Menu
expressing sympathy
Listening and Speaking

Contoh Expressing Sympathy dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.08

Dalam kehidupan kita sehari-hari pasti ada hal yang tidak menyenangkan, bukan? Seperti, sakit, bencana alam, atau kehilangan orang-orang tersayang. Nah, Jika salah satu teman atau saudara kamu mengalami hal tersebut, alangkah baiknya jika kamu dapat memberikan dukungan sebagai bentuk ungkapkan rasa simpati.  

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Expressing sympathy merupakan sebuah ungkapan yang digunakan untuk bersimpati kepada teman atau saudara yang sedang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. 

Lalu, tahukah kamu cara mengekspresikan ungkapan simpati atau belasungkawa dalam bahasa Inggris? Jika belum, yuk sama-sama mendengarkan audio di bawah ini terlebih dahulu! 

Contoh Ungkapan Simpati dalam Bahasa Inggris

  1. I’m sorry to hear that. (saya turut berduka mendengarnya) 

  2. My thoughts and prayers are with you during the sad time. 
    Secara harfiah artinya adalah “Pikiranku dan doaku akan selalu bersamamu”. Tetapi yang sebenarnya dimaksud adalah “aku akan selalu mendoakanmu”. 

  3. I was heartbroken by the sad news. (Aku turut berdukacita karena kabar buruk ini) 

  4. Please accept my sincere condolences. (Tolong terima rasa belasungkawa saya) 

  5. My condolences to you and your family on the passing of your father. (Saya turut berbelasungkawa untuk kamu dan keluarga atas meninggalnya ayahmu) 

  6. Praying that the Lord will give you strength during this difficult time. (saya berdoa agar kamu diberikan kekuatan oleh Tuhan) 

  7. Words cannot express how sadden I am to hear of your loss. (Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa sedihnya aku mendengar kabar ini) 

  8. I am so sorry to hear about your loss. (Saya turut berdukacita atas kehilanganmu) 

  9. In this tough time in your life, may my sympathy and heartfelt condolences bring you comfort. (Di masa sulit dalam hidup kamu seperti ini, aku berharap semoga rasa simpati dan belasungkawa secara tulus ini dapat memberikan kamu ketenangan) 

  10. May my condolences bring you comfort and may my prayer ease the pain of this loss. (Semoga belasungkawa saya memberikan ketenangan untukmu dan semoga doa saya meringankan rasa sakit atas kehilanganmu) 

contoh dialog expressing sympathy

Contoh Expressing Sympathy dalam Percakapan

Percakapan 1 

A: Rob, You look so sad. What’s wrong? (Rob, kamu terlihat sangat sedih. Ada apa?) 

B: My grandmother is hospitalized. (Nenek saya dirawat di rumah sakit) 

A: I am so sorry to hear that. I hope that she will get well soon. (Aku turut berduka mendengarnya. Semoga beliau cepat sembuh) 

B: Thank you, Mel! (Terima kasih, Mel!) 

Percakapan 2 

A: An earthquake attacked my hometown last night. (Semalam terjadi gempa bumi di kampung halamanku) 

B: I was heartbroken by the sad news. I hope everyone is safe and sound there. (Aku turut berdukacita karena kabar buruk ini. Aku berharap semua orang aman dan sehat di sana) 

A: I hope so, too. (Aku juga berharap seperti itu) 


Nah, sekarang kamu sudah dapat mengungkapkan rasa simpati untuk teman atau saudara yang sedang terkena musibah dalam bahasa Inggris. Yuk, latih terus kemampuan berbicara bahasa Inggrismu dengan coba mempraktikkannya sendiri. 

Kalau kamu ingin melatih kemampuan bahasa Inggris yang lain, kamu bisa bergabung di Free Demo Class, EF! Di sini kamu akan diajarkan oleh guru-guru yang profesional, loh! Ini saatnya kamu untuk merasakan keseruan belajar di EF. 

Daftar sekarang yuk sebelum kehabisan!  😉