Menu
perbedaan cv dan resume
Reading and Writing

CV vs Resume? Yuk Kenali Perbedaannya!

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.01

Apakah kamu sering mendengar istilah CV dan resume? Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, akan tetapi kamu juga harus mengetahui perbedaannya agar tidak tertukar. Lalu, apa saja perbedaan CV dan resume?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, perbedaan CV dan resume dapat kita ketahui dari panjang atau banyaknya hal yang dimasukkan di dalamnya. Selain itu, dari sisi penggunaannya pun berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perbedaan dari CV dan resume, simak artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

Curriculum Vitae (CV)

curriculum vitae atau cv adalah

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen yang berisi perjalanan karier kita hingga informasi pribadi yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Selain itu, tujuan dari Curriculum Vitae yaitu sebagai salah satu dokumen penting dalam persyaratan beasiswa maupun magang. Umumnya, panjang dari Curriculum Vitae berkisar antara satu sampai dua halaman.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat Curriculum Vitae yaitu biasakan untuk menulis deskripsi dari setiap poin yang dimasukkan ke dalamnya. Informasi yang kita tuliskan tersebut pun harus lengkap dan dijelaskan secara detail, serta disusun dengan benar dan terstruktur hingga tim recruiter dapat memahami perjalanan karier yang telah kamu tempuh hingga saat ini.

Beberapa informasi yang dapat kamu masukkan dalam Curriculum Vitae di antaranya yaitu nama lengkap, deskripsi diri, informasi kontak, pengalaman kerja/magang/organisasi, penghargaan, sertifikasi, prestasi, dan referensi.

Tentunya dalam membuat Curriculum Vitae yang baik kamu harus jujur dalam mengisi informasi tersebut. Misalnya jika kamu hanya memiliki pengalaman prestasi saja dan belum pernah bekerja maka kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja dalam Curriculum Vitae.

Resume

resume adalah

Berbeda dengan Curriculum Vitae, resume merupakan ringkasan singkat dari informasi yang akan kita tulis.

Penulisan resume ini lebih fleksibel daripada Curriculum Vitae karena informasi yang kita masukkan hanya pengalaman dan hal lainnya terkait dengan posisi yang kita lamar. Oleh karena itu, resume yang baik biasanya hanya berjumlah satu halaman saja.

Kesimpulan

  • Perbedaan CV dan resume yang terletak pada panjangnya: CV bisa ditulis lebih dari satu halaman, sedangkan resume hanya satu halaman saja.

  • Perbedaan CV dan resume yang terletak pada jenis informasinya: CV memuat semua hal secara rinci, sedangkan resume dapat ditulis sesuai dengan kebutuhan dari posisi yang dilamar.

  • Perbedaan CV dan resume yang terletak pada fungsinya: CV digunakan untuk tujuan akademis, seperti melamar beasiswa pendidikan, penelitian, dan hal lainnya. Sementara itu, resume biasa digunakan untuk melamar pekerjaan tetap di sebuah perusahaan.

Berdasarkan tiga poin utama tersebut, apakah sekarang kamu telah memahami perbedaan dari keduanya? Jika iya, sekarang kamu sudah siap untuk membuat CV atau resume kamu sebagai salah satu dokumen persyaratan.

Oh iya, beberapa instansi atau perusahaan terkait memerlukan CV atau resume dalam bahasa Inggris. Jika kamu masih kesulitan menerjemahkan informasi dalam Curriculum Vitae dan resume dari bahasa Indonesia ke bahasa inggris, kamu bisa loh bertanya atau konsultasi langsung kepada guru profesional kami di kelas demo GRATIS EF.

Cara daftarnya cukup mudah, yaitu hanya dengan isi nomor kamu pada formulir di halaman ini maka kamu sudah siap menjadi bagian dari EF.

Jadi, tunggu apalagi? DAFTAR SEKARANG juga!

Ben Small Stars
Author
Ben