Menu
krui
News and Lifestyle

Dari Krui, Hadirkan Pesona Wisata Lampung ke Dunia

2021.02.17

Banyak cerita yang bermula dari EF, di antaranya berasal dari siswa-siswi yang datang ke EF dengan harapan untuk mendapat cita-cita yang cerah. Siswa-siswi ini lalu berhasil menggapainya setelah berhasil mengembangkan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris. Siapa salah satunya? Yuk, simak cerita siswa asal EF Lampung di bawah ini!

Halo, perkenalkan nama saya Muhammad Angki Wijaya. Saya adalah salah satu kontestan Mekhanai asal Lampung pada tahun 2017, sekaligus duta wisata Lampung.

Ini adalah cerita saya.

Perkenalkan Lampung ke Mata Dunia

Lampung dikelilingi oleh puluhan destinasi wisata yang begitu memukau dan membuat seseorang rindu. Banyak pariwisata yang sangat atraktif dan bervariasi. Mulai dari pariwisata berbasis alam dan budaya, Lampung adalah provinsi tapis berseri yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik local maupun mancanegara.

Contohnya saja di wilayah Krui yang terletak di Barat Laut propinsi Lampung jika merujuk arah mata angin di Kompas, terdapat ombak yang sangat menawan dan tempat yang tepat untuk menikmati sunrise maupun sunset! Wilayah wisata di Krui tidak hanya menjual keindahan pesisir yang begitu elok dan kearifan lokalnya, namun area ini dijuluki sebagai ‘Bali’-nya Lampung.

Pulau Tegal Mas juga tidak ketinggalan disebut-sebut sebagai destinasi pariwisata di Lampung yang telah menjadi ikon yang juga dijuluki sebagai Maladewa-nya Lampung. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang bersih dengan penginapan atau cottage yang terapung.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain itu, sebagai ulun Lampung saya sangat menyukai cita rasa masakan khas Lampung. Salah satunya adalah sate Blue Marlin. Sate ini dibuat dari daging ikan marlin dengan rasa khas yang akan membuat kalian ketagihan.

Lampung juga memiliki segudang kuliner yang memiliki keunikannya tersendiri, diantaranya seruit dan tempoyak. Seruit menjadi santapan tradisional yang sangat digemari khususnya oleh para penduduk lokal maupun pendatang. Makanan ini terdiri dari ikan sungai (belida, baung, lele) yang digoreng atau dibakar dan dicampurkan dengan sambal terasi, tempoyak atau sambal mangga.

Tempoyak juga tak kalah unik. Makanan ini terbuat dari durian yang difermentasi yang membuat aromanya sangat menggugah selera. Tempoyak seringkali dijadikan sambal untuk pepes ikan. Untuk menemaninya, kamu juga bisa mencicipi minuman khas Lampung bernama serbat. Minuman ini sangat menyegarkan dahaga. Serbat terbuat dari mangga kweni dengan campuran gula merah dan selasih yang membuatnya semakin segar.  

Satu lagi yang tidak asing bagi para pendatang yaitu keripik pisang! Setiap orang yang ke provinsi ini pasti menjadikan keripik pisang dengan rasa cokelat sebagai salah satu oleh-oleh wajib.

Lampung memang menyimpan segudang cita rasa yang membuat para turis nyaman untuk berada disini lebih lama, dan saya bangga menjadi ulun Lampung!

Karena itulah, sebagai duta wisata Lampung, saya mencoba untuk mempromosikan destinasi wisata di Provinsi Lampung dengan menggunakan bahasa inggris. Secara tidak langsung hal ini akan membuka mindset para duta wisata bahwa salah satu kewajiban yang harus dimiliki oleh mereka adalah kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Menurut saya, seorang duta wisata harus bisa membuat turis-turis lokal dan mancanegara untuk mengenal kekayaan wisata di Provinsi Lampung. Dimulai dari sana, kita dapat memperkenalkan budaya lokal ke panggung dunia.

EF is My Savior!

Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, saya sering berpartisipasi di dalam banyak kegiatan. Selama duduk di bangku kuliah, saya juga aktif mengikuti beragam kompetisi maupun konferensi. Pertama, di tahun 2017 saya telah terpilih sebagai Mekhanai Harapan 1 dan Mekhanai Social Media. Dalam kompetisi ini, saya sangat bangga karena setiap peserta menjadikan saya sebagai lawan terberat. Tidak lain, karena kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki.

EF telah berpengaruh besar dalam membangun kemampuan bahasa Inggris saya. Berkatnya, saya telah mengikuti serangkaian kegiatan seperti organisasi internasional, konferensi internasional, projek internasional bahkan magang. Bagi saya, “EF is my savior”!

“EF is solemnly becoming my panacea to have this great life with English!”

Selama 5.5 tahun, saya memberanikan diri dan tanpa henti mengambil kursus bahasa Inggris di EF English First Lampung. Selama belajar Bahasa Inggris di EF English First, saya sangat merasakan bahwa “EF constantly gives me plenty of challenges”, dan saya memperoleh banyak sekali manfaat yang memperlancar segala proses yang telah saya hadapi, hingga kini saya dipilih menjadi salah satu Mekhanai dan duta wisata Lampung.

EF juga membuat saya percaya diri untuk pergi ke berbagai negara di Eropa. EF Lampung sering kali mengikutsertakan siswa-siswinya. Saya sering menjadi salah satu bagian untuk menjadi bagian dari events yang diselenggarakan tersebut. Momen-momen seperti ini menjadi salah satu momen paling berkesan karena menjadi practical learning yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan melatih public speaking dalam bahasa Inggris di depan umum.

Hal lainnya yang menurut saya berkesan yaitu seluruh EF staff sangat friendly dan selalu membantu maupun mendukung saya di setiap saya mengikuti berbagai macam kegiatan nasional maupun internasional. Suasana di ruang kelas dan para guru yang selalu dapat membawa suasana kelas menjadi ceria selalu menjadi hal yang saya rindukan.

Bermula dari belajar dengan EF teachers, saya kini dapat berbicara dengan orang asing atau di depan khalayak ramai dengan percaya diri. Dari mulai menjadi intern di KJRI Melbourne hingga speakers di konferensi internasional, saya tidak akan pernah bisa merasakan pengalaman-pengalaman tersebut tanpa peran EF.

Overall, I got bunch of unforgettable EF moments throughout my precious journey with EF. I love it!