Menu
masjid di indonesia
News and Lifestyle

Dekat EF Centers, Ini 10 Masjid Megah di Indonesia

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.12

Selamat memasuki bulan Ramadhan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa! Seperti yang kita ketahui bahwa umat Muslim di bulan Ramadhan, biasanya menjalankan ibadah di masjid. Nah, kira-kira, tahukah kamu bahwa ada beberapa masjid termegah di Indonesia yang berlokasi tidak jauh dari sekolah EF?

Banyak sekali daftar masjid-masjid megah di Indonesia yang dapat kamu telusuri. Selain sebagai sarana ibadah, beberapa masjid bahkan juga dikenal sebagai cagar budaya daerah setempat. Menariknya, banyak masjid megah ini yang terletak tidak jauh dari sekolah EF, loh!

Tidak hanya megah, masjid-masjid ini memiliki cerita yang menarik dibalik masa pembangunannya dan kisah sejarahnya. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Masjid Istiqlal Jakarta

masjid istiqlal jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta terletak di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Lokasi masjid megah satu ini dekat dengan 📌 EF Gajah Mada Jakarta loh, teman-teman. Masjid ini sendiri merupakan ide dari Bapak Presiden Soekarno pada tahun 1950-an.

Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Sebagai simbol antaragama, masjid ini berseberangan dengan Gereja Katedral dan tidak jauh dari Gereja Immanuel. Daya tampung bangunan masjid ini dapat mencapai lebih dari 200.000 jamaah.

Arsitek dari Masjid Istiqlal sendiri merupakan seorang Nasrani bernama Frederich Silaban. Masjid tersebut memiliki gaya modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometric dari baja antikarat. Kubah Masjid Istiqlal berdiameter sekitar 45 meter. Angka tersebut melambangkan tahun kemerdekaan bangsa Indonesia, sedangkan Istiqlal sendiri dari Bahasa Arab yang artinya merdeka.

2. Masjid Raya Sumatera Barat

masjid raya sumatra barat

Masjid Raya Sumatra Barat berlokasi di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid yang satu ini lokasinya berdekatan dengan sekolah 📌 EF Padang. Masjid Raya ini merupakan masjid terbesar di Sumatra Barat. Bangunan utama masjid ini memiliki luas sekitar 4.430 meter persegi. Berbeda dengan masjid yang lainnya, Masjid Raya Sumatra Barat memiliki desain kubah gonjong khas Minangkabau.

Masjid Raya Sumatra Barat memiliki bentuk modern dengan model persegi yang lancip pada ujung-ujungnya. Bentuk ini merupakan gambaran dari bentangan kain empat kabilah suku Quraisy di Mekkah, saat berbagi kehormatan dengan memindahkan batu Hajar Aswad. Masjid ini mulai dibangun dengan peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat pada tahun itu, Garmawan Fauzi.

3. Masjid ChengHoo Surabaya

masjid chenghoo surabaya

Masjid ini bertempat di Jl. Gading No. 2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid Cheng Hoo tidak jauh dari 📌 EF Plaza Surabaya. Luas dari Masjid Cheng Hoo ini sekitar 21 x 11 meter persegi dengan luas bangunan utama 11 x 9 meter persegi. Masjid Muhammad Cheng Hoo dapat menampung jamaah mencapai sekitar 200 jamaah.

Masjid ChengHoo merupakan masjid yang bergaya khas Tionghoa yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Hoo. Laksamana Cheng Hoo dulunya seorang laksamana berdarah china yang ikut menyebarkan agama islam melalui jalur perdagangan. Masjid ini dibangun oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Jawa Timur serta beberapa tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.

4. Cut Meutia Jakarta

masjid cut meutia jakarta

Masjid Cut Meutia berada di Jl. Taman Cut Mutiah No. 1 RT. 10 RW. 5 Kb. Sirih Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Masjid ini berdekatan dengan 📌 EF Salemba Jakarta. Luas dari Masjid Cut Meutia sekitar 5.000 meter persegi yang berada di jantung kota. Masjid ini merupakan salah satu pusat kegiatan keislaman di Jakarta.

Bangunan dari masjid ini memiliki khas peninggalan dari jaman kolonial Belanda. Masjid tersebut dulunya yaitu bangunan Kantor Biro Arsitek N.V atau Naamloze Vennotschap yang artinya Perseroan Terbatas. Sebelum menjadi masjid, tempat ini juga pernah digunakan sebagai kantor pos, kantor Jawatan Kereta Api Belanda dan Kantor Angkatan Laut Jepang pada tahun 1942 hingga 1945.

5. Masjid At-Tin Jakarta

Masjid At-Tin berlokasi di Jl. Taman Mini I No. 3 RW. 3, Pinang Piranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Masjid At-Tin tersebut berdekatan dengan 📌 EF Taman Mini.  Masjid ini dibangun di area sekitar komplek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Luas dari masjid ini mencapai 70.000 meter persegi dan mampu menampung jamaah sekitar 9.000 jamaah.

Nama At-Tin sendiri diambil dari salah satu surah ke-95 dalam Al-Quran wahyu ke 27 yang diterima oleh Nabi besar Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam. At-Tin memiliki arti buah yang sangat manis, lezat dan penuh gizi. Selain itu, nama At-Tin juga sebagai bentuk upaya mengenang jasa-jasa istri dari mantan Presiden Soeharto, yang bernama Ibu Tien dengan nama lengkap Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto.

6. Masjid 99 Kubah Makassar

masjid 99 kubah makassar

Masjid 99 Kubah Makassar terletak di Jl. Penghibur No. 289, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. Masjid ini tidak jauh dari 📌 EF PIPO Makassar. Masjid 99 Kubah Makassar dibangun sejak 2017 dengan luas bangunan 72 meter x 45 meter. Masjid ini menarik dengan 99 aneka kubahnya yang berwarna cerah. Ukuran kubah dibuat kecil-kecil mengelilingi kubah besar, kubah-kubah ini disusun bertingkat dengan warna jingga, kuning juga merah.

Angka 99 diambil dari Asmaul Husna yang berarti nama-nama Allah. Masjid tersebut merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Sulawesi. Masjid ini menjadi destinasi religi karena dibangun berdekatan dengan Pantai Losari, sehingga masjid ini memiliki pemandangan yang indah.

7. Masjid Agung Al-Furqon Lampung

masjid al furqon lampung

Masjid Agung Al Furqon merupakan masjid termegah di kota Bandar Lampung dengan luasnya mencapai 47 meter persegi. Terletak di Jl. Diponegoro, Kec. Teluk Betung Utara, Masjid ini jaraknya sangat dekat dengan 📌 EF Bandar Lampung. Masjid Agung Al Furqon dibangun pada tahun 1961 atas gagasan dari Presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. 

Selain berada di pusat kota, posisi Masjid ini juga unik karena berada tepat di samping Bundaran Lungsir di Bandar Lampung. Masjid Al Furqon memiliki keunikan dari bentuk kubahnya. Jika biasanya kubah masjid berbentuk melingkar atau mengerucut, kubah Masjid Al Furqon berbentuk limas. Kubah limas ini bahkan berjumlah 3, satu yang besar di bangunan utama dan dua lainnya di sisi kanan dan kirinya.  Masjid Agung Al-Furqon juga memiliki menara yang menjulang setinggi 100 meter.

8. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Asmaul Raya Husna ini berjarak cukup dekat dengan 📌 EF Gading Serpong, Tangerang. Lokasinya ada di Jl. Raya Kelapa II, No. 31 Gading Serpong,  Kab. Tangerang. Masjid seluas 2.500 meter persegi ini dibangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2013. Masjid Raya ini dinamai Asmaul Husna karena desain uniknya, yaitu dinding luar masjid yang bertuliskan kaligrafi 99 nama Allah atau Asmaul Husna.

Namun, jika dilihat sekilas kaligrafi yang tertulis tidak nampak seperti kaligrafi arab pada umumnya. Ini karena huruf arab yang digunakan pada dinding itu menggunakan jenis kaligrafi Arab Kufi, yaitu kaligrafi Arab yang tertua. Bentuk kubahnya juga terbilang unik dengan lengkungan yang pendek namun melebar sampai ke bagian belakang Masjid.

9. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar terletak di Jl. Masjid Raya, Kec. Bontoala, Makassar dan memiliki luas tanah mencapai 13.912 meter persegi. Masjid ini sangat dekat dengan 📌 EF Makassar yang berada di jalan yang sama. Kamu bahkan bisa berjalan kaki dari EF jika mau beribadah di Masjid Raya.

Masjid Raya dibangun pada tahun 1948 dan selesai pada 1949. Meskipun usianya sudah tua, masjid ini tetaplah memiliki desain yang megah dengan corak arsitektur Mediterania. Selain itu, Masjid Raya Makassar juga menjadi tempat disimpannya Al-Qur’an raksasa berukuran 1 x 1,5 meter dan memiliki berat 584 kilogram.

10. Masjid Muhammad di Bali

masjid muhammad bali

Masjid Muhammad di Bali ini berada cukup dekat dengan 📌 EF Sunset Road Bali. Masjid Muhammad yang terletak di Kota Denpasar ini merupakan salah satu Masjid megah yang ada di Bali. Masjid Muhammad  terletak di Jl. Imam Bonjol no.335, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Masjid ini memiliki desain eksterior yang indah dengan corak timur tengah.  Masjid ini berwarna coklat menirukan nuansa di negara-negara Arab yang identik dengan warna itu. Tidak hanya desain luarnya saja, desain interior atau bagian dalam Masjid pun juga mirip seperti masjid di Arab.

Setelah mengetahui letak-letak masjid megah yang ada di dekat EF, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin beribadah ketika belajar di EF. Kamu bisa belajar di EF dengan tenang dan menjalankan ibadah di bulan Ramadan di masjid-masjid tersebut. Khusus di bulan Ramadan ini, ada diskon menarik bagi kamu yang mau bergabung loh!

Jadi untuk mengisi kegiatan Ramadan kamu, yuk belajar bahasa Inggris seru bersama EF. Kami akan menunggumu!

Ben Small Stars
Author
Ben