Menu
review text
Reading and Writing

Contoh Review Text dalam Bahasa Inggris

2020.04.01

Apakah kamu tahu ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Di pembahasan sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang recount text dan descriptive text. Nah, kali ini jenis teks yang akan dibahas adalah review text. Review text bertujuan untuk memberikan kritik atau memberikan evaluasi mengenai orientation (pendahuluan), evaluation (evaluasi), interpretative recount (interpretasi), evaluation (evaluasi), dan evaluation summation (evaluasi terakhir)

Baca Juga: Jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris

Berikut contoh review text dalam bahasa Inggris untuk latihan membaca teks bahasa Inggris kamu.

1. Text 1

Orientation

All and each Harry Potter series both movies and book hold a particular part in my heart. And by that means, I love it all. No, I won’t talk about the whole series. I’ll only talk about the 6th series of Harry Potter movie, Harry Potter and the Half of Blood Prince.

Terjemahan

Semua dan setiap serial Harry Potter baik film dan buku memiliki tempat yang spesial di hatiku. Artinya, aku sangat menyukai semuanya. Aku tidak akan menceritakan semua serinya. Aku hanya akan membahas tentang film Harry Potter yang keenam, Harry Potter and the Half of Blood Prince.

Evaluation

The movie may slightly unsatisfying for those who read the book. It’s a dark time for Harry. It’s like a cup of hot cocoa on your cold morning, but your cat breaks the cup.

Terjemahan

Filmnya sedikit tidak memuaskan bagi yang membaca bukunya. Ceritanya mengisahkan tentang waktu yang kelam untuk Harry. Seperti segelas coklat panas di pagi yang dingin, namun kucingmu memecahkan gelasnya.

Interpretative recount

Harry Potter books have been a hit and been more potent since the Warner Bros decide to bring it to life through a movie. One or two changes from the text in the film is undeniable. We all know Harry has to feel one more lost on the last movie because Bellatrix killed his God-father, Sirius Black after they talk about lives together in an entirely safe village far from anywhere. Sure it’s like a thunder strikes on the midday for Harry.

As we always want for Harry happiness, many have hope that everything he’s been through will paid on the Half-Blood Prince. At the first hour of this movie, we can see Harry doing great for his Potion class even beat Hermione, thanks to the book previously owned by The Half-Blood Prince he found at the bottom of the cupboard.

But another dreary, depressing feel once again must we see on this movie as Dumbledore fall from the attic after being Avada Kedavra by his trusted man, Severus Snape aka the Half-Blood Prince. Not many things from the book were adapted. Instead, it almost entirely different. After the movie was released, you can hear some voice of disappointment roaring from some of the fans, including me.

Terjemahan

Buku Harry Potter selalu populer dan berpengaruh semenjak Warner Bros memutuskan untuk membawanya hidup melalui film. Satu atau dua perubahan tidak dapat disangkal. Kita semua tau bahwa Harry seharusnya merasa lebih kehilangan di film terakhir karena Bellatrix membunuh ayah baptisnya, Sirius Black setelah mereka membicarakan tentang hidup bersama di desa yang aman dan jauh dari manapun. Tentu saja kematian Sirius Black seperti tersambar petir di siang hari untuk Harry.

Karena kita selalu mengharapkan kebahagiaan untuk Harry, banyak yang berharap setelah banyak ujian yang menimpanya akan terbayar di Half-Blood Prince. Satu jam pertama di film ini, kita dapat melihat Harry menjadi yang terbaik di kelas Potion bahkan mengalahkan Hermione, berkat buku yang dimiliki oleh Half-Blood Prince yang Harry temukan di bawah lemari.

Namun, kejadian suram kembali terjadi di film setelah Dumbledore jatuh dari atap setelah terkena Avada Kedavra oleh orang kepercayaannya, Severus Snape alias Half-Blood Prince. Tidak banyak hal yang ada di buku ada di film. Bahkan, hampir semuanya berbeda. Setelah filmnya tayang, kamu dapat mendengar banyak suara kekecewaan dari penggemar, termasuk aku.

Evaluation summation

Nevertheless, this is still an excellent movie to watch and of course worth your time. 7 stars out of 10 for the Half-Blood Prince! Don’t worry because every question and every scene missed in this movie will be soon explained on Deathly Hallows.

Terjemahan

Namun, Half-Blood Prince tetap menjadi film yang layak ditonton. Tujuh bintang dari 10 untuk Half-Blood Prince! Jangan khawatir karena setiap pertanyaan dan adegan yang tertinggal di film ini akan dijelaskan di Deathly Hallows.

2. Text 2

Orientation

I have been fighting with acne for almost five years. I have tried many acne products and even went to dermatologist. But it seems like my acnes just get worse. Until I find tamanu oil, the magic oil.

Terjemahan

Aku telah berusaha menyembuhkan jerawat selama hampir lima tahun. Aku telah mencoba banyak produk jerawat dan bahkan pergi ke dermatologi. Tapi jerawatku semakin memburuk. Sampai aku menemukan minyak tamanu, minyak ajaib.

Evaluation

Tamanu oil is a life saver for my skin. This is probably the most effective remedy for my acne.

Terjemahan

Minyak tamanu adalah penyelamat untuk kulitku. Tamanu oil mungkin menjadi pengobatan yang paling efektif untuk jerawatku.

Interpretative recount

Extracted from the nuts of an evergreen tree called Calophyllum inophyllum, tamanu oil is a remedy long used in Polynesia and Southeast Asia on the face, hair, and skin for conditions such as acne, psoriasis, and scars. Since tamanu oil is said to alleviate pain, the oil is also used topically to relieve the pain caused by conditions like sciatica and shingles.

Some proponents also claim that tamanu oil can help aid in the regeneration of skin. For this reason, tamanu oil is thought to help reduce the appearance of stretch marks and scars like acne scars and keloid scars. In addition, tamanu oil is said to promote the healing of burns, blisters, dan cuts. Some people also use tamanu oil to soothe insect bites.

Terjemahan

Diekstrak dari pohon Calophyllum inophyllum, minyak tamanu telah digunakan sejak lama di Polinesia dan Asia Tenggara untuk wajah, rambut, dan kulit dengan kondisi berjerawat, psoriasis, dan luka. Semenjak minyak tamanu dapat digunakan untuk mengurangi sakit, tamanu oil digunakan secara bebas untuk mengurangi sakit dari sakit pinggang dan ruam.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa minyak tamanu membantu meregenerasi kulit. Untuk itu, minyak tamanu dapat membantu mengurangi stretch marks dan luka seperti bekas jerawat dan luka keloid. Sebagai tambahan, minyak tamanu dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, lecet, dan luka goresan. Beberapa orang juga menggunakan minyak tamanu untuk meringankan gigitan serangga.

Evaluation summation

I have been using tamanu oil for almost two months now and I have already seen the drastic change for my skin. I totally recommend this oil for those who is fighting acne like me.

Terjemahan

Aku telah menggunakan minyak tamanu selama hampir dua bulan dan aku telah melihat perubahan drastis di kulitku. Aku sangat merekomendasikan tamanu oil untuk kamu yang sedang berjuang mengobati jerawat seperti aku.


Setelah mempelajari materi di atas, tentunya sekarang yang perlu kamu lakukan adalah melatih materi tersebut secara mandiri. Selain berlatih sendiri, akan lebih seru juga loh jika kamu bisa belajar dengan guru-guru dari EF! Apalagi, sekarang EF juga memiliki program Premium Online Learning, jadi kamu bisa mengikuti kelas eksklusif dari mana pun! Cek di sini sebelum kelasnya penuh!