Menu
demonstrative pronoun

Demonstrative Pronoun dalam Bahasa Inggris

grammartata bahasakata ganti
2020.05.01

Untuk menguasai bahasa Inggris, grammar merupakan aspek penting yang harus dipahami. Grammar merupakan aturan yang menunjukkan bagaimana suatu kata dikombinasi dengan kata lain, disusun dan dirubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna.

Dalam belajar bahasa Inggris terdapat delapan jenis kata yang menjadi parts of speech, salah satunya adalah pronouns (kata ganti). Pronouns akan terbagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah demonstrative pronoun.

Demonstrative pronoun merupakan kata ganti penunjuk yang tergolong ke dalam definite pronoun, dimana kita sudah mengetahui sesuatau yang digantikan dengan jelas. Pada umumnya, kata benda yang digantikan adalah berupa benda, orang ataupun hal. Dalam bahasa Indonesia, hanya ada dua kata demonstrative pronoun yang hanya dipengaruhi dari jarak benda dari kita. Kata ganti dari demonstrative pronoun dalam bahasa Indonesia adalah ‘ini’ (jarak dekat) dan ‘itu’ (jarak jauh), sedangkan di dalam bahasa Inggris menggunakan this, that, these dan those. Berikut akan dijelaskan mengenai perbedaannya.

1. PARAMETER

Parameter pada demonstrative pronoun ada dua, yaitu jumlah (tunggal dan jamak) dan jarak (jauh dan dekat). Kedua parameter tersebut akan mempengaruhi kata ganti yang akan digunakan. Berikut penjelasannya:

  1. Tunggal: This (dekat), that (jauh).

  2. Jamak: These (dekat), those (jauh).

2. CONTOH KALIMAT

Berikut contoh-contoh kalimat demonstrative pronoun :

1. This (kata ganti untuk sesuatu yang dekat dengan jumlah tunggal).

  • This is Zahira, my best friend in the office.

  • I like this cake. Where do you buy it?

2. That (kata ganti untuk sesuatu yang jauh dengan jumlah tunggal).

  • Is that for me?

  • I don’t like that new girlfriend of Andi.

3. These (kata ganti untuk sesuatu yang dekat dengan jumlah jamak).

  • These books are so interesting.

  • Tell those kids to go away from my room.

4. Those (kata ganti untuk sesuatu yang jauh dengan jumlah jamak).

  • Those are my nephews.

  • Did Ihsan create those?

Itulah contoh penggunaan dari demonstrative pronoun yang dapat kamu pelajari. Yuk baca artikel grammar lainnya hanya di Grammar & Vocabulary section.

Tidak hanya itu, kamu bisa belajar grammar dengan metode yang menyenangkan. Penasaran? Segera isi nomormu pada kolom di bawah dan temukan jawabannya!