Menu
cerita fiktif
Grammar and Vocabulary

Fictive, Fictional, Fictitious, Apa Perbedaanya?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.09

Ketika membaca buku cerita atau menonton film kartun, kita seolah-olah dibawa masuk ke dunia ajaib yang penuh dengan karakter hebat dan tempat-tempat yang luar biasa. Tapi, tahu nggak, EFriends, semua itu sebenarnya hanya dibuat dari imajinasi pikiran penulis. Ada istilah seperti "fictional," "fictitious," dan "fictive" yang digunakan untuk bicara tentang hal-hal ini. Lalu, apa arti ketiganya? Mari simak penjelasan mendalam dari Tom dalam artikel ini.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kata-kata seperti "fictional," "fictitious," dan "fictive" sebenarnya punya arti yang mirip-mirip, tapi ada perbedaan kecil di antara mereka. Semuanya digunakan untuk bicara tentang sesuatu yang nggak nyata atau cuma ada di imajinasi.

imajinatif

Imajinatif - Fictive

Pertama, ada kata "fictive". Fictive merupakan kata sifat yang paling jarang digunakan. Menurut Garner's Modern American Usage, dalam arti yang paling sempit, fictive berarti seseorang yang memiliki kemampuan imajinatif. Seperti penulis yang menulis buku cerita.

Dalam buku cerita atau film kartun, kita bisa menemukan banyak hal fictive, seperti makhluk fantasi atau tempat ajaib yang tidak benar-benar ada di sekitar kamu.

Contohnya:

"Eric's creative writing teachers thought he demonstrated a real fictive talent."

"Guru-guru menulis kreatif Eric berpikir bahwa dia menunjukkan bakat fiksi yang nyata."

Fiksi - Fictional

Kedua, yaitu "fictional." Jadi, apa itu "fictional"? Nah, EFriends, "fictional" adalah istilah untuk mendeskripsikan karya fiksi. Misalnya, novel, acara TV, film, dan drama. Ini membuat cerita menjadi lebih seru dan menyenangkan karena penulis dapat membuat petualangan yang unik dan fantastis yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kamu membaca cerita tentang peri atau naga, mereka adalah karakter yang hanya ada dalam imajinasi dan tidak benar-benar hidup di dunia nyata.

Contohnya:

"Harry Potter is one of the most beloved fictional characters of all time."

"Harry Potter adalah salah satu karakter fiksi yang paling dicintai sepanjang masa."

Samaran - Fictitious

Terakhir, ada kata "fictitious." Sekarang, apa artinya? Arti kata fiktif dalam Kamus Inggris - Indonesia adalah fiktif (tidak nyata); menyamar; yang dibuat-buat. "Fictitious" digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang dibuat-buat atau khayalan, sering kali dalam konteks kehidupan nyata.

Contohnya:

"The story the seven-year-old told about being chased by a chicken turned out to be fictitious."

"Kisah yang diceritakan oleh anak berusia tujuh tahun tentang dikejar ayam ternyata hanya fiktif belaka."

Setelah EFriends mengenal istilah-istilah seru seperti "fictional," "fictitious," dan "fictive," kita seakan diajak untuk menjelajahi dunia ajaib di setiap buku cerita dan film kartun. Meskipun semua itu hanya tercipta dari imajinasi kita, namun kehadiran kata-kata ini memberikan warna tersendiri dalam memahami betapa kreatifnya manusia dalam menciptakan cerita yang begitu menarik.

Kalau kamu mau vocabulary lainnya dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk ikut les di EF. Kamu akan belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan, dijamin jadi anti-boring! Pastinya akan dipandu dengan guru yang profesional juga.

Penasaran, keseruan kelasnya? Yuk coba kelas gratis dengan mengisi nomor telepon pada kolom di website ini.