Menu
tulisan kreatif
Reading and Writing

Coba Cara ini Agar Tulisanmu Lebih Enak Dibaca

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.13

Siapa yang punya hobi menulis? Tentunya saat menulis kita ingin menyajikan karya yang menarik untuk dibaca. Namun pernahkah EFriends merasa tulisan yang dibuat kurang enak untuk dibaca? Jangan-jangan saat menulis kita melupakan hal-hal kecil ini. Kira-kira apa saja?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menulis atau writing merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan ide atau gagasan. Kita biasanya menulis di berbagai macam media seperti buku, sosial media hingga blog. Banyak manfaat bisa didapatkan dari menulis seperti, mampu menuangkan ekspresi dan meningkatkatkan daya ingat, menjadi media belajar sekaligus meningkatkan kemampuan bahasa. Wah, banyak sekali ya manfaatnya!

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan enak dibaca.

Pilihlah tema yang menarik

tema adalah

Cara yang pertama merupakan hal yang sangat penting dalam membuat sebuah tulisan. Tema yang dipilih akan menentukan topik apa yang akan dibahas. Tema merupakan induk dari pembahasan dari tulisan yang ditulis. Eits, jangan sampai tertukar dengan judul ya. Tema bukanlah sebuah judul dari tulisan.

Bagi EFriends yang masih kesusahan dalam menentukan tema, kalian bisa mengamati fenomena di sekitar atau peristiwa yang sedang trending di masyarakat ya.

Buat judul yang eye-catching

judul artikel

Pastinya judul merupakan hal yang pertama kali dibaca dari sebuah tulisan. Judul inilah yang menggambarkan keseluruhan dari tulisan yang dibuat. Agar tulisan yang EFriends buat enak dibaca dan eye-catching tulislah judul yang mencakup isi pokok dari pembahasan, jelas dan yang terakhir buatlah judul yang persuasif seperti mengajak pembaca untuk melanjutkan ke isi dari tulisan tersebut.

Perhatikan paragraf dan hindari kata yang tidak penting

bagaimana cara menentukan ide pokok pada paragraf

Setelah membuat judul, sangat perlu untuk memperhatikan paragraf pembuka, isi dan penutup. Buatlah opening paragraph yang menarik, seperti memperlihatkan masalah sehingga membuat pembaca penasaran. Lalu dilanjut dengan menawarkan solusi dari masalah tersebut pada isi. Terakhir buatlah closing paragraph yang berisi kesimpulan dan statement yang berkesan. EFriends juga bisa membuat kerangka paragraf agar tulisanmu lebih terstruktur.

Seringkali kita menggunakan kata-kata yang tidak penting, agar memiliki tulisan yang panjang. Buatlah kalimat yang efektif dan pilihlah kata yang tidak terlalu banyak. Hindarilah membuat tulisan panjang dan bertele-tele. Hal ini akan membuat pembaca mudah bosan. 

Gunakanlah tanda baca

penggunaan tanda baca

Tulisan akan menjadi lebih menarik jika kamu menggunakan tanda baca dengan tepat. Dengan menggunakan tanda baca, pembaca akan memahami tulisanmu dengan mudah. Jangan membuat pembaca bingung dan tidak memahami tulisan yang telah kamu buat.

Menggunakan tanda baca mampu memperlihatkan bahwa kamu merupakan orang yang teliti dalam menulis. Tentunya gunakan tanda baca sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai berlebihan ya EFriends

Perhatikan susunan kalimat

bagaimana susunan kalimat yang sistematis

Apakah EFriends ingat SPOK? Dalam menulis sangatlah penting dalam menentukan susunan kalimat yang akan dibuat. Jangan sampai terdapat pengulangan yang memiliki makna yang sama dan terdapat kalimat yang ambigu. Hal tersebut sangatlah membingungkan pembaca. Dengan memperhatikan susunan kalimat penulis dan pembaca akan memiliki persepsi yang sama.

Tidak lupa perhatikan juga ejaan bahasa yang benar. Kita bisa berselancar di google atau menggunakan kamus bahasa seperti KBBI V, untuk membantu dalam membenarkan ejaan lho.

Bacalah tulisan kamu kembali

koreksi

Nah inilah langkah terakhir supaya tulisan kamu enak dibaca. Kamu harus membaca tulisanmu kembali. Dengan membaca tulisan dapat mengetahui pov dari seorang pembaca itu sendiri. Apakah masih terdapat kalimat atau paragraf  yang panjang. Jika iya kita bisa melakukan revisi seperti memotong kalimat yang tidak efektif. 

Itu dia tips keren yang bisa EFriends coba dalam membuat tulisan. Dengan memperhatikan tips di atas kamu akan meningkatkan kualitas dari tulisan yang kamu buat. Jangan lupa untuk sering berlatih menulis ya! Sudah siap punya tulisan bagus? 

Jika kamu ingin melatih kemampuan tulis-menulis, kamu bisa bergabung menjadi student EF lho. Disini kamu akan diajarkan mengenai teknik-teknik writing supaya menghasilkan tulisan yang menarik dan tentunya enak dibaca. Kamu juga akan dibimbing oleh guru-guru yang handal dan berpengalaman. Jadi, cantik deh writing kamu. 

pasti seru kan bisa belajar hal yang kamu sukai? Makanya ayo daftarkan diri kamu sekarang! Atau ikut kelas gratisnya di program Free Demo Class EF!