Menu
contoh soal IELTS
Education Advice

Contoh Soal Bahasa Inggris IELTS

2020.04.24

Kali ini kita akan membahas contoh soal bahasa Inggris IELTS, khusus tes Speaking. Tes Speaking sendiri berlangsung sekitar 11-14 menit, dan terdiri dari 3 bagian: 4-5 menit bagian pertama; 1-2 menit bagian kedua; 3-4 menit bagian ketiga.

Peserta tes akan didampingi oleh satu penguji yang disebut examiner. Selama pengujian examiner akan memberikan pertanyaan serta instruksi yang kemudian harus dijawab atau dibahas oleh peserta dalam bahasa Inggris. Examinernya sendiri adalah seorang native speaker atau seseorang yang bahasa ibunya adalah bahasa Inggris. Berikut penjelasan lebih rinci untuk bagian-bagian tes Speaking yang diuji.

1. Bagian pertama, examiner akan menanyakan hal umum mengenai diri kita seperti yang sering ditanyakan dalam interview kerja dan sejenisnya.

Contoh soal bahasa Inggris IELTS Speaking bagian pertama:

  • Tell me about yourself.

  • Do you have any hobbies?

  • Tell me about a favourite place you always visit.

  • Do you like to cook?

  • How often do you cook?

2. Bagian kedua, examiner akan memberikan sebuah kartu dengan suatu topik spesifik dimana peserta harus menjelaskan atau bercerita mengenai topik yang telah diberikan, dan peserta juga harus membahas semua point yang tertera dalam kartu tersebut. Peserta hanya diberikan kesempatan 1 menit untuk mempersiapkan diri sebelum ia mulai bercerita selama 1-2 menit tanpa henti.

Contoh soal IELTS Speaking bagian kedua:

Describe a person that you find inspiring.

Your description should include:

  • Who is this person? Do you know him/her in person?

  • Why is that person inspiring? What kind of inspiring thing has this person done?

  • How has that person affected your life personally?

3. Bagian ketiga, examiner akan menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan topik tes bagian kedua. Pada bagian ini, bentuk tes akan berbentuk diskusi, dimana examiner dan peserta akan saling berkomunikasi untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diutarakan examiner. Peserta harus dapat berpikir dan berbicara langsung secara aktif dalam bahasa Inggris.

Contoh soal IELTS Speaking bagian ketiga:

  • What do you think about Ir. Soekarno?

  • What is the most memorable think you remember about him?

  • In which way has he become an inspiration to many people?

  • Demikian contoh-contoh soal IELTS khusus Speaking. Semoga bermanfaat.

Setelah mengetahui contoh soal speaking IELTS, mungkin kamu juga harus mempelajari mengenai grammar dan vocabulary lebih lanjut.

Apa kunci dari mendapatkan nilai yang bagus pada ujian internasional? Yup, latihan adalah jawabannya! Dengan metode unik milik EF, kamu juga dapat belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Penasaran? Isi nomormu pada formulir di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku