umumnya ditandai oleh kemahiran yang mereka miliki karena besar di zaman perkembangan informasi.

Generasi ini juga identik dengan kepiawaian mereka dalam menggunakan teknologi digital, serta terlibat aktif dalam media sosial.

5. Generation Z

generation z

Generasi ini melambangkan orang-orang yang lahir pada tahun 1996 hingga tahun 2010. Generasi ini biasanya merupakan anak dari Generasi X dan juga millenials.

Anggota Generasi Z biasanya telah menggunakan teknologi digital sejak usia muda dan merasa nyaman dengan Internet dan media sosial, tetapi belum sepenuhnya terlibat dalam pengembangan teknologi yang membangun sistem canggih yang mereka gunakan.

6. Generation Alpha

Generation Alpha adalah generasi paling muda yang hidup saat ini. Nama generasi ini diberikan pada anak-anak yang lahir pada tahun 2010 hingga tahun 2025 mendatang. Biasanya, Generation Alpha adalah anak-anak dari para Millenials.

Generasi ini tumbuh dengan dikelilingi oleh teknologi sebagai hiburan saat mereka berusia masih sangat dini. Kebanyakan dari orang tua mereka adalah pengguna teknologi dan media sosial, sehingga generasi ini akan mengenali masa kecil mereka dengan tren-tren yang terjadi belakangan ini.

Tumbuh dalam generasi yang dipenuhi dengan berbagai jenis informasi yang merebak dengan luas, generasi ini akan memiliki tantangannya sendiri dalam memilah-milah mana yang benar dan salah. Walau begitu, Generation Z diharapkan dapat membimbing generasi baru ini untuk bijaksana dalam menggunakan teknologi di masa depan.


Itulah istilah-istilah generasi yang masih ada dan hidup dalam zaman modern ini. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu sudah bisa mengenali generasi yang mewakilkan usiamu?

Sebagai generasi muda, kamu juga harus terus rajin belajar untuk mempersiapkan masa depanmu. Misalnya dengan mempelajari tentang tenses bahasa Inggris atau mengikuti kelas eksklusif di EF.

Yuk, jadi generasi yang cemerlang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.