Menu
Expressing Warning
Listening and Speaking

Expressing Warning dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.02.21
ben-imaga

Pernahkah kamu memberi peringatan kepada seseorang dalam bahasa Inggris? Misalnya seperti “watch out!” atau “be careful!”? Ini merupakan bentuk dari expressing warning. Bagaimana cara mengungkapkan warning yang benar dalam bahasa Inggris?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Berbicara tentang warning atau peringatan biasanya ditujukan untuk sesuatu yang dilarang atau lebih baik dihindari karena akan ada bahaya yang mungkin terjadi. Dalam bahasa Inggris kita bisa melakukannya dengan expressing warning.

Expression of warning akan kamu temukan pada materi bahasa Inggris kelas 8. Apabila saat ini kamu sedang mencari tahu bagaimana cara mengungkapkan dan contohnya, simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

Bagaimana Cara Expressing Warning?

Expressing warning bertujuan untuk memberikan informasi kepada seseorang agar lebih berhati-hati. Misalnya sebagai berikut:

  • Ketika temanmu ingin menyeberang jalan yang ramai kendaraan, kamu akan memberi peringatan kepadanya untuk berhati-hati dengan mengatakan “Mind the traffic!”

  • Adikmu sedang bermain dekat denganmu ketika kamu akan mengisi daya laptop ke terminal listrik dari tempat dudukmu dan memerlukan jarak yang cukup jauh dengan kabel yang panjang maka kamu akan mengatakan “Don’t touch the wire!”

  • Ada pemadaman listrik sehingga kamu perlu menyalakan lilin di rumah dan saat itu adikmu mencoba melihat lilin dari dekat maka kamu bisa mengatakan “Keep away from the fire!”

  • Ketika kamu sedang berkebun, tiba-tiba kamu melihat ada ulat bulu di dekat saudaramu yang alergi dengan hewan itu maka ungkapan kamu kepadanya bisa dengan “Look out!”

  • Ketika kamu ingin masuk ke suatu tempat di mana pintunya lebih rendah dari kepalamu maka temanmu akan mengatakan “Mind your head!”

  • Untuk memberikan seseorang sepatah saran, kamu bisa mengungkapkannya dengan mengatakan “If I were you

  • Ketika kamu ingin memberikan saran yang lebih bijaksana kepada seseorang untuk berhati-hati dan tidak melakukannya dengan tergesa-gesa agar tidak menyesali hal yang terjadi nantinya maka kamu bisa mengungkapkannya dengan mengatakan “Better safe than sorry”

Selain itu, kamu juga bisa melakukan expressing warning dengan mengatakan take care, be careful, be cautious, keep your safe, keep out of the way, dan sebagainya sesuai dengan konteks yang terjadi pada saat itu.

Umumnya, banyak sekali cara untuk expressing warning dalam bahasa Inggris dan biasa ditulis dalam bentuk phrasal verbs dengan menggunakan verb + preposition.

Contoh Kalimat Expressing Warning

contoh kalimat expressing warning
  • Can you go away, please? I am busy right now!

  • Look out! My hands are full. I might drop the plates!

  • Watch out! Control your bicycle! You nearly knocked into me!

  • If I were you, I wouldn't swim at night because the weather is so cold.

  • Don't step in the grass!

  • Don't speak loudly in the library!

  • Don't litter here. Don't you know the trash can is there?

  • Be careful! That chair is broken!

  • Have you arrived in London? Take care, buddy.

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana expressing warning dalam bahasa Inggris. Kini waktunya untuk kamu mempraktikkannya sendiri dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kecakapan bahasa Inggris.

Apabila menurutmu masih perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga bisa loh ikut bergabung di kelas demo GRATIS EF dan belajar bersama guru profesional kami.

Caranya pun sangat mudah! Dengan menuliskan nomor telepon aktif pada formulir di halaman ini, kamu sudah bisa mengikuti kelas GRATIS dengan metode pembelajaran yang seru!

Jika tidak sekarang, kapan lagi? Daftar yuk sebelum kehabisan tempat! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben