Menu
announcement bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Contoh Announcement dan Penjelasannya dalam Bahasa Inggris

2021.09.03

Kalian pasti sudah tidak asing mendengar atau membaca pengumuman. Mungkin saat kalian sedang berpergian kemudian mendengar adanya pengumuman, atau ketika di sekolah membaca berbagai pengumuman di papan.

Ternyata ada banyak jenis announcement, lho! Bentuk dan fungsi masing-masing announcement pun berbeda-beda tergantung dari tujuan pengumuman tersebut. Apakah kalian tahu ada apa saja jenis-jenis announcement?

Mari kita cari tahu bersama!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apa itu announcement?

Sesuai dengan artinya dalam bahasa Indonesia, announcement artinya adalah pengumuman. Baik yang disampaikan secara lisan atau pun tulisan, suatu informasi yang bertujuan untuk diketahui oleh publik atau masyarakat umum disebut sebagai pengumuman.

Biasanya pengumuman bisa ditemukan di tempat umum seperti mall, sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Pada umumnya jenis-jenis announcement meliputi:

  • Missing person announcement (pengumuman orang hilang)

  • Winner of competition (pengumuman pemenang)

  • Event/Activity announcement (pengumuman acara)

  • Job vacancy (Lowongan Pekerjaan)

  • Event cancelation or postponed (pembatalan atau penundaan acara)

  • Operational hour (Waktu operasional)

etc.

Struktur kalimat announcement

Untuk bisa menyampaikan pengumuman secara jelas dan mudah diketahui oleh masyarakat, membuat announcement juga ada struktur penulisannya, lho!

Title: Bagian ini berisikan judul atau inti dari pengumuman bertujuan untuk menginformasikan apa. Dengan membaca title biasanya audiens sudah mengerti apa yang hendak disampaikan.

Explanation: Bagian ini merupakan inti dari sebuah pengumuman. Penjelasan biasanya berisikan informasi yang akan disampaikan sedetil mungkin.

Secara tata bahasa sendiri, dalam bahasa Inggris pengumuman dituliskan dengan menggunakan simple present tense dan simple future tense.

Contoh Announcement Acara di Sekolah

announcement di sekolah

Band Competition

To all the students of SMAN 913

In order to celebrate the school's anniversary, We are proud to present an inter-class Band Competition which will be held on September 2, 2021. Each class must send a representative with free choice of song.

The representative must be registered their team names and choice of song before 1st September 2021 to the OSIS division.

Regards,

OSIS of SMAN 913

Contoh Annoucement Pembatalan Acara

announcement pembatalan acara

Dear our lovely visitor,

With a heavy heart, we are obliged to announce that the Music Festival is unfortunately canceled due to the extremely heavy rain.  Following discussions with our venue partner and guest stars, the safety of our visitors, crew, talents and everybody involved, is our utmost priority.

Please kindly check our website and social media for refund and other information related to cancelation of the Music Festival. We truly apologize to our ticket holder for this cancellation.

Stay safe, and please contact us if you have any concerns or questions.

We do hope we can see you again very soon.

Sincerely,

Committee of Music Festival

Nah, itu dia contoh announcement dalam bahasa Inggris. Sekarang kalian bisa menulis pengumuman dalam bahasa Inggris tanpa harus bingung lagi deh.

Untuk kalian yang sedang mencari cara memperdalam bahasa Inggris, kalian bisa bergabung bersama EF! Dengan berbagai materi bahasa Inggris seru, belajar bahasa Inggris akan terasa menyenangkan.

Jika kamu masih ragu, kamu bisa memasukkan nomor teleponmu pada halaman ini untuk mendapatkan kelas demo secara GRATIS. Bagaimana menarik ‘kan?

Sampai berjumpa di EF!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas